muqfaAvatar border
TS
muqfa
Banyak Makan Buah dan Sayuran Meningkatkan Kesehatan Mental


Ilustrasi. Sumber: [url=https://vitapura.com/wp-content/uploads/2020/07/imgonlineS E N S O R-uaS E N S O Rpressed-epuFTm3tGUwSa1ad.jpg]Di sini[/url]



Makanan yang sehat memiliki banyak manfaat untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan mental. Sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa meningkatkan konsumsi buah-buahan dapat membantu mengurangi depresi dan meningkatkan kesehatan mental.

Penelitian yang dipublikasikan pada bulan Agustus 2021 dalam jurnal Frontiers in Psychology melibatkan 1.000 orang dewasa di Australia yang menjawab kuesioner tentang kebiasaan makan mereka dan kesehatan mental mereka. Penelitian ini menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak buah memiliki risiko depresi yang lebih rendah dan memiliki kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

Para peneliti juga menemukan bahwa buah-buahan kaya akan senyawa antioksidan dan vitamin yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif pada otak. Ini dapat memainkan peran penting dalam mencegah dan mengobati masalah kesehatan mental.

Makanan Sehat Menunjang Kesehatan Mental

Penelitian ini menunjukkan bahwa makanan sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan lemak sehat seperti lemak omega-3, dapat membantu memperkuat fungsi otak dan mengurangi peradangan.

Bahkan, banyak penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa diet yang sehat dapat membantu mengurangi risiko depresi dan masalah kesehatan mental lainnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2017, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengikuti diet Mediterania, yang melibatkan makan banyak sayuran, buah-buahan, dan ikan, memiliki risiko depresi yang lebih rendah.

Meningkatkan konsumsi makanan sehat seperti buah-buahan adalah langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Anda dapat mencoba menambahkan buah-buahan ke dalam diet Anda dengan membuat smoothie buah-buahan segar, menambahkannya ke dalam oatmeal, atau sebagai camilan sehat di sela-sela waktu makan.

Anda juga dapat mencoba menambahkan lebih banyak sayuran dan biji-bijian ke dalam makanan Anda untuk memperoleh manfaat kesehatan mental yang lebih besar. Anda dapat mulai dengan menambahkan satu porsi sayuran ke dalam makanan Anda setiap hari atau mengganti makanan ringan yang tidak sehat dengan camilan sehat seperti kacang-kacangan, yogurt, atau buah-buahan.

Apakah Makan Sayuran Lebih Banyak Terkait Dengan Kesehatan Mental yang Lebih Baik?

Sementara penelitian ini menemukan hubungan antara meningkatkan konsumsi buah dan kesehatan mental yang lebih baik, belum jelas apakah makan lebih banyak sayuran juga dapat membantu.

Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran juga terkait dengan kesehatan mental yang lebih baik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMC Medicine pada tahun 2018 menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan memiliki risiko depresi yang lebih rendah. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients pada tahun 2019 menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan memiliki kesehatan mental yang lebih baik secara keseluruhan.

Sayuran seperti brokoli, kale, bayam, dan lobak hijau memiliki nutrisi penting seperti vitamin C, folat, dan beta-karoten, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hubungan antara konsumsi sayuran dan kesehatan mental.

Kesimpulan

Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan sehat, terutama buah-buahan, dapat membantu mengurangi risiko depresi dan meningkatkan kesehatan mental secara keseluruhan. Konsumsi makanan sehat juga dapat membantu memperkuat fungsi otak dan mengurangi peradangan. Meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran dapat menjadi langkah sederhana yang dapat diambil untuk meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan secara keseluruhan. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih lanjut hubungan antara konsumsi sayuran dan kesehatan mental.

Referensi tulisan: Study: Eating Fruit Could Improve Mental Health PubMed (nih.gov)
64m64n9s
GigiTato.
ujangerimis
ujangerimis dan 8 lainnya memberi reputasi
9
6.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.