• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Langka dan Hanya Ada di Pulau Garam, Lorjuk Makanan Khas Madura Patut Untuk Dicoba

masnukho
TS
masnukho 
Langka dan Hanya Ada di Pulau Garam, Lorjuk Makanan Khas Madura Patut Untuk Dicoba
Menjadi ciri khas karena bahan dasarnya hanya ada di Pulau Garam, ini dia Lorjuk makanan terbuat dari kerang unik


Madura, saat membahas tentang Pulau yang berada di Provinsi Jawa Timur ini maka tidak akan pernah habis kekaguman TS.

Lebih luas 8 kali dibandingkan Provinsi DKI Jakarta, Madura terkenal bukan hanya karena adat dan budayanya yang khas melainkan juga pariwisata serta dikenal sebagai daerah produsen garam terbesar di Indonesia sehingga disebut dengan nama lain "Pulau Garam".

Bukan hanya itu, Pulau Madura juga menjadi salah satu wilayah Indonesia yang memiliki sejarah panjang dan berkaitan dengan kemerdekaan Republik Indonesia. Perlu Agan dan Sista ketahui bahwasannya Pulau Madura pernah menjadi sebuah negara yaitu Negara Madura yang dibentuk pada tanggal 23 Januari 1948 atas rekayasa dari seorang Gubernur Belanda yang ada di Jawa Timur yaitu Van der Plas.

Selain ada sejarah panjang yang menarik untuk dibahas tentang Pulau Garam atau Pulau Madura, Agan dan Sista perlu tahu bahwa di Madura ada makanan khas selain sate ayam yang pernah TS bahas dan makanan ini bahkan tidak ada di daerah atau Pulau lain di Indonesia karena bahan dasarnya hanya ada di Madura.

TS pribadi sangat tertarik untuk mencoba makanan khas ini jika suatu saat berkesempatan untuk berkunjung langsung ke Madura.

Makanan apa yang TS maksud?
Berikut sekilas tentang menu khas Madura tersebut.




Lorjuk , pasti Agan dan Sista masih sangat asing dengan makanan yang satu ini.

Lorjuk sebenarnya adalah jenis kerang laut bercangkang yang memiliki bentuk unik yaitu kecil panjang berukuran kurang lebih 3 cm. Kerang Lorjuk hanya ada di perairan laut Pulau Madura, hidup di balik batu dan pasir dasar laut yang hanya surut selama tiga jam setiap harinya.

Untuk bisa mendapatkan kerang Lorjuk ini masyarakat atau nelayan Madura harus menggunakan linggis untuk menggali pasir tempat tinggal kerang Lorjuk, atau dengan menaburkan garam garam dan batu gamping agar Lorjuk keluar dengan sendirinya.

Quote:


Bukan hanya cara penangkapan atau pemanenannya yang unik, pengolahan kerang Lorjuk juga membutuhkan proses yang cukup panjang mulai dari proses perebusan, pengupasan dari cangkang, sampai dengan penjemuran hingga berhari-hari sebelum diolah menjadi menu makanan atau camilan.

Kerang Lorjuk dapat diolah menjadi berbagai macam menu olahan makanan, mulai dari tumis Lorjuk, soto Lorjuk khas Madura, dan juga rengginang Lorjuk oleh-oleh khas Madura.

Selain daging kerangnya, Lorjuk juga dapat dimanfaatkan kuah rebusan atau kaldunya GanSis. Masyarakat Madura menjadikan air rebusan kerang Lorjuk menjadi petis yang bisa dijadikan bumbu masakan atau dijadikan teman makan nasi panas dan gorengan.

Quote:


Itulah tadi GanSis sekilas tentang kerang Lorjuk yang merupakan makanan ke-khasan dari Pulau Madura dan menjadi makanan yang paling ingin TS coba saat berkunjung ke Pulau Garam.

Dari Pulau Madura kita dapat lebih meyakini bahwa memang benar Indonesia itu sangat kaya akan keragaman adat budaya, hasil bumi, juga flora dan fauna.

Jika satu Pulau saja memiliki banyak keunikan dan keberagaman, seberapa banyak keragaman Indonesia tercinta ini.

Sudah sepantasnya kita bangga dengan bangsa sendiri, mengenal semua daerah-daerah di Indonesia dengan keberagamannya termasuk Pulau Garam, Pulau Madura.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
darkwilliam00ggdasiemsidasjokoariyanto
jokoariyanto dan 16 lainnya memberi reputasi
17
4.7K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
Madura
icon
1.7KThread686Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.