• Beranda
  • ...
  • Militer
  • Selamat Jalan Herky! C-130B Hercules Skadron Udara 32 Resmi Purna Tugas

si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Selamat Jalan Herky! C-130B Hercules Skadron Udara 32 Resmi Purna Tugas
Quote:


Pepatah kuno berkata: "Setiap ada pertemuan pasti ada perpisahan."Dan hal itu kini dialami oleh Skadron Udara 32 TNI AU yang bermarkas di Lanud Abldurachman Saleh, Malang. Menurut postingan dari akun Instagram Skadron Udara 32, pada 9 November 2022 mereka melakukan upacara perpisahan dengan C-130B Hercules dengan kode A-1312. Masuk dinas pada 1975, Herky (panggilan kesayangan Hercules) telah mengabdi selama 47 tahun bersama TNI AU.

Pada 9 November lalu juga menjadi last flight alias penerbangan terakhir Herky, dalam last flight tersebut dipimpin langsung oleh komandan Skadron Udara 32 Letnan Kolonel PNB Dodik Supriyanto bersama 12 kru. Setelah mendarat di landasan diadakan prosesi water salute, yang menandakan berakhirnya masa tugas Herky. Secara keseluruhan, Herky telah bertugas selama 62 tahun.

Sisa 15 tahun masa pengabdiannya dilakukan bersama USAF (Angkatan Udara AS), menurut informasi indomiliter.com; Herky yang bertugas bersama Skadron Udara 32 merupakan pesawat hibah dari Paman Sam pada 1974 sampai 1975. Total Indonesia waktu itu menerima 3 unit C-130B Hercules dengan kode A-1311, A-1312 dan A-1313. Sebagai tambahan, waktu itu Hercules masih memakai kode "T" sebelum akhirnya berganti kode menjadi "A" pada tahun 1982.

Hibah tiga unit Hercules merupakan bukti jika Amerika mendukung Operasi Seroja di Timor Timur waktu itu, sebelumnya 3 unit Hercules yang dihibahkan ke Indonesia juga telah merasakan pahitnya Perang Vietnam. Pada periode yang sama, Indonesia juga menerima hibah destroyer escort Claud Jones Class (Samadikun Class) dari Amerika Serikat.

Waktu Operasi Seroja, TNI AU total memiliki 13 unit C-130B Hercules. Di mana 10 unit yang lainnya diterima Indonesia pada masa Presiden Soekarno. Indonesia meminta 10 unit C-130 Hercules secara gratis dan dibarter dengan pilot CIA, Allan Pope; yang ditembak jatuh pilot TNI AU. Pope sendiri diketahui mendukung pemberontakan PRRI/Permesta yang hendak mengkudeta Bung Karno.


Quote:


Mengutip artikel Airspace Review Herky dengan nomor seri A-1312 semasa bertugas, sempat melakukan perawatan dan perbaikan besar di Bandung sekitar satu setengah tahun. Herky kemudian terbang kembali ke Malang pada 4 Februari 2011.

Dan seperti halnya Hercules lain milik TNI AU, A-1312 telah memberi kontribusi besar bagi operasi militer serta berbagai operasi kemanusiaan di seluruh wilayah Indonesia. Di sisi lain, Indonesia kini telah memesan 5 unit C-130J sebagai ganti Hercules yang dipensiunkan. Di mana pesawat C-130J pertama akan dikirim ke Indonesia pada awal tahun 2023.


Selamat jalan Herky, selamat beristirahat dengan tenang. Terima kasih atas pengabdianmu selama ini emoticon-rose




--------------



Referensi Tulisan: Airspace Review
Sumber Foto: Skadron Udara 32 TNI AU
jagotorpedomynameisantdjetmchudose
djetmchudose dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.4K
16
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer
Militer
icon
19.9KThread6.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.