ih.sul
TS
ih.sul
Lulusan Pesantren Bisa Kerja Apa?


Saya cukup sering melihat pertanyaan seperti ini. Mungkin banyak yang menganggap bahwa pesantren merupakan sebuah sekolah yang separuh kurikulumnya adalah pembelajaran agama (dan memang benar demikian). Dengan kurikulum seperti itu tentunya akan sulit bagi lulusan pesantren untuk bersaing (secara akademik) dengan sekolah pada umumnya.

Apa benar seperti itu?

Kebetulan kakak saya adalah seorang lulusan pesantren. Lulus dari pesantren dia masuk ke sebuah universitas bernuansa islami dan sekarang bekerja sebagai guru di sebuah sekolah yang juga bernuansa islami (madrasah). Saat saya tanya seperti apa kabar teman-teman seangkatannya ada empat jawaban yang paling banyak ditempuh dibanding yang lain: ibu rumah tangga, PNS, guru, dan ustad (memangnya ustad pekerjaan?).



Meski demikian tak sedikit teman-temannya yang melanjut ke universitas dan akhirnya menjalani pekerjaan-pekerjaan yang sama dengan kebanyakan orang lain. Pegawai bank, teknisi, pengusaha, bahkan youtuber. Namun, kakak saya tidak menyangkal kalau lulusan pesantren kebanyakan akan bekerja di bidang-bidang berbau keagamaan.

Mungkin banyak yang melontarkan pertanyaan seperti di judul karena mengira pesantren itu isinya cuma tentang menghafal Al-Quran dan mempelajari seluk beluk agama. Kenyataannya, kebanyakan pesantren juga mengajarkan ilmu-ilmu seperti matematika dan fisika yang memungkinkan mereka untuk melanjut ke universitas. Setelah di universitas kebanyakan lulusan pesantren akan membaur dengan mahasiswa-mahasiswa lain dan mengejar karir layaknya murid biasa.



Di sisi lain, banyak juga masyarakat yang menilai tinggi lulusan pesantren. Tetangga saya yang bersekolah di pesantren kota besar sering kali diminta untuk mengisi pengajian atau ceramah setiap kali dia pulang. Saking seringnya dia akhirnya memilih menjadi ustad yang pergi ke sana kemari untuk membawakan ceramah setelah lulus dari pesantren. Pekerjaan yang cukup menjanjikan karena yang namanya pemuka agama pasti dicari di mana-mana.

Yang paling harus diwaspadai tentunya adalah pesantren-pesantren yang mempengaruhi murid didiknya dengan paham yang tidak benar. Tentunya kita tahu tentang berita-berita pencabulan di pesantren yang tak kunjung habisnya serta ulama-ulama palsu yang beredar di sekitar kita. Karena pesantren merupakan lingkungan tertutup yang jauh dari pengawasan orangtua maka sangat mudah bagi ajaran sesat untuk menyebar.



Dan jika yang seperti itu benar-benar terjadi maka jangan heran bila negara ini akan terus diributkan dengan isu-isu agama seperti bolehkan berteman dengan non-muslim atau bolehkan mengucapkan selamat natal. Hal-hal yang sebenarnya tidak penting tapi terus saja dibahas oleh orang-orang yang butuh kerjaan.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 12-05-2023 09:44
provocator3301h.suhengkisyaifulliman
syaifulliman dan 13 lainnya memberi reputasi
14
4.3K
93
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.