• Beranda
  • ...
  • Education
  • Bukan Hanya Saling Sapa, Ini Alasan Semut Berhenti Saat Berpapasan dengan Temannya

masnukho
TS
masnukho 
Bukan Hanya Saling Sapa, Ini Alasan Semut Berhenti Saat Berpapasan dengan Temannya
Bukan hanya sekedar untuk saling sapa, ini dia alasan semut-semut berhenti saat berpapasan dengan temannya


Semut, adalah jenis serangga dari famili Formicidaedengan ordo Hymenoptera. Berdasarkan dari berbagai sumber yang ada, semut terdiri kurang lebih atas 2.500 jenis, dimana kebanyakan hidup dan berkembang biak di daerah-daerah dengan kawasan musim tropis.

Semut dikenal sebagai hewan yang hidup dengan berkoloni, yaitu serangga sosial yang hidup dan tinggal berkelompok dimana setiap koloni terdiri atas ribuan semut. Di dalam setiap koloni semut-semut membagi diri mereka kedalam beberapa tugas, mulai dari semut pekerja, semut penjaga, semut pejantan, dan ratu semut.

Membahas tentang semut tentu Agan Sista tidak asing dengan aktivitas semut yang seringkali menarik perhatian manusia, yaitu saling menyapa dan terlihat seperti "bersalaman" saat berpapasan dengan semut lain yang berlawanan arah.

Mungkin Agan Sista pun bertanya-tanya, apa alasan dari semut-semut tersebut saling berhenti saat berpapasan, benarkah mereka bersalaman atau ada aktivitas lain yang sedang dilakukan.

Berikut ini beberapa alasan semut berhenti dan saling sapa saat berpapasan sebagaimana TS rangkum dari berbagai sumber.




Menurut beberapa artikel yang TS baca, alasan dari kenapa semut-semut selalu berhenti dan saling sapa saat berpapasan dengan semut lain yaitu untuk berkomunikasi dan mendeteksi apakah mereka berasal dari satu koloni atau tidak.

Adapun cara untuk semut memastikan apakah mereka satu koloni yaitu dengan mendeteksi menggunakan sungut atau antena yang ada di kepalanya, itulah kenapa saat semut satu dengan semut yang lain berpapasan mereka terlihat seperti bersalaman, sebenarnya mereka sedang mendeteksi apakah berasal dari koloni yang sama, dan juga membagikan informasi terkait identitas masing-masing seperti berperan sebagai semut pekerja, semut pejantan, atau semut ratu, dan bahkan juga berbagi informasi terkait ketersediaan makanan di sekitar mereka.

Untuk berkomunikasi tersebut semut-semut ini menggunakan zat kimia yang keluar dari tubuh bagian luar atau exoskeleton, zat kimia yang memiliki nama Feromon inilah yang menjadi penanda agar mereka bisa dikenali di dalam satu koloni. Feromon dihasilkan oleh kelenjar endokrin, dan dengan zat kimia tersebut lah semut dapat berbagi isyarat melalui bau dan rasa.

Selain bertujuan untuk berkomunikasi dan berbagi informasi, semut-semut yang berhenti saat saling berpapasan ini juga memiliki aktivitas lain yang disebut dengan trophallaxis. Trophallaxis adalah momen dimana seekor semut sedang menyuapi temannya yang lain dengan memuntahkan cairan cadangan makanan dari mulut kepada semut-semut yang memang tidak bertugas mencari makanan atau selalu berada di dalam sarang seperti ratu semut, semut pembersih sarang, dan juga bayi semut.



Berikut tadi GanSis sekilas tentang alasan kenapa semut-semut selalu berhenti saat berpapasan dengan semut yang lain.

Tentu di setiap kehidupan baik itu pada hewan, tumbuhan, dan manusia, selalu ada yang unik dan menarik untuk dibahas GanSis. Termasuk dengan kebiasaan semut yang selalu berhenti saat berpapasan dengan semut-semut lain.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan menambah wawasan dari Agan Sista semua.




Penulis: @masnukho©2023
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
udynym672screamo37ormarr
ormarr dan 38 lainnya memberi reputasi
39
8.5K
142
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.