• Beranda
  • ...
  • Education
  • Fakta Menarik Ikan Sebelah, Berkaitan dengan Kisah Nabi Musa yang Mencari Nabi Khidir

masnukho
TS
masnukho 
Fakta Menarik Ikan Sebelah, Berkaitan dengan Kisah Nabi Musa yang Mencari Nabi Khidir
Sangat unik dan menarik, ini dia sekilas fakta tentang ikan sebelah dengan kisah Nabi Musa mencari Nabi Khidir


Ikan Sebelah (Psettodes spp.) atau lebih dikenal dengan Flatfish adalah jenis ikan yang berasal dari keluarga Bothidae dan termasuk kedalam kelompok spesies ikan datar, tinggal di perairan dangkal dengan kedalaman 60 meter di bagian bawah lumpur atau pasir, dan beberapa diantara jenis ikan datar ini juga ada yang tinggal di dasar laut dengan kedalaman 100 sampai 400 meter.

Mungkin Agan Sista yang baru pertama kali melihat bentuk ikan sebelah ini akan merasa sedikit aneh, karena memang bentuk ikan sebelah ini sangat unik yaitu memiliki bentuk datar di bagian bawah tubuhnya dengan warna yang putih pucat sedangkan pada bagian atas tubuh berwarna hitam dan berbentuk lebih cembung.

Uniknya lagi letak dua mata dari ikan sebelah tidak terdapat pada samping kanan dan kiri kepala, melainkan terletak di atas kepala dan tidak bisa melihat dengan baik hewan atau benda apapun yang berada tepat di bawahnya.
Anehnya dari kedua mata yang terletak di bagian atas kepala tersebut, ikan sebelah dapat melihat dengan jangkauan bawah samping dan sekitarnya dengan sangat jelas, itu semua dapat terjadi karena bola mata ikan sebelah dapat bergerak melawan arah.

Dibalik uniknya bentuk ikan sebelah yang hanya terlihat pipih seperti bentuk separuh ikan dengan mata yang terletak di bagian atas kepala, ternyata bentuk ikan sebelah tersebut ada dan berkaitan dengan kisah perjalanan Nabi Musa dalam mencari keberadaan Nabi Khidir.

Berikut ini sekilas tentang sejarah ikan sebelah yang mungkin belum Agan dan Sista ketahui.




Dinukil dari berbagai riwayat juga bersumber dari salah satu ayat Al-Qur'an yaitu Surat Al-Kahf ayat 60-61, ternyata sejarah ikan sebelah berhubungan dengan kisah perjalanan Nabi Musa as di dalam mencari keberadaan Nabi Khidir as.


Quote:


Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa saat Nabi Musa melakukan perjalanan dalam mencari Nabi Khidir as, beliau berkata kepada pengikutnya bahwa dirinya tidak akan menghentikan perjalanan sampai pertemuan dua laut, dan ketika beristirahat inilah Nabi Musa as memakan separuh ikan bekal nya yang sudah dimasak dan melupakan separuh ikannya yang belum disantap sampai akhirnya Allah menghidupkan kembali separuh ikan tersebut untuk kembali kelaut dan hidup sampai saat ini menjadi ikan sebelah.

Selain hanya berbentuk sebelah atau separuh dari badan ikan dan unik karena kedua matanya terletak pada bagian atas kepala, ikan sebelah atau flatfish ini juga memiliki bentuk yang tergolong aneh. Hanya berukuran satu jari tangan dengan panjang maksimal mencapai 3 meter.

Tentu ikan ini bukan hanya memiliki sejarah dan keunikan melainkan juga memiliki banyak manfaat, karena menurut beberapa penelitian, flatfish atau ikan sebelah memiliki kandungan protein tinggi sehingga sangat baik untuk dikonsumsi. Di beberapa negara ikan sebelah menjadi salah satu ikan dengan banyak penggemar karena memang rasanya yang enak.




Berikut tadi GanSis sekilas fakta tentang ikan sebelah atau flatfish dengan kisah Nabi Musa as dan Nabi Khidir as.

Mungkin dari kisah ini akan banyak orang yang kurang sependapat atau butuh pembuktian, tetapi karena memang tersusunnya Al-Qur'an dan perwujudan ikan sebelah telah ada sejak lama, maka sudah tidak ada lagi saksi mata yang dapat menjelaskan tentang kebenarannya. Jika Agan Sista ingin tahu tentang kebenarannya maka hanya ada satu cara yaitu bertanya langsung pada ikan sebelah yang masih ada sampai dengan saat ini.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
dasiemsidaslutfigilang01nurhuda008
nurhuda008 dan 31 lainnya memberi reputasi
28
12.4K
159
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.