• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Fenomena Mengemis di TikTok, Bukti Indonesia Masih Banyak Pengangguran dan SDM Rendah

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Fenomena Mengemis di TikTok, Bukti Indonesia Masih Banyak Pengangguran dan SDM Rendah


Beberapa tahun yang lalu kita mendengar kalau Youtube bisa menghasilkan uang, pada akhirnya banyak yang berbondong-bondong ke Youtube mulai dari membuat konten sampai membuat sampah agar bisa menghasilkan uang. Bertahun-tahun berlalu, Youtube mulai penuh sesak dan persaingan sudah tidak masuk akal. Munculah TikTok, ternyata banyak yang tahu kalau di TikTok bisa menghasilkan uang lewat live dan dapat saweran dari penonton. Sayangnya, fitur ini disalahgunakan oleh warga Wakanda yaitu dijadikan ajang untuk mengemis.

Konten Sensitif


Sebenarnya fitur live di TikTok ini ditujukan untuk para kreator, seleb, dan influencer agar bisa berinteraksi dengan followernya dan sawer ini bertujuan agar mendapatkan timbal balik bagi para penonton. Saweran saat live juga ada di Youtube dan mereka yang melakukan streaming kebanyakan adalah Youtuber gaming. Fitur saweran semacam ini sudah diprediksi akan menjadi ajang mengemis.

Akibat Terlalu Banyak Pengangguran

Konten Sensitif


Over populasi lagi-lagi menjadi biang keladi semuanya. Sebab, saat ini lapangan pekerjaan semakin menyempit dan masih banyak pengangguran, jadilah salah satu cara untuk bertahan di kala ekonomi semakin babak belur adalah mengemis di TikTok. Ini adalah cara yang paling mudah mendapatkan uang secara instan tanpa perlu mencari kerja.

Akibat tak Punya Skill dan Bakat



Mendapatkan saweran di TikTok sah-sah saja asalkan kreator benar-benar layak mendapatkannya alias punya skill dan bakat. Misalnya membuat konten menarik, menghibur penonton lewat konten gaming, menjual suara apabila berbakat menyanyi dan bermain alat musik, dan lain sebagainya. Tapi ini kebanyakan yang mengemis memang tidak punya skill apa-apa. Lagi-lagi ini adalah masalah pendidikan dan SDM di negeri kita.



TikTok hanyalah media sosial, kalau pun TikTok ini musnah dan ada media sosial yang baru, kalau tatanan sosial di Wakanda tetap begini ya hasilnya akan tetap sama. Permasalahan mengemis di TikTok membukakan mata kita kalau di Wakanda masih belum makmur, pengangguran masih banyak, mutu pendidikan begitu rendah sehingga menghasilkan SDM yang memprihatinkan.

Segitu aja thread dari ane. Sekian dan terima kasih. emoticon-Big Grin

Referensi
xandernathaniel
screamo37
anapoke
anapoke dan 9 lainnya memberi reputasi
10
6.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.