valkyr9Avatar border
TS
valkyr9
Jadi Idola Warga Sumbar, Anies Diprediksi Bisa Panen Suara Jika Maju pada 2024


Suara.com - Anies Baswedan disebut begitu di populer di antara masyarakat Sumatra Barat, dan ia diprediksi dapat menjadikan provinsi Sumbar sebagai lumbung suara pada pemilihan presiden 2024.

Hal ini disampaikan oleh pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul. Seperti diberitakan Warta Ekonomi pada Kamis (1/12), Najmuddin meyakini Anies akan meraih suara yang besar di Sumbar jika ia akhirnya mencalonkan diri sebagai calon presiden. Anies dikatakan populer di sana karena dikenal sebagai pemimpin yang dekat dengan umat Islam.

"Pemilih Sumbar baik pemilih pemula maupun pemilih senior, bahkan undecided voters, cenderung rasional. Anies sudah menjadi idola oleh warga Sumbar. Kehadiran Anies cenderung semakin memantapkan pilihannya, dan Sumbar menjadi lumbung suara Anies," ujar Najmuddin.

Sebelumnya, Anies telah dikonfirmasi akan datang ke beberapa kota di Sumbar, termasuk Padang dan Padang Panjang.

Menurut Najmuddin, usai Partai Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai bakal capres, baliho bergambar politikus itu sudah memenuhi jalanan di Sumbar.

Pengamat politik itu juga menjelaskan bahwa pemilih di Sumbar memiliki kecenderungan untuk memilih sosok figure ketimbang partai. Itulah mengapa, mayoritas warga Sumbar memilih Susilo Bambang Yudhoyono pada pemilihan umum tahun 2004 and 2009.

Sementara itu, pada pemilu 2014 dan 2019, sosok Prabowo Subianto menang secara telak di Sumbar. Dan untuk pilpres edisi mendatang, Najmuddin optimis Anies akan mengamankan mayoritas suara jika ia jadi maju sebagai capres.

"Berdasarkan beberapa hal survei menunjukkan bahwa Anies cenderung meningkat elektabilitas dan popularitasnya," ucap Najmuddin.

https://www.suara.com/news/2022/12/0...maju-pada-2024

Hah.. Pemilih sumbar cederung rasional??.. emoticon-Ngakak (S)

Mengidolakan anies = rasional??.. emoticon-Malu (S)




emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)emoticon-Ngakak (S)
voorvendetta
viniest
itkgid
itkgid dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.7K
82
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.