• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengingat Lagi 14 Kamen Rider yang Pernah Tayang di Indonesia (1994-2022)

xianying21Avatar border
TS
xianying21
Mengingat Lagi 14 Kamen Rider yang Pernah Tayang di Indonesia (1994-2022)


Kamen Rider bisa dibilang menjadi tokusatsu terpopuler. Tak hanya di Jepang, tapi juga di berbagai negara di Asia termasuk Indonesia. Kamen Rider memang target penontonnya untuk anak-anak sampai remaja, namun tak sedikit orang dewasa yang menyukainya karena tokusatsu termasuk Kamen Rider adalah salah satu bentuk seni dalam serial televisi Jepang.

Nah, Kamen Rider sendiri telah melahirkan puluhan seri sejak diperkenalkan pertama kali pada 1971 oleh Shotaro Ishinomori dan kemudian bekerja sama dengan Toei Company. Sebetulnya cukup banyak seri Kamen Rider yang pernah tayang di Indonesia dari awal 1990an sampai sekarang. Untuk mengingatnya kembali, berikut ini ane buatkan daftarmya.

Black


Ini dia Kamen Rider yang pertama kali tayang di Indonesia dan juga menjadi yang paling terkenal dengan nama Ksatria Baja Hitam. Kamen Rider Black tayang di RCTI untuk pertama kalinya sekitar tahun 1994 dan ditayangkan pada sore hari. Ksatria Baja Hitam memang menjadi salah satu ikon di era 90an dan juga di era keemasan tokusatsu di layar televisi tanah air.

Black juga menjadi Kamen Rider pertama yang tayang di Indonesia meskipun ini adalah serial KR yang kedelapan. Oh iya, Black juga pernah ditayangkan di Indonesiar pada 2004-2005 dan RTV pada tahun 2020.

Black RX


Kelanjutan dari Kotaro Minami dalam memberantas monster jahat. Black RX ditayangkan oleh RCTI sekitar tahun 1995 dana sama suksesnya dengan pendahulunya. Kala itu serial ini sangat fenomenal sampai-sampai muncul berbagai mainan dan merchandise bertema Ksatria Baja Hitam RX. Serial ini sempat ditayangkan kembali oleh RTV pada tahun 2020 yang lalu.

Super 1


Karena Black dan Black RX merupakan seri KR terakhir era Showa, maka tak ada lagi yang baru. Membuat RCTI menayangkan serial sebelumnya yaitu Super 1 atau Super One. Tapi RCTI menggantinya dengan judul Kstaria Baja Hitam Super One, padahal jelas-jelas warnanya bukan hitam. Penayangan Super One di RCTI tidak sesukses Black dan Black RX, mungkin karena memang karena downgrade dari segala sisi. Selain itu Super 1 juga menjadi KR Showa terakhir yang tayang di Indonesia.

Kuuga


Kuuga adalah serial KR pertama di era Heisei. Kuuga tayang di RCTI sekitar tahun 2001 dan tontonan favorit anak-anak kala itu. Kuuga juga menjadi KR yang mendapatkan upgrade dan perubahan lebih modern dari pendahulunya. Ceritanya pun tidak monoton seperti KR era Showa tapi di sisi lain tidak terlalu warna-warni seperti KR zaman sekarang.

Agito



Serial KR ke 11 ini merupakan penerus Kuuga dan punya bentuk yang mirip, tema ceritanya juga mirip. Di Jepang, Agito tayang pertama kali pada 2001 sementara di Indonesia, Agito ditayangkan di Indosiar pada 2005 dan juga pernah ditayangkan di saluran Spacetoon.

Ryuki


Kamen Rider dengan konsep unik ini, pernah ditayangkan di RCTI sekitar tahun 2004 dan ditujukan untuk anak-anak. Padahal, cerita Ryuki cukup rumit dan bikin mumet untuk ditonton oleh anak-anak dan lebih cocok untuk remaja dan orang dewasa. Kamen Rider Ryuki bercerita tentang 13 Rider yang harus membunuh satu sama lain agar bisa mendapatkan satu permintaan untuk bisa dikabulkan.

555


Kamen Rider Faiz atau 555 adalah serial KR yang ketiga belas. Punya cerita yang cukup kelam dan serius. Selain itu ini adalah Kamen Rider yang cukup realistis dan bertema fiksi ilmiah. Faiz ditayangkan di Indosiar sekitar tahun 2005 setiap hari Minggu pagi bersamaan dengan serial anime dan tokusatsu lain.

Blade


Blade merupakan serial Kamen Rider keempat belas, pengganti Faiz. Ceritanya bertema perburuan monster dan menggunakan kartu untuk menyegelnya. Pada 2007, Kamen Rider Blade pernah ditayangkan di antv atau sebelum stasiun tv tersebut berubah menjadi tv Bollywood seperti sekarang.

Den-O


Serial Kamen Rider yang ceritanya kocak dan cukup ringan. Den-O penah ditayangkan pada 2010 di Trans 7. Saat itu ratingnga memang kurang memuaskan karena tokusatsu sedang menurun kualitasnya.

OOO


Kamen Rider Ozu adalah serial KR yang ke 21 di mana desain kostum Kamen Rider sudah mulai rame. Nah OOO atau Ozu ini pernah ditayangkan di Indosiar sekitar tahun 2014, tepat sebelum si ikan terbang memberangus semua acara untuk anak-anak sampai sekarang.

Ex-Aid


Kamen Rider semakin modern (semakin aneh), Ex Aid adalah serial KR yang ke 27 dan bertemakan dokter dan video game. RTV menayangkan Kamen Rider Ex-Aid pada tahun 2019 dan mendapatkan sambutan yang cukup meriah dari para pecinta tokusatsu.

Build


Kamen Rider Build yang punya konsep unik sekaligus henshinnya yang paling ribet karena harus ngocok dulu. Build pernah ditayangkan di RTV pada 2020 yang lalu dan juga mendapatkan sambutan yang cukup baik. Semua Kamen Rider di RTV sejauh ini menggunakan dubbing Bahasa Indonesia.

ZI-O


Ini dia serial Kamen Rider terakhir di era Heisei dan bertema perjalanan waktu. Walaupun mendatangkan kembali para Rider terdahulu, sayangnya alur ceritanya sangat berantakan dan tidak karuan. Meski demikian, ZI-O juga pernah ditayangkan di RTV pada 2021 yang lalu di jam prime time.

Zero One


Saat thread ini dibuat, inilah serial Kamen Rider terbaru yang pernah tayang di tv Indonesia yaitu tepatnya di RTV sejak awal 2022 yang lalu. Zero One adalah serial Kamen Rider pertama di era Reiwa dan punya tema AI, robot, dan punya desain yang futuristik.

Nah, gan ayo kira-kira udah pernah nonton yang mana aja nih? emoticon-Leh Uga

Sumber Referensi
badbironk
ferist123
MUF0REVER
MUF0REVER dan 15 lainnya memberi reputasi
16
5.9K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.