muqfaAvatar border
TS
muqfa
Kenapa Langit Terkadang Berwarna Ungu?


Ilustrasi. Sumber: Di sini


Langit berwarna ungu terjadi karena adanya pembelahan spektrum cahaya yang disebabkan oleh udara yang terpolarisasi. Ini terjadi ketika cahaya matahari dibelah oleh partikel-partikel di udara seperti debu atau es, yang mengarahkan cahaya ke arah yang berbeda. Hal ini menyebabkan cahaya yang berbeda-beda panjang gelombangnya menyebar ke dalam arah yang berbeda, membuat warna-warna spektrum muncul di langit.

Bagaimana cara gelombang cahaya bergerak?

Gelombang cahaya bergerak melalui ruang hampa dengan kecepatan cahaya konstan, yaitu sekitar 299.792.458 meter per detik. Gelombang cahaya dapat dianggap sebagai medan elektromagnetik yang menyebar dari sumber cahaya. Medan ini terdiri dari dua komponen: medan listrik dan medan magnetik. Kedua medan ini bergerak secara transversal (melingkar) terhadap arah perambatan cahaya. Dalam medium yang berbeda, kecepatan cahaya dapat berubah, sehingga cahaya dapat melambat atau mempercepat ketika melewati batas antara dua medium.

Peran sudut atau angle dalam gelombang cahaya

Sudut atau angle berperan dalam beberapa fenomena yang terkait dengan gelombang cahaya, diantaranya:

Refleksi: saat gelombang cahaya mengenai permukaan yang licin, sebagian dari cahaya akan diteruskan ke dalam medium yang sama, sementara sebagian lainnya akan dipantulkan. Sudut dari cahaya yang mengenai permukaan dibandingkan dengan garis normal ditentukan oleh besar sudut pantulan.

Refraksi: saat gelombang cahaya melewati batas antara dua medium dengan indeks bias yang berbeda, cahaya akan melambat atau mempercepat dan mengubah arah perambatannya. Sudut dari cahaya yang melewati batas dibandingkan dengan garis normal ditentukan oleh besarnya sudut refraksi.

Interferensi: saat dua atau lebih gelombang cahaya berinteraksi, maka akan terjadi interferensi yang ditentukan oleh perbedaan fase dari gelombang tersebut. Sudut antara dua gelombang dapat mempengaruhi besar interferensi yang terjadi.

Difraksi: saat gelombang cahaya melewati celah yang sempit atau melalui lubang yang kecil, cahaya akan menyebar dan menyebar seperti difraksi. Sudut dari cahaya yang melewati celah atau lubang dibandingkan dengan garis normal ditentukan oleh besarnya sudut difraksi.

Faktor lain yang menyebabkan langit berwarna ungu

Selain pembelahan spektrum cahaya yang disebabkan oleh udara yang terpolarisasi, ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan langit berwarna ungu, diantaranya:

Polusi udara: Partikel-partikel di udara seperti asap, debu, dan gas-gas dapat menyebabkan pembelahan spektrum cahaya yang sama seperti yang terjadi pada fenomena alami.

Cuaca: saat cuaca buruk seperti kabut atau hujan es, partikel-partikel di udara dapat menyebabkan pembelahan spektrum cahaya yang sama seperti yang terjadi pada fenomena alami.

Keberadaan vulkanik: saat letusan vulkanik terjadi, ash dan debu vulkanik dapat menyebar ke udara dan menyebabkan langit berwarna ungu.

Keberadaan cahaya pendar: saat cahaya pendar seperti cahaya lampu penerangan jalan atau cahaya pendar dari kendaraan bermotor, cahaya tersebut dapat menyebar ke udara dan menyebabkan langit berwarna ungu.

Keberadaan obyek astronomis: saat ada obyek astronomis seperti planet atau bintang yang berada di dekat horizon, cahaya dari obyek tersebut dapat menyebar ke udara dan menyebabkan langit berwarna ungu.


Referensi tulisan: treehugger.com
scorpiolama
sc5
iblast867583
iblast867583 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
7K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.