hansip.erte
TS
hansip.erte
Nobita Adalah Sosok Impian Terpendam Orang Jepang

sumber gambar : Shutterstock.com  

Anime legendaris dari Jepang, Doraemon, memang mengandung daya tarik tersendiri untuk selalu dibahas. Walaupun sudah ditinggalkan kedua mangakanya, Doraemon masih sangat berjaya dan mempunyai banyak penggemar di berbagai negara. Ceritanya yang sederhana dan lekat dengan permasalahan kehidupan sehari-hari anak-anak usia sekolah dasar menjadi salah satu kekuatan Doraemon hingga tetap eksis sampai masa kini.

Pengembangan setiap karakter selain sosok robot kucing dengan kantong ajaibnya itu pun terlihat nyata dan kuat. Ada Giant, anak dengan postur tubuh bongsor serta gemar merundung temannya yang lebih lemah. Ada pula Suneo, sidekick Giant yang juga seorang crazy rich serta memiliki kepandaian menjilat melalui kata-kata. Lalu ada Shizuka, gadis manis rumahan yang jadi idola dalam manga tersebut. Dan tentu saja, Nobi Nobita, yang merupakan tokoh utama dalam animasi Doraemon.

Seperti yang kita tahu, Nobita digambarkan sebagai seorang anak laki-laki tunggal dari sebuah keluarga sederhana. Ayah Nobita, Nobisuke Nobi, adalah karyawan kantoran biasa yang berangkat kerja di pagi hari dan pulang ketika matahari tak lagi menampakkan diri. Sementara itu, ibunya merupakan ibu rumah tangga di mana kesehariannya disibukkan dengan mengurus pekerjaan domestik. Tidak ada yang istimewa dari keluarga sahaja ini sebelum hadirnya Doraemon di rumah mereka.

Alih-alih menjadi kebanggaan keluarga, Nobita justru cenderung menjadi penganut aliran keras kaum rebahan. Ia bisa tidur di mana saja ia mau saat itu juga. Selain itu, Nobita diceritakan sebagai anak yang lemah sehingga sering menjadi sasaran penindasan Giant dan Suneo yang merupakan kedua teman sekelasnya juga. Meskipun laki-laki, Nobita ini bersifat cengeng dan tak segan merengek kepada Doraemon demi mengabulkan permintaannya. Pokoknya, dia ini bukanlah image bakal calon mantu idaman mertua, deh!

Penggambaran karakter Nobita ini sungguh ironis. Pasalnya, orang Jepang dikenal sebagai individu yang tangguh, pekerja keras, dan tepat waktu. Di sisi lain, tidak ada istilahnya masuk kelas melebihi bunyi lonceng sekolah yang berdentang alias terlambat. Nyatanya, Nobita ini mustahil tidak terlambat datang ke sekolah. Tak heran jika wali kelasnya acap kali naik darah atas perilakunya. Kecuali itu, anak laki-laki berkacamata tersebut tidak memiliki prestasi akademis maupun non-akademis. Istilahnya, Nobita itu apes pas pembagian talenta dulu.

Pertanyaan pasti kemudian muncul di benak kita. Bagaimana bisa, Nobita yang berkewarganegaraan Jepang, malah hadir dengan imej yang bertolak belakang dengan gambaran masyarakat Jepang secara umum. Hampir tidak ada satu pun sifat teladan orang Jepang yang ada dalam figur Nobita. Sebagai perbandingan, meskipun sama-sama bodoh, Giant masih memiliki tekad yang kuat. Ia benar-benar berjuang menjadi seorang penyanyi walaupun suaranya tak memenuhi kriteria. Setidaknya, Giant punya passion. Sedangkan Nobita, satu-satunya passionnya hanyalah tidur siang.

Melalui framing yang diarahkan pada tokoh Nobita ini, besar dugaan bahwa ia memang diciptakan bukan sebagai representatif karakteristik masyarakat Jepang sebagaimana yang dikenal dunia. Sebaliknya, Nobita adalah perwujudan hasrat orang-orang Jepang.

Seperti yang kita tahu, kehidupan di Jepang boleh dikata cukup berat. Tanahnya yang tidak sesubur tanah di nusantara, mau tak mau, memaksa penduduknya untuk bekerja lebih keras dan menerapkan disiplin tinggi agar menjadi negara maju. Pun, tidak ada toleransi untuk sebuah keterlambatan.

Di samping itu, kegagalan juga merupakan hal yang fatal bagi orang Jepang. Harga diri mereka yang tinggi mendorong mereka untuk melepas sebuah jabatan apabila dirasa sudah kandas dalam mengemban tugas. Bahkan, konon, prajurit Jepang yang kalah dalam pertempuran akan memilih harakiri atau menghabisi nyawanya sendiri daripada hidup menanggung malu. Menurut kabar, tekad ini diwariskan hingga ke masa modern seperti sekarang, sampai pada kehidupan pelajar di sekolah hingga rumor kelam tentang Hutan Aokigahara. Bisa dibayangkan, betapa besar tekanan sosial yang dipikul bahkan sejak usia belia.

Oleh sebab itu, sebagai seorang komikus Jepang, duo kreator Doraemon ditafsirkan memanifestasikan impian mereka sebagai individu yang lebih santai dalam menjalani hidup dalam suatu karakter dua dimensi yakni Nobita. Mungkin juga, Nobita bukan hanya bentuk keinginan terpendam dari Hiroshi Fujimoto serta Motoo Abiko guna menghadapi kerasnya hidup di Jepang, tetapi juga impian bagi sebagian besar warganya.

Terkadang, hidup memang tak selalu harus dilalui dengan sepaneng atau membandingkan dengan pencapaian orang lain. Selow sejenak untuk menikmati hidup bukanlah dosa. Setiap orang mempunyai timeline-nya sendiri. Nyatanya, Nobita pun mampu berhasil di kemudian hari. Bahkan, ia sanggup menikahi gadis pujaannya, Shizuka.

Penulis: Paula Gianita Primasari
Editor: Audian Laili


sumber : klik
payungpromo2012letakkandieq41
dieq41 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.6K
19
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.