chemical.saptoAvatar border
TS
chemical.sapto
Kisah Riska, Mahasiswa Yang Berjuang Sampai Meninggal Dunia Demi Bayar Uang Kuliah


Nur Riska Fitri Aningsih, Mahasiswa jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta asal Purbalingga meninggal pada 9 Maret 2022.

Dikutip dari Tempo, diketahui Mahasiswa tersebut terkendala biaya kuliah sejak awal kuliah.

"Dia (Riska) mahasiswa angkatan 2020 yang selama kuliah terkendala dan tidak bisa membayar UKT," kata rekan kampus sekaligus kakak tingkat Riska, Rachmad Ganta Semendawai, Kamis 12 Januari 2023.

Riska pun sudah sempat mengajukan permohonan keringanan biaya dengan mengisi pendapatan orang tua sesuai kondisi ekonomi yang dialami.

Namun saat coba mengunggah berkas permohonan melalui ponsel pinjaman tetangganya, berkas Riska selalu gagal terkirim. Hingga akhirnya muncul nominal UKT Rp 3,14 juta yang harus ia bayarkan tiap semesternya, kata Ganta teman Riska.

Kisah Riska juga dibagikan oleh temannya yaitu Ganta melalui Twitter, @rgantas mengungkapkan bahwa Riska adalah merupakan anak dari penjual sayur dengan gerobak di pinggiran jalan. Bahkan orang tua Riska harus menghidupi lima orang anak, yakni Riska serta keempat adiknya yang belum lulus sekolah.

Di awal perkuliahannya Riska masih sangat semangat, karena untuk biaya semesternya Riska dibantu oleh guru-guru sekolah dan hasil patungan dari rekan kampusnya.

Riska tetap tidak berhenti untuk mengajukan keringanan ke pihak rektorat. Namun upayanya gagal karena dugaan ruwetnya birokrasi. Usaha meminta keringanan UKT terus dilakukan oleh Riska hingga akhirnya melewati semester dua.

Akhirnya Mahasiswi tersebut mendapat keringanan UKT setelah berjalan kaki bolak balik dari kost-nya di Pogung Sleman ke Kantor Rektorat di kawasan Colombo.


Tetapi keringan UKT yang diusahakan Riska hanya berkurang Rp 600 ribu dari total UKT yang harus ia bayarkan, ungkap Genta.

Perjuangan Riska pun mulai tampak surut ketika memasuki semester tiga,sebelum dikabarkan meninggal dunia, Riska diketahui sudah tak kuliah beberapa waktu, dia diketahui sedang kritis di rumah sakit akibat penyakit hipertensi berat, kematiannya diunggah akun resmi fakultasnya hampir setahun silam.



https://purwasuka.viva.co.id/amp/nas..._medium=page-2

Mumpung masih hidup bakal diisap sampai habiss
darkwilliam00gg
bukan.bomat
BALI999
BALI999 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.6K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.