kipas.angin.199Avatar border
TS
kipas.angin.199
MUI Bangka Belitung Tegaskan Wisata Halal Bukan Kegiatan Islamisasi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Majelis Ulama Indonesia atau MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kini tengah menggagas sektor kepariwisataan di daerah itu agar mampu menjadi destinasi pari wisata halal tingkat nasional.

Ketua MUI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zayadi menegaskan, wisata halal bukan merupakan kegiatan Islamisasi pariwisata atau bahkan mengubah objek wisata menjadi halal. Melainkan upaya memberikan kelengkapan layanan bagi wisatawan Muslim di objek wisata.

“Seperti tersedianya musala, tempat wudu, tersedianya makanan yang halal,” jelas Zayadi kepada  Bangkapos.com, Kamis (1/12/2022).

Menurutnya, objek wisata halal akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara karena tidak didapati di negaranya. 
emoticon-Ngakak (S)

Diharapkan masyarakat dapat mendukung pengembangan wisata halal guna kepentingan pembangunan. Wisata halal berarti menjangkau dan menarik wisatawan muslim datang berkunjung ke suatu objek wisata.

Konteks wisata halal sendiri ada pada layanan, bukan mengubah objek atau alam wisata lainnya. Banyaknya wisatawan muslim membutuhkan beberapa hal penting terkait ajaran agama yang harus dipatuhi.
Mulai dari arah kiblat, tempat salat, makanan dan minuman halal serta level kesehatan lingkungan dan higienitas makanan. 
emoticon-Cape d...

“Awal contoh pengembangan wisata halal akan di mulai dari desa atau kampung wisata halal yang sudah dibentuk di masing-masing daerah untuk mempermudah penerapan karena sebagian sudah didukung infrastruktur,” papar Zayadi.

Lebih jauh menurutnya, wisata halal juga bukan membatasi gerak-gerik wisatawan. Turis-turis terutama turis asing tetap bebas menjalankan kebiasaan saat berwisata.

Selain berkaitan dengan urusan makanan dan minuman dan pengelolaan destinasi, pari wisata halal juga berkaitan bagaimana di destinasi wisata halal terdapat perbankan syariah atau pengelolaan keuangan bersyariah. 
emoticon-Ngakak

Bahkan, bila perlu ada paket tour wisata syariah, pemandu yang bersertifikasi. Tidak kalah penting dari pari wisata halal bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih, terutama dari sampah.

“Kearifan lokal merupakan khas utama, jadi setiap desa atau kampung yang kami identifikasi punya ciri khas sendiri,” ucapnya.

Meskipun demikian kata Zayadi, masih banyak pekerjaan rumah yang harus dikerjakan. Terutama para usaha mikro kecil dan menengah atau UMKM harus fokus dengan pengadaan sertifikat halal untuk mendukung produk-produk yang akan ditawarkan.



Semangat pelaku UMKM juga sangat mendukung pengembangan kampung wisata halal. Ini dapat dilihat dari semangat pelaku sektor itu yang melengkapi produk usahanya dengan sertifikat halal.

Tercatat dari 2.400 lembar sertifikat halal yang diterbitkan MUI Bangka Belitung, diketahui lebih dari 70 persen dikuasai dari produk UMKM.



Program pengembangan wisata halal diharapkan dapat membentuk kesadaran dan pola pikir masyarakat mengenai wisata halal, dengan konsep pemberdayaan masyarakat sebagai pelaku usaha sehingga mampu menarik wisatawan.



“Ke depan ini akan konsentrasi dengan pengembangan sertifikat halalnya, agar saat kita ke lokasi wisata halal semuanya sudah tersertifikasi halal,” kata Zayadi.


Artikel ini telah tayang di [url=https:][color=#016fba]BangkaPos.com[/color][/url] dengan judul MUI Bangka Belitung Tegaskan Wisata Halal Bukan Kegiatan Islamisasi, https://bangka.tribunnews.com/2022/12/01/mui-bangka-belitung-tegaskan-wisata-halal-bukan-kegiatan-islamisasi?page=2.
Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati



Inti dari Tujuan Oligarki Syariah Islam Moderat dengan segala Gimmick nya menurut ane ada tiga tahap yang ujung ujungnya duit:

1. Untuk Tahap Awal Mereka ingin mendapatkan DUIT mudah dari APBN melalui Program Halal nya. 
2. Setelah Itu mereka ingin dengan mudah cari DUIT dengan bayaran dari masyarakat/pengusaha untuk melakukan sertifikasi syariah/halal.
3. Setelah Ekosistem ekonomi syariah terbentu, kelompok mereka akhirnya bisa dapat DUIT dengan mudah. 


Memahami Islam moderat itu nggak sesusah yang kita bayangkan sebagaimana islam radikal yang banyak berhubungan dengan idealisme dan ideologis.
emoticon-Ngakak



Quote:


Quote:
Diubah oleh kipas.angin.199 02-12-2022 00:10
aldonistic
anu.ku.l
viniest
viniest dan 12 lainnya memberi reputasi
13
2.6K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.