• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Zhuhai Airshow 2022: Type 625E, Sistem Pertahanan Udara Jarak Pendek Terbaru China

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Zhuhai Airshow 2022: Type 625E, Sistem Pertahanan Udara Jarak Pendek Terbaru China
Quote:


Pada tulisan sebelumnya penulis telah mengajak Agan berkenalan dengan Type 1130, sistem pertahanan udara yang dipasang pada platform trailer. Dan kali ini masih dari segmen pertahanan udara, penulis akan mengajak Agan berkenalan dengan senjata serupa yang dipasang pada platform kendaraan 8x8. Sistem pertahanan udara kategori SHORAD (Short Range Air Defence) tersebut diberi nama Type 625E dan memakai kamuflase gurun pixelated yang tampak menarik.

Mengutip artikel The War Zone, Type 625E dibuat oleh dua manufaktur senjata ternama asal China, yakni China South Industries Group Corporation (CSGC) dan Norinco. Masih dari artikel yang sama, kendaraan ini dibekali meriam laras putar (Gatling Gun) serta rudal pertahanan udara. Tidak diketahui berapa kaliber laras meriam tersebut, tapi beberapa analis menyebut kalibernya sekitar 25 mm.

Untuk tabung peluncur rudal, ada 8 unit; yang terpasang masing-masing 4 unit di sisi kubah. Jenis rudalnya pun masih misterius, tapi artikel The War Zonemenyebut rudal tersebut adalah jenis rudal pertahanan udara jarak pendek FB-10. Rudal dibuat oleh China Aerospace Long-March International (ALIT), FB-10 diperkenalkan pada tahun 2014 dan diduga telah memasuki layanan militer China pada tingkat setahun berikutnya. Rudal FB-10 sendiri kemudian tampil di Zhuhai Airshow 2016, dan dipasang pada chassis truk 6×6.

Quote:


Dari spesifikasi, rudal FB-10 punya jarak tembak maksimum 10 km dan mencapai ketinggian 15 meter hingga 5.000 meter. Untuk sistem pemandu rudal diduga memakai radar pasif atau semi-aktif, yang menyediakan kemampuan dual-mode guidance. Sistem pemandu ini disebut dengan yang dipakai rudal HQ-10, merupakan rudal pertahanan udara yang dipakai oleh kapal perang China. Rudal ini juga dibuat oleh China Aerospace Long-March International, yang diduga dikembangkan dari baisis HQ-10.

Pada bagian belakang kubah senjata Type 625E juga terpasang sebuah radar yang dilengkapi dengan antena lipat. Tidak diketahui secara pasti apa kegunaannya, perangkat tersebut kemungkinkan digunakan operator untuk mendeteksi target yang terbang rendah seperti drone, helikopter, sampai rudal jelajah sebelum mencapai fase terminal. Selain senjata, spesifikasi mesin dari platform kendaraan 8x8 ini juga masih banyak yang belum diketahui.



------------------




Referensi Tulisan: The War Zone
Sumber Foto: sudah tertera di atas
badbironk
mynameisant
LordFaries4.0
LordFaries4.0 dan 8 lainnya memberi reputasi
9
2.7K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
20KThread6.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.