harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Pendekar Silat Betawi Yang Ditakuti Oleh Belanda Selain Pitung!

Sumber Gambar

Jika membahas mengenai jawara-jawara Betawi, nama yang familiar mungkin adalah Si Pitung. Padahal ada beberapa nama lagi yang dianggap sebagai jawara pada masanya dan mereka pula lah yang terlibat perlawanan terhadap Belanda.

Mereka semua dibekali dengan ilmu bela diri silat yang mumpuni, bahkan banyak juga yang dipercaya memiliki ilmu-ilmu sakti seperti kebal, terbang, sampai bisa berpindah tempat dengan cepat.

Wah siapa saja nama-namanya ya? Berikut TS bahas sekilas mengenai tiga jawara Betawi yang pernah hidup di masa lalu. Simak selengkapnya.



1. Entong Gendut


Sumber Gambar

Entong Gendut merupakan salah satu jawara atau pejuang asal Condet yang kini menjadi bagian dari Kota Jakarta Timur. Pada masa penjajahan, masyarakat Condet hidup dalam penindasan yang dilakukan kompeni, centeng dan tuan tanah.

Hal ini kemudian menimbulkan amarah Entong Gendut yang kemudian bertekad untuk melawan balik para Kompeni. Hingga pecahlah perang antara Kompeni melawan Entong Gendut dan kawan-kawan di Villa Nova. Dan akhirnya, Entong Gendut pun gugur dengan gagah karena tertembak peluru Kompeni.

2. Sabeni


Sumber Gambar

Yang kedua datang dari Tanah Abang, Sabeni Namanya. Bernama asli Sabeni bin Haji Kanan, pesilat ini lahir pada tahun 1860. Kehebatan silatnya cukup disegani di masa itu, membuat namanya cukup mentereng di Tanah Abang.

Belanda sendiri dibuat ketar-ketir olehnya, semua orang suruhan Belanda habis dikalahkan Sabeni. Bahkan ia pernah menang berduel melawan petinju dan ahli Kungfu yang dikirim Belanda khusus untuk mengalahkannya.

Sabeni meninggal pada 1944 dan kini namanya diabadikan menjadi nama jalan di Tanah Abang.

3. Murtado


Sumber Gambar

Murtado adalah jawara asal Kemayoran yang sering dijuluki sebagai Macan Kemayoran. Ia merupakan tokoh Betawi yang cukup disegani karena kegigihannya melawan tentara Belanda pada zaman penjajahan.

Sama seperti Sabeni, Murtado juga mengalahkan para preman suruhan Belanda yang dikirim untuk memeras warga Kemayoran. Ia bagaikan superhero di masa itu karena selalu membela masyarakat dan mengalahkan siapapun yang berani mengganggu ketentraman Kemayoran.

Murtado sendiri lahir pada tahun 1869 dan namanya hingga kini masih melegenda di ingatan semua orang.

Ya, itulah tadi tiga nama jawara silat Betawi yang melegenda dan disegani. Namanya kini abadi dalam ingatan masyarakat, perjuangannya tak akan dilupakan sebagai bagian dari pahlawan pembela tanah air.

Gimana gan? Ada lagikah jawara yang belum TS sebut?emoticon-Ngacir

Sumber / Link Referensi: 1, 2, 3
Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
Diubah oleh harrywjyy 17-11-2022 05:31
S E N S O R3
nketiahrobin763
scorpiolama
scorpiolama dan 19 lainnya memberi reputasi
18
5.6K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.