• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral, Seorang Siswa Pakai Uang Kas untuk Beli Motor, Begini Penjelasannya

Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Viral, Seorang Siswa Pakai Uang Kas untuk Beli Motor, Begini Penjelasannya

Sumber gambar

Kita tahu bahwa uang kas kelas itu sebuah anggaran penerimaan dan pengeluaran rutin berbentuk uang yang disimpan oleh bendahara kelas. Bertujuan untuk membeli kebutuhan inventaris kelas, dengan sumber dana penerimaan berasal dari seluruh siswa yang dikutip secara sukarela dalam satu kelas.

Namun sering sekali uang kas yang disimpan oleh bendahara kelas tidak dipakai untuk kebutuhan investasi kelas. Apalagi bendahara juga harus mengakali biaya agar memperoleh keuntungan. Sehingga bendahara dapat memakai sendiri dana kas untuk kebutuhan pribadi.

Namun ini benar terjadi oleh seorang siswa yang viral di media sosial pemilik akun @arkasp212 viral media tiktok. Hal ini ditonton warganet hingga 11 juta lebih.


Sumber gambar

Awalnya, siswa entah dari SMA mana ini ditunjuk sebagai bendahara kelas menyimpan uang dan mengutip uang kas kelas yang dikutip rutin tiap hari kepada siswa lain. Tak disangka dana terkumpul hingga puluhan juta rupiah.

Karena tidak ada perintah oleh wali kelas untuk membeli barang inventaris kelas serta aktivitas yang diperlukan. Maka siswa ini tergiur memakai uang kas kelas untuk membeli kebutuhan pribadi yakni kipas angin dan sepeda motor baru.

Siswa sebagai bendahara berpikir bahwa dana bisa terkumpul lagi yang dikutip oleh siswa lain. Sehingga laporan dana dan arus keluar masuk kas bisa direkayasa karena catatan laporan hanya siswa ini yang tahu sebagai bendahara.

Sehingga setiap hari siswa ini naik motor baru ke sekolah dari kost menuju sekolah. Serta bisa membeli kipas angin untuk kebutuhan kamar kostnya karena merasa kepanasan setiap hari siswa tersebut saat berada didalam kost.


Sumber gambar

Menurut ane kalau uang kas diambil sendiri buat makan itu terlalu jahat ya. Karena uang itu hasil kutipan secara sukarela untuk mendukung aktivitas kelas maupun luar kelas. misalnya kebutuhan kelas itu bisa membeli kapur, spidol, dan acara 17 Agustus, hari guru, hari pahlawan. Hal itu dapat bermanfaat bagi aktivitas sekolah serta bisa menyenangkan guru dan siswa.

Untuk luar sekolah bisa dihabiskan untuk kegiatan bakti sosial menjelang kenaikan kelas dan kelulusan sekolah. Selain bermanfaat untuk kepentingan orang tidak mampu juga mendapatkan pahala bagi seluruh siswa dalam kelas karena telah dewasa melakukan bakti sosial dijalan, ditempat kawasan kumuh dan panti sosial atau panti asuhan, atau menjenguk teman sakit.


[url=https://bincangsyariah.com/kolom/hukum-menggunakan-uang-kas-masjid-untuk-kepentingan-pribadi/#:~:text=Apakah%20hal%20itu%20diperbolehkan%3F,kepentingan%20umum%20seluruh%20kaum%20muslimin.]Sumber gambar[/url]

Ada hukum Islam menjelaskan uang kas tidak boleh dipakai untuk kepentingan pribadi karena hukumnya haram. Hal ini bisa membuat si pemakai mendapatkan ganjaran berupa dosa karena telah memakai uang tanpa seizin ketua kelas, wali kelas serta seluruh siswa kelas.

Kalau tidak boleh dipakai atau haram, maka si pemakai uang kas akan terus mengingat uang kas yang dipakai untuk beli motor, dan kipas angin, serta adanya rasa bersalah yang dialami oleh pemakai uang kas.

Jadi pakailah uang kas kelas berdasarkan kebutuhan kelas atau hal bermanfaat baik dunia maupun akhirat supaya kas kelas bisa terpenuhi dengan baik kebutuhannya.

Terimakasih semoga bermanfaat

Narasi: Opini
cor7
wesly771
jiresh
jiresh dan 7 lainnya memberi reputasi
8
5.8K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.