Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
98
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/637c85061dab9369197f261c/janin-tiba-tiba-lenyap-dari-rahim-diambil-setankah-begini-penjelasannya
Learn By Google W/ Hirarahmi :cool Dulu ketika saya masih kanak-kanak, pernah terjadi kasus janin yang hilang misterius dari kandungan seorang wanita. Seingat saya wanita itu sudah sangat besar perutnya, seperti orang yang hamil delapan atau sembilan bulan. Namun dalam satu malam saja, kandungan itu mendadak kempes dan janinnya hilang entah kemana, tanpa tanda dan tanpa bekas darah. Berbondong-bon
Lapor Hansip
22-11-2022 15:15

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

icon-verified-thread
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Learn By Google
W/ Hirarahmi

emoticon-Cool


Dulu ketika saya masih kanak-kanak, pernah terjadi kasus janin yang hilang misterius dari kandungan seorang wanita. Seingat saya wanita itu sudah sangat besar perutnya, seperti orang yang hamil delapan atau sembilan bulan. Namun dalam satu malam saja, kandungan itu mendadak kempes dan janinnya hilang entah kemana, tanpa tanda dan tanpa bekas darah.

Berbondong-bondonglah warga kampung datang ke rumah wanita itu. Ada yang prihatin dan kasihan melihat si wanita yang nampak seperti orang gila, ada pula yang sekadar penasaran dengan apa yang terjadi. Setelah itu beredarlah rumor seram kalau palasik- makhluk mistis sebagai perwujudan manusia yang mendalami ilmu hitam (seperti kuyang)- sedang berkeliaran di desa kami. Si wanita tadi adalah korban pertama dan akan terus ada korban selanjutnya sehingga banyak ibu hamil di desa yang dipasangkan 'jimat' dari peniti dan bawang putih untuk penangkal bala, serta bagi yang berasal dari keluarga religius, hampir tiap malam mereka mengadakan pengajian.

Saya tidak tahu bagaimana akhirnya peristiwa itu berakhir karena saya harus ikut orang tua yang memutuskan pindah rumah (karena pekerjaan). Namun tadi, tiba-tiba peristiwa itu terlintas lagi di benak saya sehingga saya pun tertarik untuk membahas itu di sini bersama kalian. Saya akan jelaskan penyebab hilangnya janin tersebut dari sisi medis dan mistis. Ingat, untuk bagian mistis, saya hanya menjelaskan dari apa yang budaya dan kepercayaan saya yakini. Jika ada di antara kalian yang tidak mempercayai itu, harap simpan saja hujatannya karena di sini pun saya juga tidak memaksa kalian untuk percaya dengan itu. Jadi ... inilah penjelasan saya.

Selamat Membaca
____________________________


Pseudocyesis

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Apakah kalian pernah mendengar istilah 'phantom pregnancy' atau pseudocyesis? Yup, fenomena yang kita kenal sebagai 'kehilangan janin dalam kandungan' ini dikenal dengan sebutan kedua istilah tersebut. Pseudocyesis sering juga diartikan sebagai 'kehamilan palsu' atau false pregnancy dalam bahasa Inggris- di mana dalam kondisi ini seseorang akan terlihat seperti sedang hamil tetapi tidak ada janin apapun dalam rahimnya- karena sebenarnya ia tidak hamil sama sekali.

***

Lantas kenapa mereka menunjukkan tanda-tanda kehamilan?

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Gangguan psikosomatis dinyatakan sebagai penyebab utamanya. Tekanan psikologis, persepsi atau keinginan untuk hamil yang bercokol kuat di alam bawah sadar pasien telah memicu lepasnya hormon pendukung kehamilan seperti esterogen dan prolaktin yang memunculkan tanda dan gejala kehamilan walaupun tidak terjadi pembuahan.

Adapun situasi yang dapat memicu gangguan psikomatis pada pengidap pseudocyesis adalah:

• Riwayat keguguran.
• Keinginan untuk memiliki anak kembali.
• Kanker serviks atau didiagnosa sulit hamil.
• Akan memasuki masa menopause.
• Riwayat berduka karena kematian bayi.
• Etc.

Tanda-tanda kehamilan yang muncul sama persis dengan orang yang hamil normal seperti: mengalami morning sickness, terhentinya menstruasi, perut membesar, bobot tubuh bertambah, payudara membesar, dan dalam beberapa kasus ada yang sampai merasakan sensasi tendangan bayi.

***

Lalu kenapa tanda dan gejala itu bisa hilang seakan-akan bayinya raib digondol kuyang?

Jawabannya sederhana, yaitu karena hormon kehamilan akan berfungsi selama batas normal kehamilan terjadi yaitu sembilan bulan. Ketika sudah sampai di ambang batas tersebut, produksi hormon akan terhenti dan tanda-tanda kehamilan tadi juga ikut menghilang. Namun tak semua kasus pseudocyesis sampai sembilan bulan, ada yang hanya beberapa minggu saja- tergantung seberapa cepat kasus ini ditangani.

***

Cara penanganannya bagaimana?

Gambar Sensitif
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!


Karena tidak ada obat khusus, maka satu-satunya cara ialah dengan memberi penderita pseudocyesis terapi orientasi realita, yakni dengan menunjukkan bukti konkrit dari dokter bahwa tidak ada kehamilan dalam rahimnya, biasanya berupa hasil USG. Setelah itu berikan pendampingan psikologi dan kesehatan agar mental penderita tetap stabil, karena biasanya pasien akan syok dan sulit menerima kenyataan bahwa ia mengalami kehamilan palsu.

***

Bisakah pseudocyesis dihindari?

Gambar Sensitif
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!


Tentu saja bisa! Caranya ialah dengan tidak mendiagnosa kehamilan sendiri. Maksudnya begini, di negara berkembang masih banyak wanita yang awam soal pemeriksaan kehamilan dan penggunaan testpack. Nah, ketika mereka merasakan gejala mual dan apalagi diikuti oleh jadwal menstruasi yang terlambat, mereka dengan cepat mengklaim kalau diri mereka sedang hamil lalu- dengan yakin- mendoktrin diri sendiri dengan kehamilan tersebut tanpa melakukan pemeriksaan ke dokter.

Jadi, ketika kamu merasa mengalami gejala kehamilan, belilah testpack untuk memastikan. Kalau perlu pergilah ke dokter kandungan untuk hasil yang valid. Kadang gejala kehamilan seperti mual, mengidam, bahkan henti menstruasi tidak hanya timbul karena seseorang hamil. Banyak faktor lain yang memicunya.

***

Kasus pseudocyesis paling legendaris

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Dulu di tahun 1554, singgasana Kerajaan Inggris diduduki oleh ratu Mary I (Mary Tudor). Ia yang belum lama menikah dengan Pangeran Philip dari Spanyol- mengumumkan kehamilannya di usia ke-37 (usia menopause rata-rata wanita di era itu). Berita bahagia ini membuat semua orang senang bahkan menyebutnya sebuah keajaiban. Mereka berharap sang ratu akan melahirkan putra yang akan menjadi pewaris tahta berdarah Katolik yang suci.

Namun ketika pertengahan musim semi di tahun 1555, kondisi kesehatan ratu Mary I terus memburuk. Ia tidak bernafsu makan dan mentalnya tidak stabil. Hal itu membuat para pelayan istana khawatir dengan keselamatan calon pewaris tahta dalam rahim sang ratu. Alhasil ratu pun menghabiskan masa dalam ruangan pengasingan untuk memulihkan diri sekaligus menanti kelahiran calon pangeran.

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Sampai memasuki bulan April tanda-tanda kelahiran belum juga muncul sedangkan menurut hitungan, masa bersalin harusnya sudah datang. Namun ditunggu sampai bulan Juli pun sang bayi tetap tidak lahir di mana kemudian ratu menjadi frustasi dan mengutuk dirinya sendiri. Ia mengatakan Tuhan sudah menghukumnya karena tak dapat menghentikan gerakan protestanisme di wilayah kekuasaannya. Untuk menebus dosanya itu, ratu melemparkan hampir 300 orang protestan ke dalam kobaran api yang mana setelah peristiwa ini, ratu pun mendapat julukan "Bloody Mary".

Akhirnya pada Agustus 1555, ratu memutuskan menyerah dengan harapannya dan menerima keadaan bahwa tidak ada bayi di perutnya. Hal ini membuat citranya memburuk. Ia dibenci oleh rakyatnya karena gagal melahirkan pewaris dan juga karena penganiayaan pada umat Protestan yang sangat tidak manusiawi. Pangeran Philip yang kecewa dengan kehamilan palsu ini memutuskan untuk kembali ke Spanyol dan meninggalkan Mary. Lalu karena kondisinya yang terus memburuk, ia pun turun dari takhtanya dan mengizinkan kakak tiri yang tak disukainya, Ratu Elizabeth I mengambil alih kekuasaan.

Menurut para ahli, kala itu Bloody Mary telah mengalami pseudocyesis atau kehamilan palsu. Hal ini dipicu oleh keinginannya yang kuat untuk melahirkan pewaris tahta kerajaan. Belakangan juga diketahui bahwa ratu Mary I juga menderita kista rahim sehingga mustahil baginya untuk hamil.

Nah begitulah penjelasannya, Agan dan Sista! Jadi tidak semua kehamilan yang tiba-tiba hilang berarti janinnya dicuri setan. Jika seseorang belum memiliki bukti valid tentang kehamilannya (berupa hasil pemeriksaan dokter), lalu tiba-tiba mengalami gejala 'bayi hilang', maka dapat disimpulkan jika orang itu mengalami pseudocyesis. Akan tetapi jika sudah ada hasil USG tetapi janin tersebut tetap lenyap secara misterius, maka boleh jadi ada unsur mistis di dalamnya.

***

Sekilas tentang Palasik Kuduang

Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!

Di tanah Minangkabau, ada mitos makhluk mistis bernama palasik kuduang, serupa kuyang di Kalimantan atau leak di Bali. Mereka bukan makhluk halus biasa, melainkan sosok malih wujud dari seorang penuntut ilmu hitam yang dapat diwarisi sampai tujuh turunan. Guna menjaga ilmunya tetap sakti mandraguna, mereka memakan janin, bayi, dan balita.

Ada yang memaknai kata 'memakan' bayi dengan artian yang sebenarnya yakni sosok tersebut akan mengunyah dan menyesap ubun-ubun bayi tersebut. Namun adalah pula yang memaknai dengan, anak yang diincar palasik kuduang akan menderita penyakit supranatural yang bisa merenggut nyawa jika tidak ditangkal. Biasanya anak atau bayi tersebut akan tampak kurus, tidak bergairah, selalu menangis tengah malam, dan ubun-ubunnya lembek. Jika yang ditargetkan adalah janin yang masih dalam kandungan, biasanya janin itu akan lahir tanpa ubun-ubun atau janin itu hilang secara misterius.

Wallahu'alam sebetulnya. Akan tetapi dalam agama Islam sendiri dijelaskan bahwa sihir, ilmu hitam atau guna-guna memang benar adanya. Semoga kita semua senantiasa dijauhkan dari hal-hal klenik dan mistis seperti ini.


Sekian
____________________________

Penulis: Hirarahmi
Ilustrasi: Google Image
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5
Diubah oleh Hirarahmi39
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 15 lainnya memberi reputasi
16
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
59.9K Anggota • 916.3K Threads
Halaman 2 dari 3
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 01:03
Haiya telnyata bloody maly itu benel benel ada ya emoticon-Hammer (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 01:08
Kalau orang kita terutama orang Kampung pasti prasangka nyan goib.
😅
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 03:34
yang begini biasanya desperate belum punya keturunan ato yg gak trlalu percaya dokter.
kejadian 2 kali yg ane tau, tetangga ane yg dah lama nikah gak punya anak, berobat ke orang pintar trus perutnya membesar smpet d kira hamil, gak bole d periksakan k dokter.
akhirnya hamilnya hilang.
yg kedua sepupu ane, orangnya ngeyelan gengsi tinggi, hamil nikah, skitar 6 bulan gak pernah kontrol dokter, pas k dokter gak ada janin ternyata.
akhirnya semua bermuara ke mistis lah.

yang bener kalo pasangan lu hamil, tespack dlu,abis tespack lu kontrol ke dokter kandungan buat mastiin tu janin uda ada apa belum, ato uda berkembang sampe dimana.
penting banget usg bayi itu, sapa tau hamil anggur ato laennya smisal janin gk berkembang.
"ngent0t emang enak, tapi biayanya juga gede, kalo ngandelin raba2 puskesmas, buk bidan , ane yakin tingkat k akuratannya perlu d pertanyakan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
jiresh dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 04:18
apakah bisa karena virus juga gan? nais trit btw, menginspirasi
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 04:30
Asa sedih ih yah kalo baca kira2 penyebabnya mah huhu. Mirisnya orang kita mah selalu aja dikaitin ke mistis, mcm terbelakang emoticon-Ngakak (S) BTW dulu ane pernah nonton Glee ada beberapa episode ngangkat penyakit ini : si Terry Schuester (istrinya guru yg jadi salah satu peran utama di Glee) & Sue Sylvester (guru yg main antagonist) ngalamin. Jeleknya si Terry jadi jahat, dia sampe maksa siswa yang hamil duluan buat kasiin bayinya ke dia kalo udah lahir ntar demi boongin suaminya. Akhirnya ketauan lah sm lakinya kalo dia itu halu dan pura2 juga maksa murid, saking kecewanya dicerain lah dia.. Kalo si Sue ga mungkin we hamil, secara dia udah tua, umuran menopause, dan ga keliatan sm cwo siapa2. Sungguh banyak nontom itu bermanfaat bagi wawasan kita Gan wkwk.


profile-picture
Hirarahmi39 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 06:26
Oh begitu yaemoticon-Cool
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 07:24
Masih ada aja yang percaya di ambil setan emoticon-Ngakak
profile-picture
nurade247 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 08:08
ini hampir selalu dikaitkan dengan mistis di masyarakat
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 09:13
Njir dicolong genderuwo emoticon-Takut (S)
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 09:33
Bawa gunting lipat atau pisau lipat kecil, bisa dikalungin dileher atau dimasukkan ke kantung..Tujuannya utk menolak bala kalo ada mahluk halus yg pny niat jahat sama bayi dikandungan
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 10:28
wkwkw ada foto kuyangnya
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 10:50
Ane sih belum liat langsung perut orang yang pseudocyesis gan. Apakah keliatan membesar atau nggak? Kalo semisal membesar, apa yang membuat membesar, di dalamnya kan kosongemoticon-Bingung
0 0
0
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 11:45
Tetanggaku prnh cuman nggak lenyap. Mungkin kayak pseudocyesis . Dr hamil muda sampe tua bs ngerasain janin bergerak. Usg pun tmpk ada bayinya. Sempet ngerasain ngidam juga. Pas lahiran trnyata isinya lemak 2 kg. Syok pokoknya sekeluarga
profile-picture
jiresh memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 12:42
gw pernah denger ceritia janin hilang, kalo berdasarkan teori diatas mah gw masih kurang yakin soalnya kasusnya janin udah berumur tua, tiba2 perut kempes sama sekali seperti tidak hamil. beberapa saat kemudian janin itu kembali ke perutnya, hal ini terjadi beberapa kali, ilang balik, ilang balik, bisa dibayangin itu hamil tua gedenya seperti apa dan saat itu ramenya seperti apa. pada akhirnya anak lahir dengan aman dan sehat.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
23-11-2022 15:48
nih gw kasih penjelasan, kehidupan kita manusia ini tidak lepas dari kehidupan nyata (real) pastinya, dan ghaib tentunya. nah, untuk posisi hal ghaib kita memang mesti percaya dan yakini karena itu sebagian dari keimanan seseorang muslim pada khususnya. hal yang aneh dan gak lazim yang dirasakan kehidupan manusia itu, pasti ada campur tangan dari makhluk halus yang disebut JIN. gangguan2 dari makhluk tak kasat mata alias bangsa Jin memang ada.
profile-picture
profile-picture
Hirarahmi39 dan .dombleh memberi reputasi
1 1
0
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Post ini telah dihapus
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
24-11-2022 10:42
Tetangga ada yang pernah begitu tiba-tiba perut yang terlihat buncit dan dikira hamil, tiba-tiba mengempis dengan sendirinya, tapi ada juga yang tiba-tiba perutnya membuncit padahal dia belum punya suami.
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Janin Tiba-Tiba Lenyap dari Rahim, Diambil Setankah? Begini Penjelasannya!
24-11-2022 16:15

emoticon-Takut
AMIT-AMIT AMIT-AMIT
JANGAN SAMPE DAH BINI ANE BEGITU
emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia