gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Ramai Video Diduga Cak Nun Sebut Jokowi Firaun, Teguran Guntur Romli Makjleb!
Suara.com - Kekinian, Muhammad Ainun Nadjib atau yang akrab disapa Cak Nun sedang menjadi sorotan publik. Hal ini karena ceramahnya yang dianggap menghina Presiden Joko Widodo.

Pada saat memberikan ceramah di Kajian Maiyah, Cak Nun blak-blakan menyebut Jokowi seperti Firaun. Budayawan ini juga membandingkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan bak Haman.

Bukan hanya menyinggung Jokowi dan Luhut, Cak Nun juga mengungkapkan jika Indonesia juga telah dikuasi oleh Qorun, yakni pengusaha Anthony Salim.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi. Qorun yang namanya Anthony Salim dan 10 Naga. Terus Haman yang namanya Luhut," ucap Cak Nun seperti dikutip melalui unggahan akun Twitter @GunRomli pada Senin (16/1/2023).

Dalam ceramahnya, Cak Nun juga menerangkan jika seluruh sistem di pemerintahan telah diambil alih oleh Jokowi dan Luhut.

"Negara kita sesempurna dicekel [dipegang] oleh Firaun, Haman, dan Qorun. Itu seluruh sistemnya, seluruh perangkatnya, semua alat-alat politiknya sudah dipegang mereka semua. Dari uangnya, sistemnya, sampai otoritasnya, sampai apapun," ujar Cak Nun.

Pernyataan Cak Nun ini pun sontak saja menimbulkan pro dan kontra dari berbagai pihak, salah satunya oleh politikus Mohamad Guntur Romli alias Gun Romli.

Melalui akun Twitternya, @GunRomli mengungkapkan jika Cak Nun seharusnya tidak melontarkan pernyataan yang dirasa menghina Jokowi. Apalagi sampai menyebut Jokowi sebagai Firaun.

"Jika ada kekurangan di Jokowi, tidak sampai layak dihina seperti Firaun. Jika ada kelebihan Emha Ainun Najib nggak sampai level Nabi Musa dan Sabrang seperti Nabi Harun," kata Gun Romli.

Ia menyebut jika dengan pernyataan tersebut, Cak Nun seperti sedang merendahkan dirinya sendiri.

"Hanya kesombongan dan ketakaburan yang mengatakan itu. Cak Nun sedang meninggikan Jokowi dan merendahkan dirinya sendiri," sambungnya.

Cuitan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) ini pun menyita perhatian dari netizen. Netizen melontarkan beragam komentar atas cuitan ini.

"Sebenarnya Emha Ainun Najib ini levelnya seperti Nabi apa sudah setara Malaikat ? Sesuci apa dia?" ujar netizen.

"Sesuci apa dia sampai bisa menghakimi presiden yang dicintai rakyatnya dan mengangkat derajat bangsanya," imbuh netizen lain.

"Saya juga nggak suka ceramah-ceramah EAN terlalu sombong, seperti dirinya bersih, suci," komentar netizen lainnya lagi.

Kini, menurut pantauan, kolom komentar cuitan Gun Romli soal Cak Nun telah dibatasi.

https://www.suara.com/news/2023/01/1...k-layak-dihina

Firaun itu klo di jaman now itu yaaa presiden korut...
Karna dia di agungkan sebagai Tuhan.
Perbudakan kepada warganya sering terjadi.
Coba cak nun tinggal disana biar tau nikmatnya hidup di Indonesiaemoticon-Traveller
aldonistic
Proloque
mavve512
mavve512 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
3.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.