• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • 6 Bocoran Spesifikasi Wuling Alvez, Harga Mulai Rp 220 Juta!

muhmuhsholeh01Avatar border
TS
muhmuhsholeh01
6 Bocoran Spesifikasi Wuling Alvez, Harga Mulai Rp 220 Juta!


Bocoran harga dan spesifikasi Wuling Alvez menarik untuk dibahas. Sebab mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini, dikabarkan siap meluncur di IIMS 2023, sekaligus menantang eksistensi Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Kabar hadirnya Alvez di Indonesia, bukanlah angin surga belaka. Terlebih saat konferensi pers IIMS 2023, Public Relation Manager Wuling Motors, Brian Gomgom menampilkan presentasi dengan gambar siluet sebuah SUV yang mirip sekali Alvez.

Para sales Wuling juga banyak yang membuka pemesanan. Beberapa bahkan mengatakan bahwa harga Wuling Alvez mulai Rp 220 jutaan. Tentu ini sangat terjangkau dibanding para kompetitor di kelas SUV ringkas.

“Sudah bisa pesan kalau mau, kami akan launching di Februari di IIMS 2023. Unit ready bulan Maret, harga estimasi Wuling Alvez Rp 220 – 300 juta,” kata salah satu sales Wuling di Jakarta.

Informasi kemunculan SUV Wuling terbaru di Indonesia sesungguhnya bukan kabar yang mengagetkan. Pasalnya, Wuling sudah melakukan pengujian di jalan Indonesia untuk Alvez sejak 2022. Video dan fotonya juga beredar di berbagai sosial media, tentu hal ini merupakan tanda-tanda kelahirannya sebagai mobil terbaru tahun 2023.

Di sisi lain, Wuling juga telah mendaftarkan nama Alvez di laman dokumen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kemenkumham RI. Nama Alvez tertera di PDKI dengan Nomor Permohonan DID2022060541. Pendaftarannya sendiri dilakukan oleh SAIC-GM-WULING AUTOMOBILE CO., LTD. pada 13 Agustus 2022.

Kemudian, di Cina juga muncul SUV 5-seater serupa Alvez yang bernama Xing Chi dengan pilihan mesin turbo. Banyak media otomotif mengatakan, bahwa keduanya adalah mobil serupa. Jika melihat dari spesifikasinya memang cocok untuk melawan Hyundai Creta dan Honda HR-V.

Nah, biar tidak semakin penasaran, mari kita simak ulasan bocoran harga spesifikasi Wuling Alvez 2023, berikut ini:

1. Desain Eksterior Modern dengan Dimensi Khas SUV



Bocoran spesifikasi Wuling Alvez yang pertama bila berkaca dari Xing Chi adalah dari sisi tampilan eksterior yang modern. Alvez hadir dengan desain grill bergaya honey comb dengan sentuhan 3 dimensi.

Adapun untuk headlamp sudah menggunakan jenis LED dan desainnya mirip mobil-mobil Eropa. Untuk menunjang penampilan depan lebih optimal, bagian bumpernya terdapat lekukan garis tegas dan hadir foglamp yang juga sudah LED.

Sementara itu, untuk bagian belakang, terlihat tampilan yang sederhana. Desain lampunya mengikuti headlamp. Namun begitu, bagian bumpernya justru terlihat atraktif dengan gaya mobil sporty. Lalu khusus varian turbo, ada dua knalpot di belakang.

Dari sisi kaki-kaki, Wuling Alvez menyematkan velg alloy two tone dengan ukuran 16 ini serta ada logo Wuling di bagian tengahnya. Aura SUV juga keluar lewat kehadiran roof rail.

Bila melihat spesifikasi dimensi Wuling Alvez hasil berkaca pada Xing Chi, SUV tersebut cukup ringkas. Kelasnya ada di bawah Wuling Almaz. Di atas kertas punya panjang 4.365 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dimensi Alvez ini mirip-mirip dengan Honda HR-V dan Hyundai Creta.

2. Tampilan Interior Sporty



Bocoran spesifikasi Wuling Alvez selanjutnya adalah dari sisi interior. Lagi-lagi ini hasil melihat dari Xing Chi. Kabin interiornya hadir dengan nuansa sporty. Hal itu bisa dilihat dari desain jok depan bergaya bucket yang juga didukung sentuhan warna kontras pada benang jahitan dan bagian samping senderannya. Kemudian untuk dashboard dan setir ada sedikit sentuhan warna silver.

Tidak hanya itu, untuk pengoperasian AC juga sudah menggunakan digital serta adanya head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci untuk pengoperasian audio serta informasi seputar mobil. Hadir pula fitur peta navigasi, konektivitas smartphone, dan lainnya.

Menariknya, terdapat pula aksen karbon pada beberapa bagian konsol tengahnya. Ditambah, desain persnelingnya juga elegan. Di dalam kabin Alvez, kemungkinan juga terdapat cukup banyak storage alias tempat penyimpanan. Lalu untuk kapasitas bagasi mencapai 322 liter, serta kursi belakang bisa dilipat untuk mendapatkan ruang bagasi yang lebih optimal.

[size={defaultattr}]3. Wuling Alvez Pakai WIND dan IoV[/size]



Membahas bocoran spesifikasi Wuling Alvez tidak lengkap tanpa kelengkapan fiturnya. Sama seperti mobil pabrikan lima berlian lain, kemungkinan besar mobil SUV ini akan menyematkan fitur WIND, IoV, dan ADAS seperti yang sudah ada di Wuling Almaz, Wuling Cortez, dan Wuling Air EV.

Buat yang belum tahu, WIND adalah Wuling Indonesian Command. Jadi pengemudi bisa memberi perintah suara ke mobil, melalui bahasa Indonesia, seperti bila ingin membuka kaca jendela, mematikan AC, dan lain-lain.

Sementara untuk fitur IoV (Internet of Vehicle), kemungkinan juga akan ditanamkan pada Alvez. Namun bisa jadi, hanya di varian tertingginya saja. IoV adalah teknologi yang bisa menyambungkan mobil dengan internet, tapi butuh sim card yang terintegrasi ke kendaraan.

Kemudian, Wuling Alvez juga dikabarkan akan dilengkapi juga ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang didalamnya terintegrasi ACC alias Adaptive Cruise Control. Kehadiran fitur-fitur modern ini penting di Alvez, lantaran kompetitor seperti HR-V sudah punya Honda Sensing, begitu juga dengan Creta yang pakai Hyundai SmartSense.

4. Ada Pilihan Mesin Turbo



Selanjutnya, bocoran spesifikasi Wuling Alvez berlanjut ke bagian jantung pacunya. Dikutip dari laman Autohome yang merujuk pada Xing Chi, mobil baru Wuling ini menggunakan dua pilihan mesin: 1.5L dan 1.5L Turbo. Opsi yang serupa juga ditawarkan oleh Honda lewat HR-V 1.5 dan HR-V Turbo RS.

Khusus untuk mesin 1.5L yang kemungkinan jadi punya Alvez, pakai kode LAR. Jantung mekanisnya diklaim bisa menghasilkan torsi puncak 143 Nm dan tenaga maksimal 100 PS. Kalau dibandingkan dengan HR-V dan Creta, performa ini masih kalah jauh.

Lantas ada pula mesin 1.5L Turbo dari Wuling yang berkode LJO. Mesin tersebut diklaim sanggup memproduksi torsi torsi puncak 250 Nm dan tenaga maksimal 148 PS. Performa ini tentu cukup untuk mengalahkan para kompetitor.

Pertanyaanya, apakah Alvez di Indonesia akan menggunakan mesin 1.5L atau 1.5L Turbo? Atau bisa jadi keduanya hadir sebagai opsi varian? Kita tunggu saja sama-sama peluncurannya. Satu yang jelas, jika harga Wuling Alvez Rp 220 jutaan dan pakai mesin turbo, pasti sangat menarik untuk konsumen Tanah Air.

5. Warna Bodi Two Tone



Jika melihat dari foto-foto yang sudah diunggah media otomotif Tiongkok, Xing Chi hadir dengan pilihan bodi two tone alias dua warna. Adapun warna-warna body yang diusung bernuansa cerah yang dikombinasikan dengan warna atap berkelir hitam.

Dari situlah, bocoran spesifikasi Wuling Alvez bisa kita dapat untuk warna bodi. Setidaknya ada kemungkinan Wuling bakal memberi SUV anyarnya dengan opsi two tone.

6. Harga Wuling Alvez Mulai Rp 220 Jutaan, Sudah Bisa Dipesan!



Usai tahu bocoran spesifikasi Wuling Alvez, apakah kamu tertarik punya? Sabar, karena peluncurannya belum dilakukan di Indonesia. Walau demikian, dari sisi harga pastinya Wuling akan memberikan nilai yang paling menarik untuk masyarakat Tanah Air.

Kami bisa tahu itu, karena memang harga mobil-mobil Wuling selalu di bawah kompetitor. Maka bisa jadi untuk Wuling Alvez yang pakai mesin 1.5L Turbo, banderolnya bakal setara dengan HR-V dan Creta dengan mesin 1.5L konvensional.

Selanjutnya, Alvez akan diposisikan di bawah Wuling Almaz RS. Jadi harga SUV Wuling Alvez bakal berkisar Rp 220 juta – Rp 300 jutaan. Setidaknya itulah informasi yang kami dapat dari para sales.

Dengan harga tersebut, bukan tidak mungkin hadirnya Wuling Alvez akan menggoyang market dari Honda HR-V dan Hyundai Creta. Bagaimana, tertarik untuk membelinya?
0
1.1K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.