• Beranda
  • ...
  • Madura
  • Menarik Untuk Dikunjungi, Ini Dia Sekilas Tentang Sejarah Gua Soekarno Sumenep Madura

masnukho
TS
masnukho 
Menarik Untuk Dikunjungi, Ini Dia Sekilas Tentang Sejarah Gua Soekarno Sumenep Madura
Megah dan Instagramable, ini dia sekilas tentang sejarah Gua Soekarno yang wajib untuk dikunjungi


Menarik, itu adalah satu kata yang dapat mewakili kekaguman TS ketika melihat gambar sebuah gua di Google pencarian saat mencari tahu tentang tempat-tempat yang rekomended untuk dikunjungi di Pulau Madura.

Ternyata selain makanan khasnya yang beragam dan terkenal di Nusantara, Madura memiliki tempat-tempat wisata alam dan juga wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Dari berbagai sumber artikel yang TS baca berhubung belum pernah berkunjung langsung ke Pulau Madura, ternyata banyak sekali tempat-tempat bersejarah yang masih terpelihara sampai dengan saat ini dan menjadi tempat yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan saat datang ke Pulau Madura.

Tidak hanya ada Keraton Sumenep, Kota Tua Kalianget, Benteng Kalimo'ok, Masjid Agung Sumenep, dan Asta Tinggi, di Madura tepatnya di Sumenep terdapat sebuah gua yang sangat menarik untuk dikunjungi karena namanya sama dengan nama proklamator kemerdekaan Indonesia yaitu Soekarno.

Berikut ini sekilas tentang sejarah Gua Soekarno lengkap dengan apa saja yang dapat Agan Sista nikmati saat mengunjungi tempat yang satu ini.




Gua Soekarno, banyak orang berpikir dan menduga-duga bahwa gua ini diberikan nama Soekarno karena pernah dijadikan tempat semedi, tempat tinggal, atau pernah dikunjungi oleh bapak pendiri bangsa Indonesia.

Ternyata dugaan tersebut salah besar GanSis, tidak ada hubungannya secara langsung antara gua Soekarno dengan Ir. Soekarno.

Menurut sejarah yang TS baca, gua tersebut diresmikan dan dibuka sebagai tempat wisata baru di Jawa Timur pada tahun 2019 lalu oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Namun, sebelum tempat tersebut dibuka untuk umum dan dijadikan sebagai tempat wisata, di dalam gua terdapat banyak sekali foto dan bahkan juga terdapat satu buah patung berbentuk Ir. Soekarno.

Ternyata gua tersebut sempat ditinggali oleh seorang pria musafir bernama Soekardi yang memang penggemar berat dari Ir. Soekarno. Itulah sebabnya di dalam gua terdapat banyak foto Ir. Soekarno dan gua tersebut diberi nama Gua Soekarno.


Quote:


Adapun yang menjadi sangat istimewa dari Gua Soekarno yaitu bentuk dan ruang di dalam guanya GanSis. Sangat Instagrambe untuk dijadikan sebagai spot foto karena di dalam Gua Soekarno dihiasi dengan lampu warna-warni yang membuat stalagtit dan stalagmit memantulkan cahaya yang indah dan memesona.

Bukan hanya itu, cahaya matahari yang masuk menerobos dari atap gua juga membuat suasana lebih megah. Seseorang yang berfoto di bawah cahaya matahari akan terlihat seperti tengah berada di atas panggung besar dengan lampu sorot yang ditujukkan pada pemeran utama.

Selain spot foto yang Instagramable di alam Gua Soekarno juga terdapat Kafe yang menjajakan makanan dan minuman GanSis, sehingga kalian tidak perlu khawatir repot membawa bekal saat berkunjung ke Gua Soekarno.

Lokasi Gua Soekarno sendiri berada di Desa Panaongan, Kecamatan Pasongsongan, Kabupaten Sumenep, Madura. Agan dan Sista dapat menggunakan kendaraan darat untuk bisa sampai ke tempat ini, sedangkan untuk masuk ke lokasi Gua Soekarno menurut informasi yang TS dapatkan dipasang tarif 15 ribu rupiah perorang.


Quote:


Bagaimana GanSis sangat menarik sekali bukan untuk dijadikan sebagai tempat tujuan wisata saat musim liburan nanti?

TS pribadi merasa sangat tertarik untuk berkunjung ke Gua Soekarno karena jika dilihat dari gambar-gambar yang ada di media sosial, benar-benar sangat indah dan dikelola dengan sangat baik, berbeda dengan gua-gua pada umumnya yang dibiarkan begitu saja tanpa adanya lighting dan sebagainya.

Jika gua-gua di Indonesia dikelola dengan baik sebagaimana Gua Soekarno, tidak menutup kemungkinan akan mendatangkan lebih banyak pengunjung yang memang hunting tempat foto keren dan Instagramable.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
azhuramasdaarsenalkufcnurhuda008
nurhuda008 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.3K
98
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Madura
Madura
icon
1.7KThread686Anggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.