valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
HRS Ngaku Tak Akan Hadir Reuni 212 dalam Bentuk Demo: Kalau Ikut, Dipenjara


Jakarta - Habib Rizieq Shihab (HRS) sempat menceritakan kepada peserta Reuni 212 soal keraguannya menghadiri Reuni 212 di Masjid At-Tin pagi ini. Bahkan, Habib Rizieq mengaku terlebih dulu konsultasi dengan pengacara sebelum menghadiri acara Reuni 212.

"Saya konsultasi dengan para pengacara nih kalau saya datang ke reuni, ini pelanggaran hukum apa bukan, ini yang jadi persoalan, kalau pelanggaran besok PB (pembebasan bersyarat) saya dibatalkan, besok saya dicomot lagi untuk dimasukkan ke penjara selama satu tahun, tapi kalau bukan pelanggaran hukum nggak ada masalah," kata Habib Rizieq saat memberikan tausiyah di depan jemaah Reuni 212, di Masjid At-Tin, Jakarta Timur, Jumat (2/12/2022).

Habib Rizieq mengaku bertanya kepada pengacara agar bisa lebih waspada menghadiri acara publik. Dia lantas mendapat penjelasan bahwa sebetulnya secara de jure atau secara hukum hadir Reuni 212 tidak melanggar, termasuk melakukan demonstrasi.

"Itu secara de jure, tapi secara de facto itu bisa menjadi masalah kalau ada orang-orang yang tidak suka (lalu) mempermasalahkan. Karena itu pengacara mengatakan 'gini aja Habib', usul dari pengacara 'Habib tanya dulu, itu mereka bikin reuni bentuknya bagaimana? Kalau bentuknya demo, aksi di jalan sebaiknya Habib jangan ikut', oh pengacara tolak keras jangan ikut," jelasnya.

"Walau secara hukum boleh, asal demonstrasi ada pemberitahuan ke polisi. Tapi demo itu riskan, ada satu yang nimpuk bisa ribut, kalau terjadi keributan, Habib kena, demonstrasi itu riskan karena ada orasi politik di mobil komando, begitu ada orasi politik dan dianggap tidak menyenangkan, saudara, bahkan dianggap provokasi ke masyarakat, walau bukan saya yang bicara, tetap saya akan dipermasalahkan, maka pengacara bilang jangan ikut kalau demo, udah nggak usah ikut meski disebut demo damai, karena riskan, bisa terjadi sesuatu," lanjut dia.


Karena itu lah, Habib Rizieq menyebut sebetulnya dirinya keberatan mengikuti Reuni 212 jika bentuknya demonstrasi. Namun demikian, setelah berdiskusi dengan panitia, Habib Rizieq menyebut Reuni 212 ternyata bukan berbentuk demonstrasi.

"Kalau bentuknya seperti yang lalu lalu, dulu pernah ada reuni kan, kalau bentuknya salat tahajud, salat subuh, zikir, ah itu nggak ada masalah, yang penting tausiahnya tausiah keagamaan, jangan jadi orasi kayak demonstrasi, jadi ini arahan para pengacara, saya terima, karena pengacara lebih paham soal hukum nasional. Begitu kita sudah diskusi, berapa hari panitia datang sebelum acara? 3 hari sebelum acara, para panitia datang ke rumah saya bersama tokoh-tokoh 212 yang pernah ikut di tahun 2016, datang ramai-ramai sampaikan hajatnya," tuturnya.

Habib Rizieq lantas mewanti-wanti bahwa dirinya bisa terancam kembali dipenjara jika Reuni 212 hari ini berujung menjadi persoalan.

"Saya jawab dengan jawaban pengacara, saya bilang 'kalau bentuknya demo, aksi, maaf, saya tidak terima', bukan persoalan saya takut, bukan persoalan saya nggak berani, persoalannya ini strategi dakwah, strategi perjuangan, karena begitu saya ikut saya dipenjara lagi 1 tahun, saya nggak bisa kumpul gini sama umat," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-6438...ikut-dipenjara

Katanya singa Allah.. Tapi (masih) takut kalo d penjara lagi.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh valkyr9 02-12-2022 03:06
estilo.com
damel88
anu.ku.l
anu.ku.l dan 10 lainnya memberi reputasi
11
2.9K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.7KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.