• Beranda
  • ...
  • Education
  • Darah Sama Merah Tetapi Golongan Darah Berbeda, Begini Ternyata Jawabannya Gan

tpuspajayaAvatar border
TS
tpuspajaya
Darah Sama Merah Tetapi Golongan Darah Berbeda, Begini Ternyata Jawabannya Gan



Golongan darah merupakan suatu klasifikasi yang digunakan untuk mengelompokkan darah manusia berdasarkan adanya atau tidaknya antigen A dan B serta Rh (rhesus) pada permukaan sel darah merah. 


Namun, terkadang seseorang dapat memiliki darah yang sama merahnya tetapi golongan darahnya berbeda. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan tentang proses pembentukan golongan darah dan faktor-faktor yang mempengaruhi golongan darah seseorang.




Bagaimana darah sama merah tetapi golongan darah berbeda?

Proses pembentukan golongan darah dimulai sejak dalam kandungan. Gen yang bertanggung jawab atas pembentukan antigen A dan B diturunkan dari kedua orangtua. Jika seseorang memiliki gen A dari ibunya dan gen B dari ayahnya, maka ia akan memiliki golongan darah AB. Namun, jika seseorang hanya memiliki gen A atau B, maka ia akan memiliki golongan darah A atau B.


Selain itu, faktor-faktor seperti mutasi gen, kelainan kromosom, dan masalah kesehatan dapat juga mempengaruhi golongan darah seseorang. Beberapa kondisi medis seperti thalassemia dan sickle cell anemia juga dapat menyebabkan perbedaan pada golongan darah seseorang.



Implikasi dari perbedaan golongan darah

Perbedaan golongan darah dapat memiliki implikasi yang signifikan terutama dalam proses transfusi darah. Seseorang dengan golongan darah AB dapat menerima darah dari semua golongan darah, namun seseorang dengan golongan darah A hanya dapat menerima darah dari golongan A dan AB, dan seterusnya. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan karena jika darah yang tidak sesuai golongan darahnya diterima, dapat menyebabkan reaksi transfusi darah yang berbahaya.


Selain itu, perbedaan golongan darah juga dapat memiliki implikasi pada kehamilan. Jika ibu dan janin memiliki golongan darah yang berbeda, maka janin dapat mengalami kelainan darah seperti hemolytic disease of the newborn. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui golongan darah ibu dan janin sebelum kehamilan.



Penutup




Perbedaan golongan darah dapat terjadi karena berbagai faktor seperti genetik dan kondisi medis. Hal ini dapat memiliki implikasi pada proses transfusi darah dan kehamilan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui golongan darah seseorang dan menjaga kesehatan darah. Saran untuk mengetahui golongan darah adalah dengan melakukan tes darah di laboratorium atau melakukan pemeriksaan kesehatan rutin. 



Selain itu, penting juga untuk menjaga kesehatan diri dengan cara mengonsumsi makanan sehat, berolahraga dan menghindari faktor risiko yang dapat menyebabkan masalah kesehatan darah seperti merokok dan minum alkohol. Dengan mengetahui dan menjaga kesehatan darah, kita dapat menghindari masalah kesehatan yang mungkin timbul dari perbedaan golongan darah.


emoticon-Toast

Tulisan   :   @tpuspajaya 
Referensi  :   1
Pic   :   Google


sc5
danQe
bigjerro
bigjerro dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.1K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.