• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenang 10 Hape Blackberry Paling Terkenal di Masa Kejayaannya, Agan Pernah Punya?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang 10 Hape Blackberry Paling Terkenal di Masa Kejayaannya, Agan Pernah Punya?


Blackberry, sebuah merk smartphone yang sempat mengalami kejayaan yang singkat khususnya di Indonesia. Di bawah Research in Motion (RIM) Blackberry pertama kali muncul pada 1999 sebagai ponsel yang dikhususkan bagi para pebisnis dengan bentuk papan ketik qwerty layaknya komputer.

Blackberry mengalami kejayaan di Indonesia sejak pertengahan 2000an sampai dengan awal 2010an sebelum digusur oleh Android karena jauh tertinggal dari segi inovasi.

Di masanya, Blackberry banyak digunakan oleh pebisnis dan selebritis dan kemudian diikuti oleh masyarakat umum karena gengsinya yang tinggi. Salah satu keunggulan Blackberry adalah fitur Blackberry Messenger (BBM) yang awalnya eksklusif untuk pengguna BB dan digandrungi oleh anak muda dengan saling bertukar PIN.

Nah, untuk mengingat kembali, berikut ini adalah beberapa ponsel keluaran Blackberry yang paling terkenal. Apakah agan pernah memiliki salah satunya?

Blackberry 5810


Ini dia produk pertama Blackberry yang diluncurkan pertama kali pada 2002 dan layarnya masih monokrom. Adapun ROM yang dimiliki oleh Blackberry 5810 adalah 8 MB, tentunya sangat jauh berbeda dengan smartphone zaman sekarang. Jarigannya masih GPRS. Namun saat ponsel ini dirilis saat itu, produk ini cukup menarik perhatian karena bentuknya yang inovatif yaitu qwerty.

Blackberry Gemini


Blackberry 8520 atau dengan nama lain Gemini bisa dibilang menjadi hape Blackberry sejuta umat karena merupakan salah satu yang paling murah di masanya. Jadinya Gemini banyak dipakai oleh para pelajar, mahasiswa, sampai dengan para pekerja. Diluncurkan pada 2009, Gemini dibekali dengan koneksi EDGE dan kamera belakang 2 MP.

BB Gemini begitu dilaris di masanya dan terlihat begitu keren walaupun menjadi Blackberry yang paling murah ketika itu.

Blackberry Davis


Nama resminya adalah Blackberry Curve 9220 dan lebih sering disebut Davis. Diluncurkan pada 2012, ini merupakan upgrade dari Blackberry Gemini dengan jumlah RAM yang ditingkatkan menjadi 512 MB. Sudah menggunakan BB OS 7 dan juga spesifikasi lainnya yang sudah ditingkatkan. Ada cukup banyak teman ane dulu yang pakai Davis ini. Mungkin karena harganya yang tidak terlalu mahal.

Blackberry Amstrong


Spesifikasinya hampir sama dengan Davis, nama resminya adalah Blackberry Curve 9320. Hanya saja BB Amstrong sudah mendukung jaringan 3G atau HSDPA sehingga bisa internetan lebih cepat. Diluncurkan pada 2012, namun beberapa tahun kemudian harga bekasnya anjlok karena kehadiran Android yang menggila. Di tahun 2014, Android mulai menunjukan tajinya.

Blackberry Javelin


Hape ini dirilis di kasa kejaayaan Blackberry, lebih tapatnya pada 2008 yang lalu. Nama resminya asalah Blackberry Curve 8900. Spesifikasinya cukup tinggi di masanya walaupun belum 3G tapi sudah EDGE. Blackberry Javelin dulu juga suka digunakan oleh para artis.

Blackberry Bellagio


Dirilis pada tahun 2011, Blackberry Bold 9790 punya spesifikasi yang lumayan tinggi. Harga ketika diluncurkan adalah sekitar 4,5 jutaan dengan kurs tahun 2011. Dengan harga tersebut, Bellagio menjadi smartphone kelas menengah di masanya. Blackberry Bellagio layarnya sudah touchscreen sehingga menjadi lebih mahal dibandingkan dengan tipe Blackberry yang ada di bawahnya.

Blackberry Storm 9500



Nah, ini dia produk Blackberry gagal yang diluncurkan pada 2008. Hape ini termasuk segmen flag ship di masanya dengan maksud ingin menyaingi iPhone dengan layar sentuhnya. Tapi, BB Storm jeleknya minta ampun walaupun dari segi desain termasuk mewah untuk ukuran smartphone di tahun 2008. Tapi apa arti desain kalau fungsinya bapuk.

Blackberry Torch 9800


Inilah hape legend Blackberry yang banyak orang pakai di masanya. Diluncurkan pada 2010, Blackberry Torch menebus kesalahan BB Storm yang gagal. Torch memiliki layar sentuh sekaligus keypad fisik khas Blackberry alias hybrid. Blackberry Torch sangat populer di masanya dan menjadi salah satu produk Blackberry terlaris, apalagi koneksinya sudah mendukung 3G.

Blackberry Playbook


Apple menggemparkan dunia lewat iPad pada 2010 yang kemudian disusul oleh Samsung dengan Galaxy Tab pertama. Blackberry tak mau ketinggalan, mereka meluncurkan tablet mini bernama Playbook. Sayangnya, ini adalah salah satu produk gagal Blackberry.

Banyak kekurangan Playbook yang di antaranya adalah kekurangan jumlah aplikasi.

Blackberry Z10


Menjawab tuntutan persaingan dengan iPhone dan Android, Blackberry meluncurkan OS Blackberry 10 (BB10) sekaligus meluncurkan produk Blackberry Z10 untuk kelas flagship pada 2013. Tapi, Android di tahun tersebut semakin menggila. Konsumen merasa kecewa dengam Z10 dan harga hape ini saat itu anjlok berkali-kali lipat.

Di tahun 2013 pula, Blackberry merilis BBM untuk Android dan iOS dan menjadi akhir kejayaan vendor asal Kanada tersebut.

Ayo gan, coba sebutin model Blackberry yang terkenal lainnya apa aja. emoticon-Ngakak (S)

Referensi

kusumaalim
merckygan
hallowwolf94
hallowwolf94 dan 11 lainnya memberi reputasi
12
8.9K
74
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.