• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Mistubishi L300, Model Jadul Dari Dulu Ga Ada Perubahan, Tapi Kenapa Masih Laris?

c4punk1950...
TS
c4punk1950...
Mistubishi L300, Model Jadul Dari Dulu Ga Ada Perubahan, Tapi Kenapa Masih Laris?




Hi sobat otomotif,

Buat para pengusaha jasa angkut kalau mau pick up pasti yang ada dibenak mereka adalah Mitsubishi L300, walau kompetitor berusaha untuk menggeser kejayaannya tapi hingga saat ini L300 masih tetap laris manis.

Padahal model dari pick up ini hadir di tahun 1981, hanya ada beberapa perubahan minor dari segi penampilan. Tapi hingga umurnya sekitar 40 tahun, dengan perubahan minor seperti itu tetap saja L300 masih dipercaya banyak orang. Walau kompetitor datang dengan penampilan yang lebih fresh dan berkelas, namun L300 masih tetap laris hingga saat ini.

Hmmm, apa ya alasannya? Yuk kita bahas.



Yang menjadi mind set dibenak orang pada sebuah produk otomotif adalah kuat dan handal dalam mobil niaga, ini sudah tersemat pada L300 sejak lama. Yah, kalau mau penampilan tentu saja, tipe jenis ini kurang cocok dijadikan pilihan mungkin buat dapet gebetan Honda Brio lebih masuk akal biar ga malu-maluin saat wakuncar.

Tapi kalau kamu pedagang sayur, buah, kambing, sapi, punya toko bangunan dan sebagainya. Mobil ini tentu cocok banget untuk dijadikan partner usaha, tenaga dan torsi, serta handling dan power sterring yang enak bisa dikatakan menjadi pemikatnya tersendiri.

Apalagi buat jalan rusak , nanjak dan beban berat suspensinya juga oke, intinya L300 sudah dikenal dengan ketangguhannya. Walau dari sisi penjualan posisi pertama ada grand max dan Suzuki Carry di posisi kedua, tapi kelas mereka itu berbeda dengan L300 yang menempati tempat ketiga disisi penjualan.



Sebab secara dinensi, harga, performa mesin dan jenis bahan bakar juga berbeda. Jadi L300 seakan berdiri sendirian di posisi itu, jadi walau penampilan L300 ya modelnya kuno gitu terus, tapi seolah-olah kayak gak ada saingannya. Jadi orang yang memilih pick up medium lebih memilihnya, padahal ada kompetitor lain dari isuzu dan dsfk.

Alasan lain kenapa L300 menjadi pilihan adalah mesinnya yang sederhana, gampang di service dan suku cadang juga tersedia cukup banyak. Bahkan L300 dapat dimodif jadi apa saja, mau mobil derek, mobil travel, mobil ambulance dan sebagainya juga bisa.

Tentu timbul pertanyaan lanjutan, kalau L300 masih diminati kenapa sih gak berbenah dan inovasi, membuat yang lebih baik dengan penampilan lebih fresh?



Kalau dilihat Isuzu Traga bisa dibilang menjanjikan, kalau tak berbenah bisa saja disalip dengan Traga dari segi penampilan yang lebih gagah.

Tapi sekali lagi dalam hal ini, mobil yang dibeli bukan berdasarkan penampilan tapi berdasarkan fungsinya. Maka, L300 tetap diminati walau gak ganti baju lebih fresh sekalipun. Apalagi pakai solar busuk juga bisa, jadi selama fungsi utama bisa diandalkan. Lain halnya mobil keluarga, penampilan bisa menjadi pilihan karena ada gengsi yang ikut menaikkan prestise.



Maka melihat hal ini pihak Mitsubishi, juga santuy aja dengan modelnya yang sudah 40 tahun lamanya. Toh untuk design baru tentu butuh biaya besar, dari riset hingga trial dan error! Apalagi tampang baru tidak menjamin produknya akan laku.

Apa ada mobil jenis lain yang designya tidak mengalami perubahan drastis?

Ada yaitu VW kodok, dari dulu hingga sekarang modelnya ya gitu-gitu aja. Dimana mobil ini pertama kali dirilis di jalanan Indonesia pada tahun 1950, namun kelahirannya dicatat sejak tahun 1930-an. Kalau diluar lebih dikenal dengan nama  VW Beetle, sampai 2003 ya modelnya ga ada perubahan.



Serupa dengan Mini cooper klasik, kalau ada perubahan juga minor. Sampai jadi ikon dalam film Mr. Bean.

Menariknya penampilan L300 dijiplak oleh Isuzu Bison, tetapi kalah laris. Ya, itu tadi kehandalannya L300 sudah diakui, apalagi harga Bison lebih mahal. Dan kekuatan merk juga mempengaruhi konsumen untuk membeli.

Apa tanggapan agan melihat hal ini?



Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2022
referensi : 1, 2, 3
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









azhuramasdaAdkhaHudabukan.bomat
bukan.bomat dan 17 lainnya memberi reputasi
18
6.5K
82
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread13.9KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.