• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Gempa di Turki, Negara-negara Ini Ikutan Panik! Apa yang Terjadi?

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Gempa di Turki, Negara-negara Ini Ikutan Panik! Apa yang Terjadi?

Sumber Gambar

Seperti yang kita ketahui, gempa dahsyat baru saja mengguncang Turki. Sudah ada belasan ribu korban tewas yang berjatuhan akibat bencana alam yang tak terduga ini. Tagar Pray Fot Turkey pun banyak beredar di sosial media sebagai bentuk dukungan atas musibah yang menimpa negeri kebab itu.

Gempa yang berkekuatan 7,7 magnitudo itu memang berdampak cukup luas di kawasan pusat guncangan. Kejadiannya yang terjadi pada pagi buta membuat banyak orang yang tidak sempat menyelamatkan diri. Bangunan pun banyak yang hancur rata dengan tanah, semakin menambah total kerugian materil terhadap negara ini.

Rupanya, dampak terhadap gempa di Turki tidak hanya dirasakan oleh negara itu saja. Bahkan di kawasan jauh dari Eropa pun ada yang merasakan gempa tersebut. Bahkan beberapa negara mengeluarkan reaksi yang berbeda.

Suriah


Sumber Gambar

Salah satu yang terparah selain Turki adalah Suriah. Karena memang lokasi terjadinya gempa berada dekat dengan perbatasan Suriah. Bahkan ada beberapa sumber yang menyebut bahwa kondisi Suriah lebih mengenaskan walau jumlah korbannya lebih sedikit. Apalagi Suriah masih menjadi negara yang dalam keadaan berperang.

Suriah tidak memiliki fasilitas kesehatan dan pengungsian yang memadai untuk para korban. Negara ini sudah hancur, malah makin hancur. Beruntung Vladimir Putin cukup peka dengan keadaan mereka dan segera mengirim tim bantuan. Israel juga turut membantu, walau pun sebulan lalu keduanya sempat terlibat pertempuran.

Italia


Sumber Gambar

Siapa sangka, gempa bumi akibat patahan Anatolia ini menyebabkan getaran yang dahsyat hingga terasa sampai negeri pizza. Tak main-main, otoritas Italia mengeluarkan peringatan tsunami akibat guncangan dahsyat yang terjadi di Turki. Besaran magnitude gempa dan pusat gempa yang terlalu dangkal membuat ancaman tsunami itu nyata adanya.

Namun pada akhirnya tsunami itu tak terjadi dan peringatan dicabut.

Greenland


Sumber Gambar

Yang satu ini lebih gila lagi. Kita tahu bahwa Greenland berada sangat jauh di utara Bumi mendekati kutub. Tapi mereka dilaporkan ikut merasakan getaran akibat gempa di Turki.

Gelombang seismik yang dihasilkan oleh gempa Turki tercatat di seismograf Lembaga Survei Geologi Denmark dan Greenland. Selain tiga negara di atas, negara tetangga seperti Mesir, Lebanon, Yordania dan Yunani pun turut merasakan guncangan gempa hingga membuat kepanikan. Hal ini dikonfirmasi oleh Pusat Seismologi Eropa-Mediterania.


Sumber Gambar

Sampai saat ini sebenarnya ada hal yang membuat TS bingung. Sampai saat ini TS belum tahu mengapa guncangannya bisa terasa begitu jauh hingga ke Greenland. Karena setahu TS, gempa bisa dirasakan sampai lokasi yang jauh apabila titik gempanya berada jauh dari di kedalaman perut bumi. Jadi semakin dalam pusat gempa, spektrum getaran yang dihasilkan semakin luas dan menjangkau area yang sangat jauh meski getarannya sangat kecil. (Koreksi jika salah).

emoticon-Bingungbingungemoticon-Bingung

Jangan-jangan kalian merasakan juga?emoticon-Blue Guy Peace

Sumber: Link Referensi 1, Link Referensi 2, Link Referensi 3
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 08-02-2023 02:21
arsenalkufc
UchieSuciani
screamo37
screamo37 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
6.1K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.