• Beranda
  • ...
  • Health
  • Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan

masnukho
TS
masnukho 
Suka Cabut Bulu Hidung? Awas, Ternyata Ada Bahaya yang Tidak Bisa Untuk Disepelekan
Sering disepelekan, ternyata mencabut bulu hidung memiliki bahaya yang mengancam


Mencabut bulu hidung, Agan Sista pasti pernah melakukan aktivitas ini karena merasa terganggu dengan bulu hidung yang tumbuh panjang hingga keluar dari lubang hidung.

Bulu hidung yang tumbuh sampai keluar hidung memang terlihat sangat menggangu, dan sangat tidak rapih sehingga membuat penampilan kurang menarik.

Bulu hidung sendiri sebenarnya memiliki manfaat bagi manusia GanSis, yaitu untuk menangkal partikel-partikel kuman, jamur dan spora yang ada di udara dan terhirup manusia, melembabkan udara yang dihirup, dan juga mempermudah penguapan keringat.

Melihat banyaknya fungsi dari bulu hidung tentu Agan Sista memiliki peran untuk merawat dan tidak sembarangan mencabut karena mencabut bulu hidung ternyata memiliki resiko dan dampak bahaya yang tidak bisa untuk disepelekan.

Dilansir dari akun Instagram @dr.muslimkasim dijelaskan tentang beberapa bahaya dari mencabut bulu hidung, dan berikut ini sekilas tentang bahayanya.




1. Menyebabkan Infeksi Hidung

Sebagaimana telah TS jelaskan sebelumnya bahwa bulu hidung memiliki manfaat sebagai perisai tubuh karena bulu hidung memiliki tugas untuk menyaring dan menghalau virus, kuman, jamur dan spora masuk ke dalam paru-paru.

Jika Agan Sista mencabuti bulu hidung maka resikonya hidung dan tubuh akan lebih mudah beresiko terinfeksi virus yang terhirup dari udara.

2. Infeksi Otak

Bukan hanya hidung dan saluran pernafasan yang mudah terinfeksi jika bulu hidung dicabuti. Infeksi pada hidung dapat berujung pada meningitis atau juga abses otak, dan biasanya gangguan infeksi otak ini dapat terjadi kepada orang-orang yang memang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

3. Mimisan

Mencabuti bulu hidung juga dapat menyebabkan seseorang mengalami mimisan atau keluar darah dari hidung.

Kondisi ini dapat terjadi karena saat Agan Sista mencabut bulu hidung akan sering menyenggol pembuluh darah sehingga mengakibatkan mimisan.

4. Radang Paru-paru

Bulu hidung memiliki peran penting sebagai perisai tubuh yaitu menyaring udara yang masuk ke sistem pernapasan, dan jika bulu tersebut dicabut maka udara yang terdapat virus, kuman, atau spora dapat menggangu kesehatan sistem pernapasan dan memicu peradangan termasuk dengan radang paru-paru.

5. Bulu Hidung Tumbuh ke Dalam Kulit

Sering mencabut bulu hidung juga dapat berakibat pada tumbuhnya bulu hidung masuk ke dalam kulit atau sering disebut extrafollicular penetration, dan kondisi ini dapat mengakibatkan hidung mengalami peradangan.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang bahaya dari hobi mencabut bulu hidung karena dianggap mengganggu penampilan dan demi alasan kerapihan.

Bulu hidung yang keluar dari lubang hidung memang sering terlihat mengganggu penampilan sehingga membuat kurang percaya diri. Adapun cara yang aman untuk merapihkan bulu hidung yaitu dengan cara menggunting atau memangkasnya dengan gunting khusus pangkas bulu hidung untuk menghindari luka pada lubang hidung.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
64m64n9syasyah81screamo37
screamo37 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
11.1K
149
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.