• Beranda
  • ...
  • Health
  • Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui

masnukho
TS
masnukho 
Makan Ikan Asin Bisa Sebabkan Kanker? Cek, Ini Dia Fakta yang Perlu Untuk Diketahui
Tidak bisa untuk disepelekan, ini dia bahaya terlalu sering mengkonsumsi ikan asin


Ikan asin, adalah makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menggunakan garam dan melalui proses penjemuran matahari.

Menggunakan metode ini daging ikan yang biasa hanya bertahan dalam waktu singkat karena mengalami pembusukan akan lebih tahan lama untuk disimpan hingga waktu berbulan-bulan di suhu kamar.

Perlu Agan dan Sista ketahui bahwa ikan asin ini menjadi makanan pokok di negara-negara seperti Karibia, Afrika Utara, Afrika Barat, Asia Selatan, Asia Tenggara, Tiongkok Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Membahas tentang ikan asin tentu bagi warga masyarakat Indonesia juga bukan merupakan makanan yang asing, karena memang di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki pantai dan laut para nelayannya juga menyimpan persediaan ikan dengan menjadikan sebagai ikan asin.

Ikan asin di Indonesia sering dijadikan sebagai lauk atau makanan pendamping yang bisa dibeli di pasar-pasar tradisional maupun juga disediakan di rumah makan pinggir jalan dan juga warteg.

Dapat dikatakan ikan asin cukup banyak peminatnya di Indonesia, karena selain memiliki harga yang cenderung murah juga rasanya tidak bayak berubah dari ikan segar pada umumnya, meskipun memang seringkali banyak muncul dan beredar kabar bahwa mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan dan beresiko mengalami kanker.

Benarkah mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan kanker?
Mari kita ulas lebih jauh terkait hal tersebut.




Dilansir dari penjelasan Ketua Yayasan Kanker Indonesia atau YKI, Profesor Aru Sudoyo, disebutkan ternyata memang benar bahwa ikan asin dapat menyebabkan kanker, dan salah satu kanker yang paling sering terjadi karena mengkonsumsi ikan asin adalah kanker nasofaring.

Di dalam ikan asin terdapat kandungan senyawa nitrosamin yang dapat memicu tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.
Nitrosamin sendiri berasal dari berasal dari zat karsinogenik, dan secara alami ada pada ikan, daging, dan beberapa makanan olahan lainnya.

Ikan asin sendiri bukan satu-satunya penyebab kanker nasofaring dan kanker lainnya, karena penyebab kanker yang sebenarnya adalah gaya hidup seperti kebiasaan merokok, obesitas, jarang olahraga dan mengkonsumsi alkohol.

Dari sumber yang lain yaitu akun Instagram @dr.muslimkasim juga dijelaskan bahwa mengkonsumsi ikan asin lebih dari 3 kali dalam sebulan akan meningkatkan resiko terdampak kanker Karsinoma Nasofaring (KNF).



Berikut tadi GanSis sekilas tentang fakta mengkonsumsi ikan asin dapat menyebabkan kanker.

Mengkonsumsi makanan apapun jika diluar batas normal atau berlebih-lebihan maka akan memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh manusianya.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan serta menjadi himbauan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
sky fightDheaafifahanonymous987
anonymous987 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
8K
151
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.