• Beranda
  • ...
  • Health
  • Merasa Sangat Takut dan Kesepian Saat Sendirian? Awas, Bisa Jadi Mengidap Autophobia

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Merasa Sangat Takut dan Kesepian Saat Sendirian? Awas, Bisa Jadi Mengidap Autophobia
Punya ketakutan dan kesepian berlebih saat sendirian berada di tempat yang familiar?
Awas, bisa jadi alami gangguan Autophobia


Perasaan takut seringkali memang muncul secara tiba-tiba karena terbawa dengan perasaan, suasana, dan jiga kondisi suatu tempat dimana seseorang tengah berada.

Kebanyakan orang akan merasa sangat takut ketika berada di tempat yang asing, angker, jarang dikunjungi atau baru pertama kali dikunjungi. Perasaan takut tersebut bisa muncul karena seseorang mengalami paranoid sehingga mengeluarkan banyak imajinasi-imajinasi yang sebenarnya tidak ada dan hanya buah dari pikiran yang kurang tenang serta merasa tidak nyaman.

Merasa takut saat berada di tempat-tempat baru, angker, atau sepi tanpa penghuni tentu masih sangat bisa untuk dimaklumi. Namun, apakah Agan Sista pernah merasakan perasaan takut yang berlebihan saat sendirian berada di tempat yang familiar dan sering dikunjungi seperti kamar, rumah, taman, kantor atau tempat-tempat yang lainnya?

Ternyata perasaan takut dan kesepian yang berlebihan saat sendirian di sebuah tempat yang sudah sangat familiar dan sering dikunjungi ini bukan sebuah ketakutan biasa GanSis, melainkan sebuah gangguan mental yang perlu untuk Agan Sista ketahui sebelum terlambat untuk mengetahuinya.




Monophobiaatau Autophobia merupakan perasaan takut yang berlebihan saat sendiri atau kesepian meskipun saat berada di tempat yang sangat familiar dan sering dikunjungi seperti rumah sekalipun.

Perasaan cemas dan was-was saat sendiri dan kesepian berada di suatu tempat ini merupakan bentuk dari kekhawatiran seseorang yang menggantungkan diri kepada orang lain untuk dapat merasa aman, meskipun sebenarnya orang tersebut tahu dengan sangat bahwa dirinya aman berada di tempatnya dan tidak akan terjadi apapun meski hanya sendirian.

Adapun orang yang mengidap Autophobia biasanya mereka akan merasa takut dengan beberapa hal saat berada di suatu tempat sendirian, yaitu takut dengan orang asing, perampok atau pencuri, suara yang tidak jelas asal usulnya, penyakit yang bisa membahayakan keselamatannya, bahkan juga takut untuk tidak diinginkan atau tidak dicintai oleh orang sekitarnya.

Tanda-tanda dari seseorang yang mengalami autophobia sendiri cukup beragam GanSis, mulai dari takut dengan sesuatu yang belum pasti akan terjadi, khawatir ditinggalkan seorang diri oleh orang sekitar, mengalami gejala fisik pusing, berkeringat, gemetar, pusing, nyeri dada, hiperventilasi, dan beberapa gejala lainnya.

Sejauh ini menurut beberapa artikel yang TS baca, belum dapat dipastikan apa yang menjadi penyebab seseorang mengalami Autophobia. Tetapi ada beberapa sumber yang menjelaskan bahwa kondisi tersebut bisa terjadi karena genetik dan juga traumatis terhadap kondisi kesendirian dan kesepian.

Menurut beberapa informasi yang TS dapatkan dari berbagai sumber, Autophobia dapat diatasi dengan berbagai cara, diantaranya yaitu dengan terapi psikologis, Cognitive behavioral therapy (CBT), mendatangi psikolog atau psikiater, dan mengkonsumsi obat sebagaimana anjuran yang telah diberikan.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang gangguan mental Autophobia dimana seseorang merasa takut dengan kesendirian dan kesiapan.

Dari adanya thread ini tentu banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah tentang bagaimana mengontrol diri sendiri agar tidak bertindak atau berlaku secara berlebih-lebihan.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
ondapriatna
nurhuda008
screamo37
screamo37 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.8K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.