• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 5 Kerugian Jika Terlalu Santai Di Usia Muda! Persiapkan Masa Depan Gan!

harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
5 Kerugian Jika Terlalu Santai Di Usia Muda! Persiapkan Masa Depan Gan!

Sumber Gambar

Masa muda adalah masa yang menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa kita lakukan, melakukan hobi, bermain dengan teman, masih banyak lagi. Di masa muda, mungkin kita merasa jauh lebih bebas melakukan sesuatu.

Namun, kita juga tidak bisa terlalu santai di masa muda karena hal itu memiliki beberapa dampak buruk untuk ke depannya. Ada masa depan dan hari tua yang perlu kita persiapkan, sehingga kita tak bisa terlalu santai.

Nah, apa sajakah dampak buruk yang TS maksud itu? Berikut daftarnya. emoticon-Ngacir




1. Kehilangan Masa Produktif

Masa muda harusnya jadi masa yang produktif. Memulai karir, merintis bisnis, mengembangkan bakat dan pengalaman. Masih banyak lagi hal positif yang bisa berguna untuk masa depan kita.

Jika masa muda hanya dihabiskan untuk bersenang-senang, maka itu kita akan kehilangan masa-masa produktif kita. Masa-masa kita memulai sesuatu untuk kemudian memetik hasilnya di masa depan.

2. Perkembangan Menjadi Lambat

Perkembangan diri pun menjadi lambat. Karena waktu habis untuk bermain, waktu untuk mengembangkan skill menjadi sedikit bahkan tidak ada sama sekali. Hal ini akan membuat kita stuck di situ-situ saja tanpa perkembangan.

Nanti ketika umur semakin meningkat, baru perlahan kita sadar dan menyesali. Mengapa saya masih begini-begini saja? Kemana saja saya selama ini? Hal terpenting kadang malah kita ingat di saat yang terlambat.


Sumber Gambar

3. Tertinggal Banyak Hal

Seperti yang TS katakan di atas, kita menjadi lambat dan stuck di situ-situ saja. Alhasil kita tertinggal dari teman-teman kita. Karir teman kita sudah tinggi karena usaha, sedangkan kita stuck karena terlalu banyak main.

Memang kita tak bisa membandingkan orang dengan orang lain. Tapi kalau diri kita sendiri tidak maju-maju, tak ada salahnya untuk introspeksi diri demi menjadi lebih baik, kan?

4. Tak Punya Bekal Untuk Usia Tua

Tak punya bekal di hari tua juga bahaya. Karena terlalu senang bermain-main, uang pun habis untuk hal-hal yang tak perlu dan tidak memiliki nilai investasi. Sehingga tak ada dampaknya di hari tua.

Tabungan pun tak ada, aset pun segitu-gitu saja. Mau memulai usaha tapi tidak punya skill. Akhirnya gimana? Mau mengandalkan anak? Kalau punya.

5. Sulit Mencari Pekerjaan

Ini juga yang bahaya. Ketika kita terlalu sering bermain-main di masa muda tanpa bekerja, maka kita akan minim akan pengalaman. Apa yang ingin kita tulis di CV kita nanti kalau kita sendiri tidak punya pengalaman.

Kita akan kalah saing dengan mereka yang sudah bekerja di mana-mana. Perusahaan biasanya mengutamakan yang berpengalaman di bidangnya ketimbang yang baru menekuni.


Sumber Gambar

Ya itulah tadi beberapa kerugian yang bisa kita dapat jika terlalu santai di masa muda. Sebetulnya boleh-boleh aja bermain, melakukan hobi, kumpul dengan teman tapi harus pula dibarengi dengan hal yang positif.

Alangkah baiknya ajang bermain-main kita sekaligus menjadi ajang mencari pengalaman, relasi dan ilmu yang berguna.

Gimana gan? Masa muda kalian gimana? emoticon-Blue Guy Peace

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi


emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
zoekyvalkrye
edilokonga503
shinwjy
shinwjy dan 35 lainnya memberi reputasi
34
7.1K
154
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.