cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Parkir di Alfamart dan Indomaret Harusnya Gratis, Kok Bisa Ada Jukir?


Arini/detikcom

Jakarta - Beberapa waktu sempat viral di Twitter perkara bayar parkir di minimarket. Cuitan tersebut menjelaskan seharusnya parkir gratis karena minimarket sudah membayar retribusi ke pemerintah daerah setempat.
Namun, seringkali ditemui tukang parkir atau juru parkir di minimarket. Bagaimana awal mulanya ya?

Berdasarkan penelusuran detikcom di sekitar Jalan Fatmawati, gerai Indomaret dan Alfamart memang masih ada juru parkir. Namun, ada beberapa yang tidak ada juru parkir

Salah satu kasir Alfamart menuturkan memang seharusnya tidak ada biaya parkir. Namun, masih tetap saja ada tukang parkir di depan gerai tersebut.

"Seharusnya gratis sih, tapi karena ada tukang parkir di sini jadi kayaknya bayar deh," ungkapnya kepada detikcom, Selasa (17/1/2023).

Salah satu juru parkir di Alfamart kawasan Fatmawati menuturkan ia menjadi juru parkir di sana untuk menjaga kendaraan pengunjung gerai tersebut. Selama menjadi jukir pun ia mengaku tidak pernah ada protes dari pengunjung.

"Di sini nyaman-nyaman saja, nggak pernah ada masalah di sini. Ngapain protes Rp 2 ribu perak? Kan motornya sudah saya jagain," katanya kepada detikcom.

Ia mengatakan kalau dirinya sudah bekerja di situ selama lima tahun. Ia biasa jaga di gerai tersebut dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB, setelah itu digantikan oleh temannya.

Masih di kawasan yang sama, Supriyadi, juru parkir Indomaret mengatakan ia telah menjadi juru parkir sejak tahun 2012. Namun, ia selalu bertukar tempat dengan teman-temannya yang lain.

"Di Indomaret Tanah Kusir Dua, kadang-kadang di Haji Nawi. Ya Alhamdulillah buat anak-anak lingkungan sekitar juga itu," katanya kepada detikcom.

Selama menjadi juru parkir, menurutnya tidak pernah ada protes maupun cekcok dengan pengunjung terkait biaya parkir. Ia juga mengaku bahwa yang menjadi juru parkir di Indomaret kawasan Fatmawati merupakan warga sekitar.

"Alhamdulillah, emang kadang-kadang ada yang nggak bayar tapi ya kita mah bagi tukang parkir ikhlas-ikhlas aja dah kesadaran dia aja. Kita udah tungguin motornya kita amanin, kadang-kadang sih ya ada yang ngasih, ada yang kabur," tuturnya.

"Ya alhamdulillah, jadi kita kan di sini kita nggak pake ormas, (pakai) warga sekitar, jadinya aman-aman aja," tutupnya.

Detik.com
onlyonejakass
viniest
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
8K
248
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.