• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Beli Mobil Hybrid Cuma Di Pakai Week End Aja? Ini Kekurangannya!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Beli Mobil Hybrid Cuma Di Pakai Week End Aja? Ini Kekurangannya!


Masih dari yang saya amati tentang perkembangan teknologi mobil Hybrid, dimana kita tahu sumber gerak mobil itu ditenagai oleh bahan bakar bensin dan listrik (yang tersimpan didalam baterai). Merawat kedua sumber energi ini tentu sangat penting karena keduanya saling mengisi, men-supply energi tadi menjadi gerak.

Untuk isu pemeliharaan mesin bahan bakar bensin mungkin kita sudah tidak asing lagi seperti tetap menggunakan bensin yang berkualitas sesuai kompresinya, perawatan filternya, kebersihan tangkinya tapi berbeda ketika kita memiliki mobil hybrid. Selain tetap memelihara kualiitas mesin bahan bakar bensin tadi ternyata kita juga harus bisa merawat baterai listrik agar tetap prima. 2 pekerjaan sekaligus.

Pemeliharaan baterai tentu tidak kalah penting, seperti beberapa reviewer otomotif mengatakan tips sederhana yaitu jangan mengisi sampai full 100% saat charge baterai, jarang melakukan perawatan pembersihan saluran udara (filter) pada sistem pendingin baterai. Filter yang kotor pada saluran udara tadi akan menghambat proses pendinginan baterai akibatnya baterai jadi cepat panas.



Potensi lain baterai mobil hybrid jadi cepat rusak adalah pemilik mengganti aki tidak sesuai standarnya. Aki pada baterai mobil hybrid dari apa yang saya tahu ternyata ada 2 buah, ukuran besar dan kecil. Aki kecil untuk menyalakan mesin bakarnya dan aki besar untuk menampung arus listrik penggerak motor.

Menurut info yang saya dapat jika aki kecil ini rusak lalu diganti aki jenis biasa atau tidak sesuai dengan standarnya, maka hal itu justru akan menyebabkan baterai pada mobil hybrid jadi lebih cepat rusak.

Kalau diperhatikan, pada aki kecil dilengkapi dengan saluran pembuangan uap asam yang dihasilkan oleh aki, ketika mengganti dengan aki biasa maka uap asam itu akan menimbulkan karat pada beberapa bagian aki.

Letak aki yang tidak mudah dilihat oleh orang awam tanpa sadar kelamaan mulai timbul karat pada setiap konektor akibatnya baterai tidak terisi listrik secara maksimal. Siap-siap membeli baterai baru.



Yang terakhir yang perlu kita ketahui adalah jika memiliki mobil hybrid termasuk mobil listrik (mungkin) jika hanya dipakai sekali dua kali dalam sebulan selama bertahun-tahun wajib waspada.

Meskipun garansi baterai cukup lama sampai tahunan bisa jadi baterai segera minta ganti baru karena baterai tanpa sepengetahuan kita mulai kekurangan arus listrik.

Seperti halnya aki konvensional pada mobilnya jarang dipakai, bukan saja butuh pengisian arus listrik yang memadai tapi umur baterai meski sering berada digarasi akan tetap berjalan, belum lagi suhu tidak ideal digarasi ikut berpengaruh memperpendek usia baterai.




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-11-2022 04:57
kyoshihamz
eno.niken
davecchio
davecchio dan 8 lainnya memberi reputasi
9
3.7K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.6KThread14.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.