mobilman.idAvatar border
TS
mobilman.id
Wow! Mobil Listrik Buatan ITS Ini Bisa Melaju 100 KM/Jam
Mobil listrik ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) akhirnya muncul. Mobil listrik ini diberi nama MEvITS, singkatan dari Multipurpose Electric Vehicle ITS.

Mobil listrik pikap ini bisa melaju jauh hanya dengan sekali ngecas. ITS Surabaya merilis mobil listrik multiguna, Minggu (27/11/2022).

Menurut Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng, MEvITS dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Ia mengklaim desainnya elegan dan menarik dengan hanya waktu 6 bulan pembuatan.

Bagi dia hal tersebut yang membuat MEvITS tak hanya cocok mengangkut barang, melainkan juga digunakan sebagai mobil penumpang.

“Kami bekerja sama dengan beberapa startup ITS, MEvITS menjadi suatu mobil listrik berkonsep pickup yang tangguh, hemat energi, elegan, serta stylish,” kata Eng mengutip keterangan ITS, Senin (28/11/2022).

ITS baru mengurai jika mobil listrik ini didesain berpenggerak motor listrik 10 kW, kapasitas baterai 20 kWh serta mampu melaju hingga 100 kilometer per jam. Mobil ini diakui dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dengan satu kali pengisian baterai.

MEvITS diharapkan dapat dijangkau masyarakat luas karena akan dijual dengan harga “murah” atau di bawah mobil listrik lain di Indonesia.“Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar,” kata Eng.

Dengan bobot total 850 kilogram, mobil listrik ITS ini mampu mengangkut muatan hingga 500 Kg. Memakan biaya produksi berkisar 350 juta, Harus mengaku masih melakukan impor beberapa komponen seperti baterai.

MOBIL BEKAS DIJUAL:

HONDA CR-V

TOYOTA AGYA

SUZUKI ERTIGA

“Struktur dan body ini kita desain khusus pakai struktur ringan rangka atap gitu. Kita desain sedemikian rupa sehingga dia kuat,” ujar Prof Harus.

“Semuanya produk lokal, tapi ada impor seperti baterai kita masih ambil, kita bisa bikin tapi tidak bisa berfungsi maksimal dan ongkos produksinya mahal, budgetnya minim ini terbatas habis Rp 350 jutaan, di luar jasa analis, reset, dan lain-lain. Mobil listrik ini yang mahal di motor listrik dan baterai. Motor listriknya 15-20 juta, baterainya 60 jutaan,” tambahnya.

Mobil Listrik ITS Masih Disempurnakan

Kepala Departemen Teknik Mesin ITS Atok Setyawan menambahkan saat ini mobil yang memiliki daya 20 kWh tersebut masih dalam tahap penyempurnaan. Belum terdengar rencana perusahaan ingin memproduksi massal agar mobil dapat dijual.

“Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat,” tutup Atok.

Peluncuran mobil listrik ITS MPV MEvITS karya sivitas akademika ITS tersebut dilakukan bersamaan dengan perhelatan tahunan temu alumni Teknik Mesin ITS yang bertajuk “Pulang Bengkel”. Peluncuran pun disaksikan oleh alumni Teknik Mesin dari berbagai angkatan.


LINK ARTIKEL ASLINYA GAN




jlamp
bang.toyip
tinusklaten
tinusklaten dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.5K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.