harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Bagaimana Jika Bumi Kita Berukuran Lebih Besar? Ini Yang Akan Terjadi!

Sumber Gambar

Kalian pasti tahu kan kalau Bumi sudah mulai padat. Populasi manusia semakin bertambah dan terus bertambah, terbaru populasi spesies kita sudah mencapai 8 milyar. Sudah banyak banget bukan? Tentu untuk menopang kehidupan, semakin hari kita semakin butuh lahan dan sumber daya yang lebih banyak dari pada Bumi.

Pernahkah kalian berpikir, seandainya ukuran Bumi lebih besar?emoticon-Bingung (S)

TS juga pernah berpikir begitu. Seandainya lebih besar apa yang kita terjadi? Kita akan buat patokan planet terbesar di tata surya yaitu Jupiter. Apa yang terjadi bila Bumi sebesar Jupiter? Tentu yang ada dibenak kita adalah lahan yang lebih luas dan lega. Gak sumpek dan gak sempit. Tapi selain itu, banyak hal yang harus dipertimbangkan jika ingin bumi sebesar Jupiter.

Masalah Terbesar Adalah Gravitasi!


Sumber Gambar

Jika planet semakin besar, maka daya tarik gravitasinya akan semakin kuat. Dan hal ini sangat membuat susah hidup kita nantinya. Bagaimana nasibnya para atlet lompat indah? Jangankan lompat, berjalan saja mungkin butuh tenaga ekstra saking kuatnya gravitasi.

Selain itu juga, ada kemungkinan bahwa tubuh manusia akan menjadi lebih pendek. Karena kuatnya gravitasi, tulang belakang manusia menjadi lebih padat dan rapat ketika berdiri. Akan tetapi juga ada evolusi yang mungkin membuat manusia menjadi lebih kuat.

Dengan gravitasi yang kuat tubuh akan lebih terbiasa untuk bekerja lebih ekstra untuk berjalan dan beraktivitas. Itu membuat fisik kita semakin terlatih dan menjadi kuat nantinya, pelan-pelan kita akan terbiasa lalu menjadi sosok manusia yang lebih tangguh.

Jangan Lupakan Ancaman Bencana!


Sumber Gambar

Namun, ada satu ancaman jika gravitasi kita terlalu kuat. Yaitu ancaman benturan dengan asteroid. Kuatnya gravitasi bisa saja menarik masuk asteroid-asteroid yang tak sengaja melintas di dekat planet kita. Dan tentunya, akan terjadi tabrakan yang menyebabkan bencana besar.

Capek Juga Ke mana-mana Jauh!

Selain itu kalau Bumi sebesar Jupiter, jarak tempuh ke mana-mana menjadi semakin lama. Perjalanan antar negara menjadi semakin jauh dan melelahkan. DItambah dengan gaya gravitasi yang juga membuat kita mengeluarkan tenaga ekstra.

Ya mau bagaimana pun Bumi yang sekarang adalah tempat yang ideal untuk tinggal. Tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Pas untuk manusia dan segala makhluk lainnya. Hanya saja, kita manusia yang jumlahnya semakin tak terkendali.


Sumber Gambar

Solusinya bukan membuat Bumi jadi sebesar Jupiter. Tapi mencari planet baru yang persis sama seperti Bumi. Dan itu menjadi PR yang cukup sulit untuk dilakukan oleh umat manusia. Kalau pun ada planet yang mirip dengan bumi, perlu berapa lama untuk mencapai planet itu?

Ya, semoga bumi kita tidak apa-apa dan selalu dalam kondisi stabil. Sehingga tetap ramah untuk kita tinggali sehingga tak perlu repot-repot pindah planet.

emoticon-2 Jempol

Kalau kalian, mau pindah ke planet mana nih? emoticon-Bingung (S)

Sumber: Link Referensi
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
128.199.190.86
ajiieeeee
pilotamoy141
pilotamoy141 dan 19 lainnya memberi reputasi
20
7.2K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & Teknologi
icon
15.5KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.