• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Dulu Ditolak, Kini Hibah Kapal Korvet Pohang Class Untuk TNI AL Telah Disetujui

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Dulu Ditolak, Kini Hibah Kapal Korvet Pohang Class Untuk TNI AL Telah Disetujui
Quote:


Segmen kapal perang Indonesia kembali mendapat sorotan gan, pasalnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyetujui hibah kapal korvet bekas dari Korea Selatan (Korsel). Laporan ini diberitakan oleh Janes.comyang mendapat informasi dari seseorang yang mengetahui tentang pengadaan kapal tersebut. Menurut sumber tersebut, pada 7 Desember 2022 Kemenkeu telah memberikan persetujuan dalam rangka pengadaan sebanyak 3 unit korvet Pohang Class.

Salinan dokumen pemberutahuan yang diterima Janes.com menyebutkan bahwa, selain 3 unit kapal juga akan ada pengadaan amunisi untuk kapal-kapal tersebut. Dengan mengambil sumber dana dari pinjaman luar negeri, Kementerian Pertahanan telah mengizinkan Kementerian Keuangan untuk mengambil pinjaman luar negeri sebanyak US$ 21 juta untuk akuisisi tiga unit Pohang Class.

Yang unik, dalam paket hibah ini juga menyertakan kalusul alih teknologi (ToT), di mana perusahaan lokal harus terlibat sehigga dapat berkontribusi pada penguatan industri strategis Indonesia. Sebagai tambahan informasi, biasanya hibah alutsista sebenarnya tidak ada klausul alih teknologi.

Sebagai tambahan informasi bagi Agan, pada Oktober 2022, Kementerian Pertahanan telah mengajukan permintaan untuk setidaknya memiliki satu unit kapal bekas Pohang Class untuk menambah jumlah kapal di Satuan Kapal Eskorta TNI AL. Akan tetapi, waktu itu Kementerian Keuangan menolak usulan tersebut tanpa memberikan penjelasan yang rinci.

Quote:


Kabar pengadaan hibah kapal korvet ini mulai ramai dibicarakan setahun yang lalu, pada awal 2022 Korea Selatan dilaporkan bersedia menghibahkan 3 unit kapal korvet Pohang Class untuk TNI AL. Saat itu Kementerian Pertahanan telah mewanti-wanti TNI AL untuk melakukan studi dan survei kapal yang hendak dihibahkan. Saat itu Kepala Staf TNI AL Laksamana Yudo Margono mengatakan ingin melihat kondisi kapal terlebih dahulu, jika tidak layak TNI AL tidak akan menerimanya.

Meskipun judulnya hibah alias dikasih, tetap saja harus ada tambahan biaya untuk perbaikan kapal. Karena jika tidak ada penambahan biaya, kapal akan dikirim seadanya. Sama seperti hibah F-16 C/D dari Amerika Serikat, dalam kasua hibah Pohang Class; Pemerintah Indonesia harus mengeluarkan anggaran yang tak sedikit.

Pemerintah harus menanggung biaya untuk perbaikan kapal sebelum dikirim, juga ada biaya untuk pengiriman kapal, instalasi peralatan baru (mengganti perangkat tua), penggantian persenjataan (bila perlu), sistem pemeliharan, serta pelatihanawak kapal perang.Selain Indonesia, sejauh ini ada 5 negara yang telah menerima hibah Pohang Class, negara tersebut adalah Filipina, Vietnam, Mesir, Peru dan Kolombia.

Quote:


Dibuat oleh Hyundai Heavy Industries, Pohang Class dibuat sebanyak 24 unit, 18 unit saat ini masih beroperasi. Untuk Pohang Class generasi pertama dilengkapi empat peluncur rudal anti kapal Harpoon, karena usia kapal yang menua peluncur rudal itu akhirnya dilepas. Untuk senjata non rudal, korvet ini dibekali dua meriam OTO Melara 76 mn dan 2 meriam Otobreda 40mm L/70 twin naval. Konfigurasi senjata ini terpasang di haluan dan buritan kapal, menjadikan kekuatan kapal ini merata di depan dan belakang.

Mengutip artikel indomiliter.com, masih ada sekitar 12 unit Pohang Class yang dioperasikan Angkatan Laut Korea Selatan, di mana generasi terbaru telah dilengkapi rudal anti kapal 2 x 2 SSM-700K Haeseong dan rudal pertahanan udara Mistral. Dan berikut adalah spesifikasi Pohang Class:


Quote:



Referensi Tulisan: indomiliter.com& Janes.com
Sumber Foto: sudah tertera
faldytanjungmsr
MUF0REVER
cor7
cor7 dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7.1K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.