santrilakilaki
TS
santrilakilaki
Ponpes Ta'mirul Islam Sragen Keluarkan Santri Diduga Aniaya Juniornya hingga Tewas


SOLO, KOMPAS.com - Pondok Pesantren (Ponpes) Ta'mirul Islam, Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, bersikap tegas atas kasus yang melibatkan santrinya yang meninggal dunia pada Kamis (24/11/2022).

Santri Pondok Pesantren (Ponpes) berinisial DWW (14) dinyatakan meninggal dunia, setelah diduga mendapatkan penganiayaan oleh seniornya MHN (16), yang melakukan aksi tendang dan pukul di bagian dada korban.

Permintaan maaf ini diungkapkan oleh Anggota Forum Masyayikh (sesepuh) Ponpes Ta’mirul Islam Muhammad Wazir Tamam. Dia mengatakan pihaknya telah menjatuhkan sanksi terhadap pelaku.

Selain DWW yang telah ditetapkan tersangka, terdapat dua santri yang terlibat penganiayaan tersebut.

"Ada tiga anak, itu kita lihat dari tingkat kesalahannya. Yang satu sudah kita kembalikan kepada orangtua. Kita keluarkan. Bagaimana pun mereka kan wajib lapor," kata Muhammad Wazir Tamam, Kamis (24/11/2022).

Sedangkan untuk santri lainnya mendapatkan sanksi lebih ringan dengan menjalani karantina di Ponpes Ta’mirul Islam Pusat di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Kita karantina agar anak-anak yang lain tidak terlalu marah. Dua anak ini kan ikut menendang. Keterlibatannya sejauh mana akan kita buka lagi," jelasnya.

Di sisi lain, pelaku merupakan pengurus Organisasi Santri Ta’mirul Islam (OSTI) yang bertugas menggerakkan para santri untuk mengikuti semua aturan pesantren.

Termasuk memberi hukuman terhadap santri yang lalai menjalankan tugas piket. OSTI beranggotakan santri-santri senior.

"Dalam jangka waktu dekat ini pengurus OSTI kita bekukan. Bagaimanapun, mereka juga harus ikut bertanggung jawab," jelasnya.

Saat ini pemantauan dilaksanakan langsung oleh para pengajar agar tidak terjadi kejadian serupa.

Wazir mengeklaim pihaknya sudah tidak memberlakukan hukuman fisik di lingkungan pondok.

"Pemberian hukuman untuk yang melanggar pasti ada. Tapi tidak dalam bentuk fisik. Biasanya dalam disuruh menghafal, membersihkan WC. Itu tegas kita imbau," ucap Wazir.

https://amp.kompas.com/regional/read...iornya-hingga?
nurade247nomorelies
nomorelies dan nurade247 memberi reputasi
2
793
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.