xianying21Avatar border
TS
xianying21
Deretan Hape Esia Lawas yang Dulu Merakyat, Kini Sudah Lenyap


Setelah sebelumnya membahas tentang hape jadul seperti Blackberry dan para penirunya yang pernah populer di awal tahun 2010an, sekarang saatnya bahas tentang hape Esia. Hape murah yang dulu ada sejak tahun 2000an dan sempat meluncurkan berbagai produk hape murah untuk kalangan menengah ke bawah. Dulu harganya bahkan ada yang dua ratus ribuan saja, paling mahal sekitar lima ratus ribuan dan itu pun tarif SMS-nya juga murah karena dihitung per karakter.

Esia di bawah Bakrie Telecom memang dikenal sebagai provider telekomunikasi jalur CDMA yang pernah menawarkan tarif nelpon dan SMS murah serta menjual hape bundling yang harganya merakyat. Untuk mengingatnya kembali, ayo kita lihat yang berikut ini.

Esia Ngoceh


Produk ini adalah feature phone yang diluncurkan pada tahun 2008, Esia bekerjasama dengan Huawei dengan meluncurkan Esia Ngoceh. Hape biasa dengan fitur dasar telepon dan SMS, harganya Rp. 199.000 saja dan sudah termasuk kartu Esia plus bonus nelpon gratis. Disebut Esia ngoceh karena terdapat bonus banyak untuk nelpon gratis ke sesama Esia. Pernah punya?

Esia Starlight


Hape ini diluncurkan pada tahun 2010 dengan harga Rp. 199.000. Keunggulannya adalah desainnya yang kelap-kelip sehingga dikhususkan untuk anak muda. Adapun fiturnya adalah fitur-fitur yang menjadi tren pada saat itu seperti Facebook, Twitter, Yahoo! Messenger, dan FM Radio. Dengan harga segitu, fiturnya memang lumayan keren pada zamannya.

Esia Slank


Esia Slank diluncurkan pada awal 2009 dengan bekerjasama dengan Huawei. Sesuai dengan namanya, hapenini ditujukan untuk para penggemar Slank dengan harga Rp. 299.000. Dari desainnya saja sudah ada logo Slank dengan nuansa warna biru dan putih. Fiturnya tak jauh dari konten-konten band Slank.

Esia Gayaku FM


Hape Esia ini dirilis pada akhir tahun 2009, ketika Facebook mulai merebak di Indonesia. Pada tahun tersebut Android baru saja menetas, harganya masih sangat mahal maka dari itu Esia masih menjadi primadona karena harganya yang murah seperti kacang rebus. Esia Gayaku FM dulu dijual dengan harga Rp. 299.000 saja. Dengan gaya trendi warna-warni, hape ini punya fitur FM Radio dan Facebook.

Esia QWERTY Games

Diluncurkan sekitar tahun 2011, Esia qwerty games adalah hape bergaya ala Blackberry yang menjual fitur game Java resmi EA di dalamnya. Ada sekitar 30 game resmi EA versi Java seperti Call of Duty dan The Sims versi hape, tapi harus bayar dulu. Ya emang saja bohong sih. Harganya adalah sekitar Rp. 500 ribuan dengan berbagai fitur lainnya.

Esia Hidayah


Ya, inilah Esia legendaris yang dikenang masyarakat Indonesia terutama yang beragama Islam. Esia Hidayah series dirilis pada 2008 dengan menyediakan fitur Islami seperti Al Qur'an, kumpilan Hadits, ceramah dari para da'i terkenal, dll. Hape ini cukup fenomenal ketika diluncurkan dan kemudian menyusul seri lainnya seperti Esia Hidayah khusus untuk anak-anak Muslim sampai dengan versi qwerty dengan fitur yang lebih lengkap. Sekarang mah kalau pengen ngaji di hape ya tinggal download Al Qur'an di Play Store.

Esia Kasih


Esia Kasih adalah versi Kristen dari seri Esia Hidayah. Fitur-fiturnya adalah doa-doa dari Alkitab dan nada dering dengan lagu Kristiani. Tentunya hape ini ditujukan bagi masyarakat yang beragama Kristen.

Esia Fu


Kalau yang satu ini, adalah hape Esia edisi Imlek yang dirilis pada tahun baru Imlek 2009. Nuansanya sangat kental dengan chinese dan tahun baru imlek.

Akhir dari Esia

Bakrie Telecom memutuskan untuk menutup layanannya pada 2015 karena pengguna yang sedikit dan jalur CDMA yang akan ditutup karena akan digunakan untuk 4G. Sejak 2016, Esia dan CDMA pun lenyap dari udara Indonesia. Sedangkan, Smartfren saat itu sudah berpindah ke 4G LTE dan ada sampai sekarang.

Ayo share di mari gan, hape apa Esia apa yang pernah punya? emoticon-Leh Uga





Sumber Referensi


provocator3301
anonymous987
FelisCatus
FelisCatus dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.9K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.