masnukho
TS
masnukho 
Makanan Ringan Khas Indonesia, Ini Dia Beberapa Jenis Keripik yang Bisa Untuk Dicoba
Memiliki beragam makanan ringan yang khas, ini dia beberapa jenis keripik yang bisa untuk kalian coba


Keripik, merupakan makanan ringan yang terbuat dari irisan tipis-tipis umbi-umbian, buah-buahan, atau juga sayuran yang digoreng dengan menggunakan minyak atau dipanggang dengan menggunakan pasir panas.

Dapat dikatakan Indonesia adalah gudangnya makanan ringan dengan jenis keripik. Berbagai macam keripik terdapat di Indonesia dan menjadi salah satu makanan favorit masyarakat untuk teman ngobrol santai atau camilan di waktu luang dan teman nonton TV.

Bukan hanya itu, di beberapa daerah salah satunya Provinsi Lampung, keripik juga dijadikan sebagai oleh-oleh khas daerah yang bisa diberikan untuk keluarga dan teman setelah pulang liburan atau plesiran.

Membahas tentang makanan ringan keripik, berbagai macam umbi-umbian, buah-buahan dan sayur-sayuran memang dapat diolah untuk dijadikan keripik.

Dari macam-macam keripik, berikut ini beberapa jenis yang paling banyak digemari dan paling sering dicari bukan hanya untuk oleh-oleh atau hidangan di hari raya melainkan dijadikan sebagai camilan sehari-hari.


Quote:

1. Keripik Singkong

Untuk jenis keripik yang satu ini tentu Agan dan Sista sudah tidak asing lagi karena cukup banyak dijual di warung-warung atau rumah makan.

Sebagaimana namanya yaitu keripik singkong, maka makanan ringan ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar singkong atau ketela pohon yang diiris tipis-tipis, untuk kemudian direndam selama beberapa waktu sebelum digoreng.

Keripik singkong sendiri terdiri atas beberapa macam jenis rasa, ada yang original, gurih, pedas, dan juga manis.


Quote:

2. Keripik Pisang

Masih dengan cara pengolahan yang sama yaitu digoreng, keripik pisang terbuat dari bahan dasar pisang yag diiris tipis-tipis untuk setelahnya digoreng dengan menggunakan minyak panas sebelum nantinya diberikan perisa.

Keripik pisang menjadi salah satu camilan favorit dari banyak orang karena selain memiliki cukup banyak ragam rasa juga menjadi salah satu camilan sehat terbuat dari buah-buahan yang kaya akan manfaat.

Agan dan Sista dapat membuat keripik pisang sendiri di rumah atau beli di toko oleh-oleh, karena memang keripik pisang sangat mudah untuk dibuat dan juga diperjualbelikan di banyak tempat.


Quote:

3. Emping

Emping adalah makanan ringan yang terbuat dari biji melinjo atau belinjo yang digeprek dan dikeringkan sebelum digoreng dan menjadi salah satu jenis camilan yang menggiurkan.

Meskipun memiliki rasa yang sedikit pahit tetapi keripik emping ini memiliki cukup banyak penggemar, karena memang dengan cita rasa pahitnya menjadi khas dari keripik emping meskipun sudah diolah menjadi berbagai varian rasa seperti varian pedas, manis, gurih, dan pedas manis.


Quote:

4. Keripik Talas

Mungkin Agan dan Sista belum terpikir sebelumnya bahwa talas dapat diolah menjadi makanan ringan atau keripik.

Diketahui saat ini talas menjadi salah satu umbi yang paling banyak dicari selain singkong karena talas dapat digunakan menjadi berbagai bahan dasar olahan makanan salah satunya keripik.

Banyak orang tidak berani untuk mengolah talas karena jika salah dalam proses pengolahan akan menyebabkan gatal atau keracunan karena memang mengandung oksalat. Tetapi talas akan menjadi kudapan yang nikmat saat diolah dengan tepat sehingga aman untuk dikonsumsi.

Dalam membuat keripik talas ini cukup memakan proses dengan waktu yang lama GanSis. Sebab talas harus direndam menggunakan air garam atau soda kue dalam waktu sehari semalam untuk menghilangkan kandungan oksalat sebelum diproses menjadi keripik.


Quote:

5. Keripik Bayam

Sedikit berbeda dengan keripik-keripik yang sudah dibahas sebelumnya, keripik yang satu ini terbuat dari bahan dasar sayuran yaitu bayam.

Jika pada umumnya keripik terbuat dari umbi atau buah, sayuran ternyata juga dapat diolah menjadi keripik dan salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi keripik adalah bayam.

Untuk membuat keripik bayam Agan Sista membutuhkan tepung beras dan tepung kanji, karena bayam tidak bisa begitu saja digoreng seperti pisang karena akan sangat mudah rusak dan gosong.

Dibutuhkan bahan-bahan seperti tepung beras, tepung kanji, bawang putih, kunyit, kemiri, garam dan air dengan takaran sesuai porsi atau banyaknya bayam untuk membuat keripik bayam.



Berikut tadi GanSis beberapa jenis keripik khas Indonesia yang perlu untuk kalian coba karena memang keripik-keripik tersebut memiliki cukup banyak penggemar dan menjadi camilan favorit.

Masih banyak jenis-jenis keripik lain yang belum dibahas karena memang Indonesia kaya akan makanan ringan dengan jenis keripik.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
UchieSuciani69banditosnurhuda008
nurhuda008 dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4.7K
105
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.