• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Drone Bayraktar Kizilelma Buatan Turki Sukses Melakukan Penerbangan Perdana

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Drone Bayraktar Kizilelma Buatan Turki Sukses Melakukan Penerbangan Perdana
Quote:


Turki membuat kejutan yang menarik pada akhir tahun 2022 bagi Agan pecinta dunia militer, pasalnya pada Rabu, 14 Desember 2022, drone bermesin jet bernama Kizilelma berhasil melakukan penerbangan pertamanya. Padahal sebelumnya Baykar Makina selaku pembuat drone memperkirakan penerbangan pertama drone baru bisa dilakukan pada tahun 2023.

Mengutip artikel TheDefensePost, penerbangan drone itu dilakukan di Pusat Pelatihan dan Tes Penerbangan Akinci di Provinsi Tekirdag. Drone ini punya desain unik karena punya kemampuan seperti jet tempur berawak, dengan kemampuan membawa muatan seberat 1500 sampai 2000 kg. Kizilelma juga bisa melaksanakan berbagai misi seperti pesawat tempur, mulai dari misi udara ke darat dan udara ke udara. Drone ini juga punya kemampuan lepas landas di landasan pacu yang pendek serta beroperasi di kapal serbu amfibi TCG Anadolu milik Angkatan Laut Turki.

Kizilelma ditenagai oleh satu mesin turbofan rancangan Ukraina, memungkinkannya memiliki durasi terbang selama lima hingga enam jam. Kizilelma telah dikembangkan sejak 2013, secara resmi proyek pengembangan Kizilelma diumumkan pada musim panas 2021 melalui program MIUS (Muharip Insansız Uçak Sistemi), dan setahun kemudiam prototype pertamanya telah berhasil dibuat.

Quote:


Dan menandai penerbangan pertama drone bermesin jet pertama buatan Turki, berikut ini adalah peristiwa penting yang menandai perjalanan Kizilelma yang sebenarnya terjadi pada tahun ini.

1. Pada 22 November 2022 pihak Baykar Makina mengumumkan uji taxiing untuk drone Kizilelma. Uji taxiing merupakan uji coba di darat, di mana pesawat/drone bergerak dengan kekuatannya sendiri. Uji coba ini merupakan fase awal sebelum drone benar-benar akan memasuki uji coba penerbangan.




2. Pada 3 Desember 2022, Kizilelma mulai menjalani uji coba terbang , meski dengan durasi yang sangat singkat. Padahal sebelumnya CEO Baykar Makina yang juga merupakan mantu Presiden Erdogan menyebutkan jika, drone rancangan perusahaannya akan memulai penerbangan perdana pada tahun 2023. Dalam postingan di Twitter sang CEO menyebut jika penerbangan Kizilelma sukses. Dia tidak mengatakan alasan mengapa penerbangan drone tersebut sangat singkat.




3. Puncaknya pada 14 Desember 2022 akhirnya drone melakukan penerbangan pertamanya, hal ini tentu menjadi kabar yang mengejutkan. Karena sebelumnya muncul keyakinan dari para anlis militer jika drone baru akan melakukan penernangan pertamanya pada tahun 2023. Dengan penerbangan pertama yang sukses, Kizilelma telah memulai pijakan penting untuk pengembangan drone bermesin jet. Selanjutnya perjalanan Kizilelma yang sebenarnya baru dimulai, sebelum nantinya drone memasuki tahap produksi massal.





Referensi Tulisan: TheDefensePost
Sumber Foto: Baykar Technologies
eyefirst2
gabener.edan
69banditos
69banditos dan 10 lainnya memberi reputasi
11
3.6K
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.