• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kebaya Merah Viral Di Indonesia, Singapura Segera Daftarkan Kebaya Ke UNESCO

albyabby91Avatar border
TS
albyabby91
Kebaya Merah Viral Di Indonesia, Singapura Segera Daftarkan Kebaya Ke UNESCO
Setelah kasus Kebaya Merah Viral dan menghebohkan publik Di jagat dunia maya Indonesia, Malah Singapura Yang Daftarkan Kebaya Ke UNESCO

Sebuah berita yang cukup menggegerkan baru-baru ini bahwa Singapura dan tiga negara lainnya di Asia Tenggara mengklaim kebaya sebagai warisan budaya lokal mereka dan berencana mendaftarkannya pada organisasi PBB, UNESCO. Hal ini tentu saja menimbulkan pertanyaan besar. Apa maksud dari pemerintah singapura mengajak tiga negara lain untuk mengklaim dan mendaftarkan kebaya. Padahal, jika ditelisik lebih jauh yang paling mempopulerkan kebaya adalah Indonesia, khususnya di pulau Jawa. Meskipun tidak ada sumber yang secara spesifik mengatakan demikian, namun kebaya sudah lekat dan dianggap sebagai warisan kebudayaan lokal Indonesia.

Informasi mengenai rencana ini disampaikan langsung oleh Dewan Warisan Nasional (NHB) Singapura pada hari Rabu, 23 November 2022. Secara jelas Dewan tersebut melalui CEO NHB menyampaikan bahwa kebaya merupakan jenis pakaian yang mewakili dan merayakan sejarah dalam kebudayaan Singapura yang multietnis dan sebagai daerah transit tempat singgah dan berkumpulnya banyak kebudayaan baik lokal maupun peranakan. Disampaikan juga bahwa kebaya adalah fashion yang lekat dengan identitas Melayu, peranakan dan komunitas lainnya yang mendiami Singapura.

Mendengar hal ini rasanya kita sebagai orang Indonesia pasti bakal merasa sedikit terganggu. Betapa tidak, kebaya yang sudah menjadi simbol dari peradaban dan kebudayaan perempuan Indonesia dan turun temurun sejak dari sebelum adanya republik ini kok bisa-bisanya di daftarkan oleh pihak lain tanpa konfirmasi atau izin dari negara kita dulu. Ini rasanya seperti sebuah tamparan keras bagi kita sebagai bangsa. Setidaknya, sebagai negara yang menjadikan kebaya sebagai pakaian resmi nasional dan simbol fashion wanita modern Indonesia.

Di sisi lain, pemerintah kita terkesan kurang peduli terhadap pelestarian dan pengembangan budaya lokal. Meskipun Kementerian Pariwisata sudah menggenjot beberapa program untuk meningkatkan daya saing wisata lokal tetapi rasanya belum banyak menyentuh yang berkaitan dengan kearifan lokal.

Mengenai klaim dan rencana pendaftaran kebaya oleh Singapura dan tiga negara lainnya ini harusnya disikapi dengan serius oleh pemerintah Indonesia. Kementerian terkait perlu meminta klarifikasi mengenai hal ini. Apa maksud yang melatarbelakangi ini dan mengapa tidak melibatkan Indonesia.

Sebagai salah satu orang yang juga konsern terhadap pelestarian dan penjaga nilai-nilai budaya asli Indonesia, saya sendiri sih merasa agak risih membaca berita tentang klaim Singapura terhadap kebaya ini. Walaupun kebaya sebenarnya identik dengan budaya Jawa dan Sunda, namun saya juga ikut merasa kalau kebaya sudah menjadi milik bersama dalam masyarakat Indonesia.

Nah bagaimana menurut agan dan sista, perlu gak Singapura dimintai klarifiksi mengenai hal ini? Atau Indonesia ikut gabung saja untuk sama-sama mendaftarkan kebaya ke UNESCO? Silahkan berpendapat.

Sumber :

Ulasan pribadi diolah dari berbagai referensi

https://www.facebook.com/17353926534...fX383QgV9pjAl/

https://www.cnnindonesia.com/interna...-indonesia/amp
Diubah oleh albyabby91 24-11-2022 14:14
penikmatbucin
jiresh
tumiskecap
tumiskecap dan 15 lainnya memberi reputasi
16
3.9K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.