Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
324
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/63744012ae3a2564726098fe/nasib-orang-orang-berpendidikan-tinggi-di-negeri-ini
Tahu nggak berapa jumlah Doktor di negara ini? pada tahun 2021, jumlah orang yang sudah menuntaskan pendidikan S3 di Indonesia ada sekitar 31 ribu orang (yang masih hidup). Jika dibandingkan dengan 270 juta penduduk Indonesia, tentunya itu jumlah yang amat kecil, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah Doktor di luar negeri. Selain itu, dari 31 ribu Doktor tersebut, 80 persennya merupakan Doktor d
Lapor Hansip
16-11-2022 08:42

Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

icon-verified-thread
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

Tahu nggak berapa jumlah Doktor di negara ini? pada tahun 2021, jumlah orang yang sudah menuntaskan pendidikan S3 di Indonesia ada sekitar 31 ribu orang (yang masih hidup). Jika dibandingkan dengan 270 juta penduduk Indonesia, tentunya itu jumlah yang amat kecil, apalagi jika dibandingkan dengan jumlah Doktor di luar negeri.

Selain itu, dari 31 ribu Doktor tersebut, 80 persennya merupakan Doktor di bidang Ekonomi, Hukum, dan Agama. Jumlah Doktor di bidang teknologi, biologi, atau bahkan psikologi amatlah sedikit. Tentunya ini adalah fakta yang amat mengkhawatirkan. Pemerintah sendiri tampaknya mencoba meningkatkan jumlah Doktor di seluruh negeri, tetapi tak banyak orang yang berminat melakukannya.

Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

Coba lihat keadaan negara ini, memangnya apa untungnya menempuh pendidikan hingga S3? Kebanyakan orang mengambil gelar Doktor ujung-ujungnya berakhir menjadi dosen dan cuma sekedar dosen.

Banyak Doktor yang ingin melakukan penelitian tapi tak ada dana, dan pemerintah juga jarang sekali memberi dana. Beberapa mencoba menulis buku, tapi jarang sekali ada yang best seller. Tahu sendiri minat baca di Indonesia bagaimana. Akhirnya ujung-ujungnya cuma jadi dosen atau pindah ke luar negeri.

Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

Di negara ini, yang mana pendapat youtuber jauh lebih didengar dibanding dosen, tampaknya tak ada ruang yang cukup bagi orang-orang berpendidikan tinggi untuk berkembang. Tentunya orang yang bekerja keras hingga lulus S3 pasti ingin dibayar setinggi-tingginya dan negara ini tak sanggup menyediakan hal tersebut.

Miris memang. Pilihannya cuma dua, mengabdi dengan gaji rendah atau pergi ke luar negeri. Kalau masih ingin terus di dalam negeri dengan pendapatan memuaskan maka mereka harus bermain dengan politik dan menjilat penguasa.

Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

Negara ini jelas butuh orang-orang pintar dengan ide-ide segar, tetapi mirisnya mereka seperti dianak tirikan oleh para pejabat. Para pejabat terus berteriak tentang bansos dan kesejahteraan rakyat miskin, tapi jarang ada yang berteriak tentang kemajuan pengetahuan di Indonesia. Apakah nantinya akan ada calon presiden yang membuat program trilyunan rupiah untuk penelitian teknologi? Entahlah, saya sendiri pesimis mendengarnya.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 62 lainnya memberi reputasi
63
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60K Anggota • 916.4K Threads
Halaman 1 dari 10
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 08:45
Dulu dosen saya pernah bilang; kalau mau gaji tinggi ya harus ke luar negeri. Kalau mau tetap di indonesia harus rela dibayar murah tapi kerja multifungsi. Katanya sih, paling manteb memang jadi dosen, kerjanya nggak berat-berat amat. Tapi kalo mau jadi dosen jangan karna gampangnya, tapi karna panggilan hati.


please mampir dan baca wattpad
Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
mr.green13 dan 22 lainnya memberi reputasi
23 0
23
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 08:49
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini

profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:00
itu data termasuk orang2 yg punya gelar doktor hc ga gan?
kalo iya berarti lebih miris lagi.
ntuh ada ketum punya gelar doktor hc, kalau ngomong diterjemahkan pake ilmu logika dasar saja amburadul.




emoticon-Cape d... (S)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
bijak007 dan 11 lainnya memberi reputasi
12 0
12
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:09
Kalau dosen ane dulu bilang gelar s3 itu cuma syarat buat jadi guru besar atau rektor sih. Doktor itu dituntut untuk membuat jurnal penelitian, tapi kayaknya nggak ada semacam upah besar buat doktor yg nulis jurnal di sini.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:16
Quote:Original Posted By arataf
Kalau dosen ane dulu bilang gelar s3 itu cuma syarat buat jadi guru besar atau rektor sih. Doktor itu dituntut untuk membuat jurnal penelitian, tapi kayaknya nggak ada semacam upah besar buat doktor yg nulis jurnal di sini.


Quote:Dalam dunia akademik, merupakan hal yang lazim ketika seorang mahasiswa, peneliti, ataupun dosen mengirimkan karya berupa artikel ke jurnal ilmiah.

Berdasarkan pengalaman saya, artikel akan diseleksi oleh editor dan selanjutnya dikirimkan kepada mitra bestari (reviewer). Mitra bestari akan mengkritisi artikel secara obyektif lalu akan menilai kelayakan dari artikel.

Mitra bestari dapat meminta penulis untuk revisi, menerima, atau bahkan menolak. Jika dalam prosesnya artikel kita diterima, maka artikel bisa diterbitkan.

Setelah artikel terbit di jurnal ilmiah, apakah ada penghasilan, honor atau semacamnya yang diberikan oleh pengelola jurnal?

TIDAK ADA

Jurnal ilmiah bukanlah media massa yang biasanya membayar artikel yang dikirimkan masyarakat umum ketika artikel itu diterima dan diterbitkan.

Malahan yang terjadi adalah sebaliknya. Kadang-kadang, penulis artikel harus menyediakan sejumlah uang sebagai syarat untuk bisa diterbitkan.

Baiklah, jika ada yang tetap berharap artikelnya bisa menghasilkan uang. Hal itu sebenarnya sangat mungkin dilakukan.

Bagaimana caranya?

Salah satu cara yang juga pernah saya alami adalah, dengan mengajukan insentif ke lembaga yang menaungi. Pada waktu saya menyelesaikan skripsi S1, universitas tempat saya belajar membuat sebuah program yang disebut “Insentif Penyusunan Artikel Jurnal Internasional yang Berasal Dari Tugas Akhir Mahasiswa”.

Saya dan dosen pembimbing saya mencoba mendaftar pada program ini dengan terlebih dahulu menyusun artikel ilmiah berbahasa Inggris lalu mengumpulkan ke salah satu jurnal internasional. Bukti pengumpulan artikel kami gunakan sebagai salah satu syarat pengajuan insentif ini.

Syukurlah aplikasi kami diterima. Namun menunggu beberapa bulan agar insentif bisa cair. Kalau tidak salah insentif yang kami dapat antara 5–10 juta rupiah.

Kesimpulannya, jika ingin artikel ilmiahmu menghasilkan uang. Janganlah berharap uang itu diberikan oleh pengelola jurnal. Tetapi, cobalah mengikuti hibah atau penghargaan terkait publikasi dalam jurnal ilmiah yang biasanya akan menjanjikan uang jika memang artikel telah memenuhi kualifikasi,
source

Diubah oleh ih.sul
profile-picture
profile-picture
profile-picture
s.c.a. dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:22
Quote:Banyak Doktor yang ingin melakukan penelitian tapi tak ada dana, dan pemerintah juga jarang sekali memberi dana. Beberapa mencoba menulis buku, tapi jarang sekali ada yang best seller. Tahu sendiri minat baca di Indonesia bagaimana. Akhirnya ujung-ujungnya cuma jadi dosen atau pindah ke luar negeri.


Sad emoticon-Frown
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:24
Jika anda masih memikirkan bagaimana akan nasib orang yang berpendidikan tinggi di negara ini, bagimana pula anda mau memikirkan nasib orang yang tidak berpendidikan tinggi di negara ini?
Diubah oleh kelazcorro
profile-picture
profile-picture
profile-picture
uray24 dan 8 lainnya memberi reputasi
9 0
9
Lihat 19 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 19 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:27
yutuber, podcaster, tiktoder gak butuh gelar sihh emoticon-Cool emoticon-Request
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ambarawan dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:29
Orang pintar kerja sama orang bodoh
Orang pintar belajar rajin biar mudah dapat kerjaan.
Orang bodoh susah cari kerja ijasah pas pasan kalah bersaing dgn orang pintar
Terpaksa wirausaha sendiri.yg penting bisa dapat uang. Lama lama butuh karyawan orang pintar
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
Bersyukurlah waktu sekolah doyan rebahan.ngemall.bolos .Calon orang sukses
Diubah oleh bejoko520117
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 25 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 25 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:34
yg tinggi aja d gituin apalagi yg rendah dibikin sapi perah dan ajang batu loncat, mau heran tp negeri ini negeri konoha emoticon-Big Grin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ariefrahman11 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:43
berpendidikan tinggi gak sama kek kecerdasan tinggi bre, di Indonesia yang sukses yg punya kecerdasan tinggi sih emoticon-Ngakak

kalo cerdas banget, bisa tuh jadi menteri emoticon-Ngakak
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 13 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:44
apalagi kalo sudah menyangkut iptek,tipis banget sama politik. wkwkw.

sarjana agama, ekonomi, hukum kebanyakan dikita, gak guna. indonesia kurang engineer.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nowbitool dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:48
S3 keagamaan yg menjanjikan bor
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:49
Iya siih, kecuali dosen di bidang perminyakan dari jurusan seperti minyak, geologi dan geofisika, itu proyeknya gede gede, kelihatan kalau di ITB dosen jurusan tersebut mobilnya udah beda hehe

Memang industri migas beda sih duitnya
Diubah oleh red23rd
profile-picture
profile-picture
profile-picture
sugarkills dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:52
Beberapa tahun lalu emang enak kerja di luar negeri tapi pasca pandemi big nope. Resesi di Eropa paling kerasa bung. Banyak teman kuliah dulu kena PHK di LN
profile-picture
profile-picture
muhamad.hanif.2 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 09:59
S3 dimari kebanyakan bukan dari kelompol science tech
Yg dari sciene tech hanya sedikit yg membuat penelitian juga.disini s3 seperti yg banyak dikatakan orang hanya sebagai prasyarat jabatan atay kenaikan gaji
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 10:04
Bukan jumlah orang berpendidikan aja yg harus banyak, Doktor itu bisa diraih...asalkan ada DUITNYA...
Tapi kalau iklim sistem pendidikan seperti di Indonesia serba susah...
Pendapatan sebagai Doctor dalam negeri sangat berbeda jauh dr pendapatan Doctor di luar negeri...
Dana riset ala kadarnya menghasilkan hasil riset ala kadarnya...
Seharusnya kementeriaan agama dibubarkan aja
Dana 66 trilyun per tahun dialihkan ke riset menjadi lembaga kementeriaan sendiri di luar kemendikti...jikalau sudah berdiri sendiri diperbesar anggarannya...
Warga Israel bisa menjadi negara besar dengan penghasil Brand produk terbesar di dunia, itu karena kebijakan ny menciptakan iklim bisnis yang sinergis dengan pendidikan tinggi...
Contoh: Jurusan bisnis yah dituntut untuk menciptakan produk jual...
Jurusan pertanian yah dituntut untuk mengatasi permasalah lahan kering di Israel supaya bisa berproduksi...
Hasilnya???
Produk industri israel ada di tiap etalase jual di seluruh dunia...
Hasil pertanian: mandiri pangan dan bisa ekspor ke benua Eropa...
Sementara di Indonesia hasil produknya 66 trilyun per tahun hanya halal dan non halal...jaring di tengah jalan, umur produktif banyak menggangur, tamatan sarjana dan tenaga ahli lainnya pada kabur ke luar negeri...
SALAH PEMERINTAH?
SALAH RAKYAT?
SALAH PARTAI POLITIK?
SALAH DIRI SENDIRI?
SALAH ORANGTUA?
ATAU SALAH TUHAN?


profile-picture
profile-picture
profile-picture
g4zza dan 9 lainnya memberi reputasi
8 2
6
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 10:15
banyak yang teori doang
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 10:24
susah emang bekerja dinegeri wakanda seperti ini. kerja salah, ga kerja makin salah
profile-picture
profile-picture
profile-picture
nurade247 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Nasib Orang-Orang Berpendidikan Tinggi di Negeri Ini
16-11-2022 10:25
Kayaknya sih lebih dihargai di LN gan.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ichad14 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia