masnukho
TS
masnukho 
Mengulas Fenomena Anak Perbudak Orang Tua, Siapa yang Salah Disini?
Menjadi sebuah fenomena menarik untuk dibahas, anak perbudak orang tua semakin terlihat nyata


Orang tua diperbudak oleh anak, di zaman dulu mungkin sangat jarang terjadi serta ditemui karena adab dan tata krama sangat erat dijaga dan diajarkan agar seorang anak bisa menghormati orang tuanya.

Di era modern ini dimana tata krama sudah bukan lagi hal utama yang harus dipelajari oleh seorang anak, membuat semuanya berubah mulai dari kebiasaan, sikap, sifat, dan juga cara hidup termasuk dengan cara memperlakukan orang tua.

Itu semua dapat dilihat dari semakin banyaknya pemberitaan anak menelantarkan orang tua, anak berebut warisan, bahkan juga pemberitaan mengenai anak yang menuntut dan memenjarakan orang tuanya hanya karena harta yang tidak seberapa.

Melihat banyaknya kejadian yang semacam ini tentu membuat bertanya-tanya, siapa yang salah dari adanya perubahan besar terhadap karakter dan sikap hampir pada kebanyakan anak di masa ini?
Mari kita ulas bersama mengenai penyebab-penyebabnya.




1. Cara Mendidik Anak

Banyak orang tua yang dapat dikatakan salah cara dalam mendidik anak di era modern ini.
Menuruti semua kemauan anak, membiarkan anak-anak melakukan kesalahan dengan alasan masih kecil, tidak mengajarkan baik buruk sedini mungkin dengan harapan ketika dewasa akan paham dengan sendirinya, merupakan kesalahan yang dilakukan oleh para orang tua karena mereka akhirnya membentuk karakter dan sifat anak menjadi manja dan tidak patuh terhadap aturan yang ada.

Kebiasaan inilah yang akan dipegang teguh oleh seorang anak sampai saat mereka dewasa. Mereka akan tetap menjadi manja, tidak mau patuh terhadap aturan, dan menentang orang tuanya karena sudah biasa dan nyaman dengan apa yang diajarkan sejak mereka kecil.

2. Bacaan dan Tontonan

Sedikit atau banyak perbedaan antara sifat dan sikap anak zaman dulu dengan zaman sekarang terpengaruh dengan adanya bacaan, tontonan, serta pergaulan GanSis.
Di zaman dulu semasa internet belum seperti sekarang, bacaan dan tontonan anak tidak lebih hanya majalah, koran, atau novel, sedangkan tontonan mungkin hanya kaset, layar tancap, dan televisi.
Bacaan dan tontonan tersebut memiliki batas-batas tertentu yang juga masih memperhatikan aturan berbeda dengan zaman sekarang dimana internet memberikan kebebasan bahan bacaan dan tontonan bahkan dengan melanggar aturan-aturan yang ditetapkan.

3. Pergaulan

Gaulnya anak-anak zaman dulu tentu juga memiliki perbedaan dengan pergaulan anak zaman sekarang GanSis.
Di zaman dulu anak-anak bergaul hanya untuk menambah kenalan, nongkrong dan ngobrol seputar kehidupan, dimana semua teratur karena memang anak-anak tongkrongan masih dibekali adab serta ketaatan terhadap aturan.
Berbeda dengan anak zaman sekarang dimana pergaulannya luas dan tidak terbatas, mudah untuk melakukan apapun termasuk dengan mendapatkan barang-barang yang tidak seharusnya digunakan seperti narkoba, alkohol, dan sejenisnya.

Dari sinilah kemudian seorang anak menjadi pembangkang, melakukan apapun semaunya sendiri termasuk menyikapi orang tuanya.



Itulah tadi GanSis sekilas tentang fenomena anak memperbudak orang tua sebagaimana yang sering kita lihat sekarang.

Sebagai seorang anak tentu tidak sepantasnya memperbudak orang tua karena anak terlahir karena adanya kedua orang tua.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa Agan Sista ambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3, 4
nurhuda008verdandigrdasiemsidas
dasiemsidas dan 20 lainnya memberi reputasi
21
5K
77
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.