harrywjyy
TS
harrywjyy
Bom Antimateri, Ribuan Kali Lebih Mematikan Dari Bom Nuklir!

Sumber Gambar

Beberapa waktu lalu sudah dibahas mengenai sebuah bom dengan kekuatan dahsyat bernama Tsar Bomba. Yang diklaim penghasil ledakan bom terbesar di dunia. Bom jenis nuklir memang menakutkan. Bisa meratakan suatu kota dan membunuh jutaan jiwa seketika. Beruntung, seteah tragedy Hiroshima dan Nagasaki belum ada lagi bom atom atau bom nuklir yang diledakkan di kota besar.

Ya, bom nuklir memang semengerikan itu. Tapi rupanya, ada satu lagi suatu zat atau partikel yang jauh lebih berbahaya ketimbang nuklir. Partikel ini lebih mematikan bahkan diklaim terkuat di alam semesta. Kehancuran yang dihasilkan akan sangat besar.

Namanya anti-materi. Jika positron merupakan lawan dari elektron, maka anti-materi adalah lawan dari semua materi yang ada di alam semesta. Jadi bisa dibilang, materi ini tidak cocok dengan materi mana pun. Jika anti-materi bertemu dengan materi lain, maka keduanya akan saling menghancurkan.


Sumber Gambar

Reaksi saling menghancurkan sat anti-materi bertemu materi akan melepaskan energi yang sangat besar. Ledakan energi ini bila digunakan untuk membuat bom, maka akan menjadi bom yang sangat amat mematikan. Menjadi sebuah senjata pemusnah masal yang paling gila dalam sejarah.

Bayangkan saja, 1 gram anti-materi dapat menghasilkan ledakan yang setara dengan 2 kali ledakan bom Hiroshima. Padahal bom Hiroshima sendiri memiliki kandungan 64 kg uranium untuk menghasilkan ledakan sedahsyat itu. Bagaimana jika seandainya 64 kg anti-materi diledakkan? Efeknya akan sangat mengerikan, tidak terbayangkan.

Namun tenang, kita tidak akan merasakan atau mengalami ledakan anti-materi dalam waktu dekat. Mengapa? Karena untuk merealisasikan anti-materi ini menjadi sebuah bom sangatlah sulit. Anti-materi sangat langka dan sulit untuk didapatkan.


Sumber Gambar

Sebenarnya, alat pembuat anti-materi sudah beroperasi di bawah kendali CERN. Namun, alat bernama Atom Smasher yang panjangnya berkilo-kilometer itu hanya sanggu menghasilkan sepertriliun gram dalam setahun. Dan untuk mewujudkan 1 gram anti-materi, perlu waktu sampai miliaran tahun. Jadi, akan sangat sulit untuk emndapatkannya.

Biaya untuk membuatnya pun tidak main-main, sehingga 1 gram anti-materi akan sangat mahal. Kira-kira sekitar 64 triliun USD. Kalian konversikan sendiri ke rupiah dan lihat sendiri berapa jumlahnya. Bisa buat traktir cilok seluruh dunia kayanya.

Nuklir saja sudah menjadi ancaman yang mengerikan untuk kita. Jangan sampai anti-materi benar-benar diciptakan dan menjadi bahaya baru. Walau pun manfaatnya pun sebenarnya ada. Anti-materi bisa saja terwujud apabila manusia mengembangkan teknologi yang lebih canggih. Itu bisa saja, tapi untuk saat ini 1 gram anti-materi saja masih sangat jauh untuk kita wujudkan.


Sumber Gambar

Gimana gan? Berminat membeli anti-materi ini?emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
scorpiolamascreamo37ridaus48
ridaus48 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
9.5K
129
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.4KThread10.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.