• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Drone Kizilelma Sukses Uji Coba Terbang, Meski dengan Durasi yang Singkat

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Drone Kizilelma Sukses Uji Coba Terbang, Meski dengan Durasi yang Singkat
Quote:


Kilas balik pada 20 November 2022, waktu itu drone bermesin jet Bayraktar Kizilelma memulai uji taxiing, di mana drone mulai bergerak di landasan pacu memakai tenaganya sendiri. Dan belum genap sebulan uji taxiing itu dilaksanakan, pada 3 Desember 2022 lalu Kizilelma mulai menjalani uji coba terbang, meski dengan durasi yang sangat singkat.

Padahal sebelumnya CEO Baykar Makina yang juga merupakan mantu Presiden Erdogan menyebutkan jika, drone rancangan perusahaannya akan memulai penerbangan perdana pada tahun 2023. Dalam postingan di Twitter sang CEO menyebut jika penerbangan Kizilelma sukses. Dia juga tidak mengatakan alasan mengapa penerbangan drone tersebut sangat singkat. Dan apakah penerbangan ini sudah direncanakan, hal itu juga masih belum jelas.

Penerbangan yang sangat singkat dari Kizilelma dilakukan di Pusat Pelatihan dan Tes Penerbangan Akinci di Provinsi Tekirdag. Dalam video yang diunggah di Twitter, drone berhasil terbang dengan stabil dengan durasi singkat, dan pada akhirnya berhasil mendarat dengan kecepatan tinggi.

Quote:



F-16 Pernah Melakukan Hal Serupa Seperti Kizilelma


Zaman dulu gan, F-16 juga pernah melakukan penerbangan tak resmi pertamanya, lebih tepatnya waktu itu F-16 masih berwujud prototype pesawat yang bernama YF-16. Kejadiannya pada tanggal 20 Januari 1974, Phil Oestricher ditugaskan untuk melakukan tes taxiing (uji coba di darat) berkecepatan tinggi memakai YF-16 (prototype F-16) di Pangkalan Angkatan Udara Edwards. Oestricher adalah pilot uji yang sangat berpengalaman dengan General Dynamics, sebelumnya dia adalah pilot uji F-111 Aardvark.

Dan dalam uji coba tersebut, Phil menekan tongkat kecil di kokpit YF-16 untuk mengukur roll responsepesawat, yang merupakan prosedur dalam penerbangan. Saat tongkat ditekan ternyata pesawat jadi tidak terkendali, dengan elevator (ekor pesawat) sebelah kanan menyentuh landasan pacu. Phil pun berjuang keras untuk mengendalikan pesawat, sebelum sayap pesawat juga ikut menyentuh landasan pacu; dan mengakibatkan kecelakaan.

Phil akhirnya mengambil keputusan untuk menerbangkan pesawatnya, dan mengendalikan kontrol pesawat saat berada di udara. Keputusan itu sangat tepat, pasalnya jika dia tetap berada di darat, YF-16 akan mengalami kecelakaan. Yang mengakibatkan hancurnya pesawat dan program YF-16 itu sendiri. Sebagai tambahan informasi, tongkat kecil yang ditekan Phil waktu itu terintegrasi dengan sistem kontrol penerbangan pesawat (fly by wire), dan merupakan hal yang baru waktu itu. Sehingga hal itu menyebabkan pesawat jadi tidak terkendali.

Di sisi lain, YF-16 sendiri secara resmi terbang untuk pertama kali pada 2 Februari 1974, sementara penerbangan pada 20 Januari 1974 adalah penerbangan tidak resmi serta tidak disengaja.

Quote:



Referensi Tulisan: Duotech
Sumber Foto: sudah tertera di atas
Diubah oleh si.matamalaikat 05-12-2022 08:46
buday.cocoprovocator.3301mamahku14
mamahku14 dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.9K
31
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.