AllKreatifAvatar border
TS
AllKreatif
[SHARE] MEMBUKA USAHA PERCETAKAN UNTUK PEMULA
Assalamu'alaikum agan dan sista

Saya akan coba menulis atau lebih tepatnya sharing tentang bagaimana membuka usaha percetakan untuk pemula. (jika tulisan saya ada yang kurang lengkap, para master bisa menambahkan ya emoticon-Big Grin )


Quote:



MENGENAL DUNIA PERCETAKAN

Sebelum membuka bisnis percetakan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu dunia seputar percetakan. Karena bisnis percetakan di bagi menjadi 3 golongan.

1. BROKER (Tanpa Modal)

Percetakan2 besar sangat membutuhkan orang2 seperti ini. Broker?? ya calo, kalau dalam bahasa sehari2. Mereka tidak butuh modal sama sekali, karena mereka hanya buat spanduk menerima jasa cetak : Spanduk, Undangan, Kartu Nama, Dll....... dan semua kegiatannya mereka lempar lagi kepercetakan lain.

Ciri2 dari percetakan jenis ini sangat mudah kita jumpai. Diantaranya :

- Mereka tidak memiliki komputer untuk Design nya, karena mereka lempar lagi ke Tukang Setting/Desigfn Grafis lain.
- Mereka tidak memiliki mesin cetak sendiri, karena untuk proses cetaknya mereka lempar lagi kepercetakan lain pula.

Keuntungan bagi para Broker pun tidak bisa diremehkan. bagi para broker yang berpengalaman, untuk 1x cetak undangan mereka bisa meraih keuntungan 100% dari harga modal, BAHKAN LEBIH!!!

2. PERCETAKAN RUMAHAN (Modal Kecil)

Jika agan2 sudah sedikit mengenal dunianya dan berencana mau beli mesin cetak dengan harga terjangkau, saya sarankan untuk memulai dengan mesin cetak KAOS (bisa DTG, atau HOT PRESS), Cetak Mug, dan Cetak Stempel. Karena modal untuk kesemua mesin tersebut berkisar antara 10jt - 20jt. Jangan lupa untuk beli Komputernya juga ya gan emoticon-Big Grin


Quote:


Bisnis ini sangat menguntungkan, selain masih jarang yang melirik, peminatnya juga banyak, mulai dari anak2 sekolah, komunitas, bahkan ibu2 yang ingin cetak foto anaknya di kaos pun  banyak sekali emoticon-Smilie

3. PERCETAKAN BESAR (OFFSET PRINTING & DIGITAL PRINTING)

Banyak yang belum bisa membedakan apa itu Offset Printing dan Digital Printing. Berikut penjelasan singkatnya :

OFFSET PRINTING
Teknik offset merupakan salah satu teknik percetakan yang paling umum digunakan. Dengan metode offset, materi yang ingin dicetak dipindahkan dari sebuah plat ke lapisan karet, lalu ke atas permukaan bahan.

Proses offset menggunakan tinta basah dan memerlukan proses pengeringan setelah proses percetakan berlangsung.

Offset digunakan untuk mencetak dalam skala/kuantitas besar. Di antara semua teknik percetakan, offset bisa dibilang merupakan yang paling ekonomis, berkualitas tinggi dan memiliki konsistensi yang baik untuk mencetak dalam skala besar.

Namun kekurangan Tehnik OFFSET ini adalah harus mencetak dengan qty banyak (ada minimum order) tidak bisa cetak 1an

DIGITTAL PRINTING


Digital offset, atau istilah kerennya yaitu digital printing, adalah sebuah metode percetakan dari gambar berbasis digital, yang biasanya berupa File, kemudian bisa langsung dicetak di berbagai media dengan cara yang lebih cepat.

Umumnya digital printing memiliki biaya produksi yang lebih tinggi untuk per satuannya dibanding metode cetak yang lebih konvensional seperti percetakan offset dan sablon.
Akan tetapi, teknik digital offset ini memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh metode percetakan offset maupun sablon, yaitu tidak memerlukan proses pra cetak seperti pembuatan film, plat cetak (offset), ataupun afdruk screen (sablon).

Karena proses yang dilalui digital offset lebih ringkas, membuat digital offset menjadi lebih banyak digunakan untuk pencetakan skala kecil, sehingga teknik cetak digital offset sering juga disebut teknik cetak print on demand (sesuai permintaan), karena bisa mencetak dalam jumlah sedikit atau bahkan satuan.

Kekurangan Digital Printing : Jika cetak dalam qty banyak, harganya bisa sangat jauh berbeda dari cetak OFFSET.

KESIMPULAN

Jadi jika teman2 berencana ingin membuka bisnis percetakan, ane sarankan jangan terlalu nafsu sebelum mengenal dunianya. Ane saranin agan bisa mulai dari BROKER atau BISNIS RUMAHAN, dan jangan lupa untuk banyak2 sahring kepada yang lebih berpengalaman, karena sampai saat inipun ane masih sering dapet ilmu2 baru seputar dunia cetak.



Terima kasih, semoga bermanfaat ya gan
adityajaya95
adityajaya95 memberi reputasi
1
3.4K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & Profesi
icon
37KThread8.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.