harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
Makan Pisang Goreng Pakai Sambal? Cobain Cara Unik Makan Pisang Goreng Dari Manado!

Sumber Gambar

Pisang goreng merupakan salah satu makanan yang sudah umum ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Biasanya gorengan ini dinikmati hangat-hangat ketika pagi dengan secangkir kopi. Rasanya yang manis berpadu dengan tepung yang garing merupakan salah satu perpaduan yang sempurna.

Apalagi pisang goreng zaman sekarang telah mengalami banyak sekali perkembangan. Ada pisang goreng yang menggunakan keju, cokelat dan masih beragam lagi. Tapi tahukah kalian, sebelum semua varian itu sebenarnya sudah ada variasi pisang goreng yang tak kalah unik.

Varian pisang goreng ini terkenal di beebrapa daerah di pulau Sulawesi. Yaitu pisang goreng yang dimakan dengan sambal. Ya, pisang goreng ini memang berbeda dari yang lainnya, pedasnya sambal dipilih menjadi campuran makan pisang goreng.


Sumber Gambar

Tapi pisang goreng yang dipakai pun bukan sembarang pisang. Melainkan pisang goroho yang banyak ditemukan di Manado dan Gorontalo. Namun karena pisang ini sendiri terbatas, terkadang juga diganti dengan pisang tanduk.

Jenis pisang goroho sendiri memang jenis pisang yang kurang sedap bila dimakan langsung. Perlu diolah dan dimasak supaya rasanya enak. Pisang yang dipilih biasanya pisang muda yang masih mengkal. Biasanya dipotong tipis dan dibaluri dengan tepung, setelah itu barulah digoreng.

Rasa pisang yang sedikit manis dan gurih menjadi perpaduan yang nikmat dengan pedasnya sambal. Untuk tipe sambalnya sendiri, biasanya yang dipakai adalah sambal ikan roa. Sambal ini sendiri memang populer sebagai sambal khas Sulawesi khususnya Manado.


Sumber Gambar

Orang Manado memang terkenal suka dengan makanan dengan cita rasa pedas. Jadi tak heran jika mereka makan pisang goreng pun dengan sambal. Cara memakannya pun cukup simpel, yaitu dengan mencocol pisang goreng ke sambal ikan roa lalu dimakan begitu saja.

Wah, ini jadi salah satu makanan yang bisa kalian coba di rumah. Sambal ikan roa banyak dijual di online shop, sedangkan pisang goreng kita bisa membuatnya sendiri. Cara makan orang Sulawesi khususnya Manado ini bisa jadi alternatif jika bosan dengan cara makan pisang goreng yang gitu-gitu saja.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Gimana gan? Tertarik coba?emoticon-Big Grin

Sumber: Link Referensi
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Avnerhero
tiankorir
cheria021
cheria021 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.8K
126
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto GuideKASKUS Official
8.8KThread12.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.