Hobby
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
Pengumuman! Telah hadir KASKUS GPT: Fitur yang membantu Gan/Sis menulis thread dengan Cepat. Daftar Beta Tester
180
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63e066a8693b413538006bf7/laki-laki-memiliki-tanggung-jawab-yang-besar-omong-kosong
Sumber Gambar Seorang teman baru saja berkata kepada TS di jalan pulang. Dalam obrolan ngalor-ngidul kami, dia berkata, “Tanggung jawab laki-laki itu besar.” Ya, ada sebuah pola pikir yang berkembang di masyarakat bahwa menjadi laki-laki memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Laki-laki akan menjadi sosok yang selalu diandalkan, harus menjadi contoh yang baik dan entah berapa banyak lagi tan
Lapor Hansip
06-02-2023 09:32

Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!

icon-verified-thread
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
Sumber Gambar

Seorang teman baru saja berkata kepada TS di jalan pulang. Dalam obrolan ngalor-ngidul kami, dia berkata, “Tanggung jawab laki-laki itu besar.”

Ya, ada sebuah pola pikir yang berkembang di masyarakat bahwa menjadi laki-laki memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Laki-laki akan menjadi sosok yang selalu diandalkan, harus menjadi contoh yang baik dan entah berapa banyak lagi tanggung jawab yang harus diemban laki-laki. Harus bisa ini, harus bisa itu. Entahlah.

Tapi pada akhirnya TS berpikir. Apa iya begitu? emoticon-Bingung (S)

Semenyusahkan itu, kah menjadi laki-laki?
Bukan kali pertama TS mendengar ucapan ini. Dari guru dan orang tua, semua bilang. “Sekolah yang pintar, karena kamu laki-laki. Tanggung jawab kamu besar nanti.” Dulu waktu kecil sih iya iya saja. Setelah sekarang sudah dewasa, akhirnya TS berpikir. Wait, what? Tanggung jawab apa nih?

Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
Sumber Gambar

TS rasa pemikiran ini lebih mengarah ke konteks pernikahan. Dalam pernikahan, kalau kita lihat memang laki-laki memiliki tanggung jawab yang besar. Mencari nafkah, memberikan contoh yang baik kepada anak dan istri, menjaga keluarga dan lain sebagainya. Tapi itu kan kalau di pernikahan, kalau di luar pernikahan apakah pola pikir ini masih berlaku?

Tentu tidak, dengan tidak menikah seharusnya kita terbebas dari semua tanggung jawab ‘besar’ itu dan hidup bebas sebagai manusia pada umumnya. Cobalah untuk berpikir hidup bukan sebagai laki-laki, melainkan sebagai manusia. Dan sebagai seorang manusia semuanya memiliki tanggung jawab yang sama sesuai kemampuannya.

Sebagai contoh, laki-laki dianggap bertanggung jawab dengan ibunya meskipun sudah menikah. Lalu kenapa hanya laki-laki? Kenapa anak perempuannya tidak? Oh, anak perempuannya sibuk mengurus suami dan anak. Lho, suami juga sibuk mencari nafkah tuh.

Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
Sumber Gambar

Jadi mau anak laki-laki atau anak perempuan, semua memiliki kewajiban yang sama dalam mengurus ibunya. Kenapa harus dibeda-bedakan, toh sama-sama lahir dari rahim yang sama. Jadi jangan berpikir laki-laki harus bekerja keras. Pola pikir yang benar adalah semua manusia harus bekerja keras demi kelangsungan peradaban. Wkwkwk.

Jangan mau hidup dengan dikontrol oleh standar masyarakat. Jangan terkekang oleh mindset. Lepas semua pemikiran itu dan jadilah manusia yang bebas. Mau laki-laki atau perempuan, semuanya sama-sama manusia. Punya tanggung jawab yang sama sesuai dengan kemampuannya. Jangan saling mengandalkan dan jangan saling menyalahkan.

Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
Sumber Gambar

Jadi kalau tidak mau hidup tanpa beban, jangan menikah. Wkwk.

Btw semua ini opini TS ya, jadi kalau ada opini lain yang bertentangan ya tidak apa-apa. emoticon-Blue Guy Peace

Menurut kalian apakah adil menempatkan laki-laki sebagai pengemban tanggung jawab yang lebih besar? emoticon-Bingung (S)

Tulisan dan Opini Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 25 lainnya memberi reputasi
22
Masuk untuk memberikan balasan
inspirasi
Inspirasi
3.8K Anggota • 9.2K Threads
Halaman 1 dari 6
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:32
Kamu setuju laki-laki memiliki tanggung jawab lebih besar?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:33
Iya kalau dia jadi suami, itu pun masih banyak yg bertentangan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
2 1
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:34
Pemikiran gender equality ini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:37
Kalau jadi ayah mau gk mau
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:39
Jadi bahas keadilan gender nih jatohnya
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 7 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:45
ts uda nikah??
profile-picture
profile-picture
jiresh dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:48
Yang diprotes TS yg mana nih?
Tentang Tanggung jawab menafkahi ibunya ?
Ato tanggung jawab dalam keluarga?

Kalo menafkahi orang tua tergantung kesepakatan lah GK ada yg maksa, tapi kalo maksa anak kandung wanita ikut menafkahi, otomatis suami istri wajib menafkahi ortu masing2, apa GK tambah berat tuh beban pasangan muda.
profile-picture
profile-picture
jiresh dan muhamad.hanif.2 memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:49
Kenapa laki2 diberi tanggung jawab lebih besar? Kalau dalam agama Islam karena laki2 dikasih reward yg lebih besar juga. Warisan yg ditetima laki2 itu lebih besar dibanding saudara2 perempuannya. Makanya dikasih tanggung jawab lebih besar seperti wajib menafkahi/mengurus anak istri dan ortunya ketika sudah tua.

Kalau merasa nggak sanggup mengurus ortu, serahkan ke saudara perempuanmu. Tapi jangan lupa kasih saudara perempuanmu bantuan finansial. Jangan sudah nggak kontribusi tenaga, kontribusi finansial pun nggak mau.

Satu lagi alasannya karena fisik laki-laki lebih kuat dibanding perempuan. Memang darisananya diciptakan seperti itu. Kalau nggak mau ya jangan jadi laki-laki.

Kalau di keluarga Indonesia yg sering ane lihat nih ya. Dari kecil anak laki itu sering dikasih keistimewaan. Mereka bebas mau main seharian, tidur seharian, nonton seharian. Sementara anak cewek? Harus bantu ortu bebenah rumah, beres2 rumah, dll. Terus setelah dewasa masih ngeluh dengan tanggung jawab lebih besar?
Diubah oleh mypurplesaturn
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awanitugue dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:50
giliran hak maunya sama rata..
giliran kewajiban, itu tanggung jawab lakik.. emoticon-Cool

gatau dah kata siapa emoticon-Hammer emoticon-Gila
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kasogigan dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 09:58
Arah omongan lo sebenernya mau kmn bro? Hahaha
Udah to the point aja. Gini ya bro laki laki harus kerja keras karna dia yg nyari duit bro, sedangkan istri nerima duit. Paham? Bedahal sih kalo ente MOKONDO.

Btw lo udh nikah bro? Kalo belum nikah gue ganti pertanyaan, sudahkah membahagiakan kedua orang tua lo terutama ibu mu bro? Kalo belum gue ganti pertanyaan nya, sampai detik ini masih nyusahin ortu atau udh bisa mandiri bro? Kalo masih 1 atap ya nama nya nyusain itu hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
awanitugue dan 12 lainnya memberi reputasi
13 0
13
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:14
Semua punya tanggung jawab.. kecuali situ lajang... mati juga gak ada yg urus
profile-picture
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1 0
1
Post ini telah dihapus
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:22
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!

Menurut gua Laki-laki BETUL memiliki tanggung jawab yang besar.
tapi Perempuan pun juga memiliki tanggung jawab yang sama besarnya sama laki-laki di bidang yang berbeda emoticon-Big Grin


TS rasa pemikiran ini lebih mengarah ke konteks pernikahan.

Karena tanggung jawab pertama seorang laki-laki adalah pernikahan bre emoticon-Big Grin
Jadi kalau ada Laki-laki ngga nikah, yaaaaa sudah ngga perlu discuss tentang Tanggung-jawab. orang yang pertama aja skip, apalagi sisanya emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin


Menurut kalian apakah adil menempatkan laki-laki sebagai pengemban tanggung jawab yang lebih besar?

Gua ga paham sama pertanyaan ini bre.,
Apa tolak ukur tanggung jawab yang lebih besar yak?

Yaaa pembahasan yang gua maksud tentang setidaknya keluarga menengah ke atas yaaa., Bukan masyarakat kelas bawah yang punya anak asal punya anak gitu ngga dididik.,
masi kecil asal dikasi hape biar pokoknya diem ngga peduli besarnya mau jadi orang idiot atau apa kek.,

utk masyarakat menengah ke atas, ngerawat anak itu tanggung jawab yang luar biasa lho, yang itu diserahkan ke perempuan

Jadi gua bingung nih.,
Apa maksud "Tanggung jawab yang lebih besar"?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:26
gw laki - laki, dan gw punya tanggungjawab besar, mungkin TS bukan laki2, makanya gak mau mikul tanggungjawab.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:27
tanggungjawab tidak bisa dipaksakan tapi TERBENTUK. laki2 / perempuan punya beban yang sama. hanya saja porsi secara fisik dan mental saja yang beda. laki2 cari duit diluar rumah atau dirumah. cewe pun begitu. laki2 dan cewe harus sadar kapasitas fisik + mental masing2. disitulah suami+istri saling BACK UP kekurangan+kelebihan masing2. ungkapan yang paling bener adalah BUKAN CARI SUAMI/ISTRI tapi cari lah TEMAN HIDUP sampai maut memisahkan kalian nanti
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kasogigan dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:36
Semua di takar dengan kemampuan.
Kemampuan yang besar mempunyai tanggumg jawab yang besar pula.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:38
kalo anak laki2 yg memegang teguh ajaran islam, tanggungjawabnya sdh tertera jelas dan rewardnya jg.
namun hal tersebut tidak mutlak absolut.
karena tuhan tdk membebani umatnya melebihi kemampuannya.


emoticon-Cool
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhoipakfa dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:39
Epreth pada akhirnya lelaki banyak yg berlindung di ketiak emak mereka😂🤣

Dan banyak yg suka lari dari tanggung jawab.

Pada akhirnya terciptalah pola pikir mereka kalau sudah bekerja kasih nafkah uang aja cukup padahal faktanya uang yg dikasih gak cukup nuntutnya kebanyakan.

Stop didik anak laki seolah mereka adl raja, kasian para wanita yg dpt model pasangan ky gini. Tersiksa lahir batin dpt suami sok ky gini
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:45
tanggung jawab akan terasa besar ketika tidak punya uang emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sukhoipakfa dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Laki-laki Memiliki Tanggung Jawab Yang Besar? Omong Kosong!
06-02-2023 10:49
Mau bagaimana lagi gan, kita hidup di masyarakat yang sebagian besar konservatif.
Contoh mudah, Orang tua menyekolahkan anaknya biar lebih Pinter dari ortu nya, faktanya ketika seorang anak mengingatkan ortunya yang keliru, maka si anak akan di cap DURHAKA.

Dan tentang tanggungjawab, didalam pernikahan baik lelaki atau wanita, punya tanggungjawab yang sama besarnya, cumipun dengan cara yang beda beda. Ketika tanggungjawab itu berat sebelah, ane jamin yang ada saben hari cekcok mulu.
















emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh delapan3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
fachri15 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Halaman 1 dari 6
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia