KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Aduh Nak, Biking Jantungan Saja Kamu, Kenali Dulu Tipe Eksplorasinya GanSis

Kita seringkali takjub dengan perilaku anak. Sebagian orang dewasa malah mengatakan NAKAL terhadap perilaku anak yang bikin takjub tersebut. Padahal perilaku itu mungkin salah satu bentuk eksplorasi anak terhadap dunia, tempat tinggal kita.
 
Eksplorasi Namanya GanSis.
 
Eksplorasi merupakan kegiatan anak menjelajahi lingkungannya ketika mereka sudah mampu bergerak bebas. Mereka bergerak ke sana ke mari dalam rangka belajar, untuk mengenali dunianya. Wajar dan sehat anak yang mau mengeskplorasi lingkungannya. Malah aneh jika anak hanya duduk diam melihat-lihat.
 
Memang sih, sebagian anak mengeksplorasi lingkungannya dengan cara yang bikin sport jantung. Bahaya, mengkhawatrkan. Maka dari itu coba kita kenali dulu 4 tipe eksplorasi anak sehinga bisa bersiap-siap, nggak menfdadak jantungan melihat perilaku mereka.
 
1. Realistis
 
Anak-anaktipe realistis mengeksplorasi dengan cara sebagaimana mestinya. Nggak aneh-aneh. Mereka coba menggunakan panci untuk merebus. Anak mengambil panci, mengisinya dengan air, mengambil dedaunan dan pura-pura merebusnya.
 
2. Imajinatif
 
Anak-anak imajinatif dapat membayangkan benda tertentu untuk fungsi lain. Mereka berimajinasi sehingga menjadikan benda tertentu seolah-olah benda yang berguna untuk dimainkan. Misal kardus bekas kulkas menjadi rumah, batu menjadi permata, gulungan wol sebagai bola dan lainnya.
 
Sebagian orang tua mungkin akan jengkel karena anak-anak memainkan benda tidak sesuai dengan fungsinya. Padahal anak-anak tengah berfantasi. Imajinasi mereka sangat aktif sehingga mampu membayangkan sesuatu di luar perkiraan orang dewasa.
 
3. Observasi
 
Anak-anak tipe observasi biasanya mengamati terlebih dahulu orang tua atau orang dewasa. Kemudian mereka meniru apa yang telah dilihatnya itu. Maka dari itu sebaiknya jangan melakukan kegiatan yang berbahaya bagi anak di depan mereka. Misalnya memotong dengan pisau atau merokok.
 
4. Eksperimen
 
Anak-anak yang mengeksplorasi  lingkungannya dengan eksperimen, senang mencoba-coba untuk melihat efek dari percobaan itu. Mereka tengah belajar sebab akibat. Misalnya mereka memasukkan tangan ke dalam botol minyak untuk mengetahui apakah minyak sama dengan air dan lainnya. Anak-anak seperti ini perlu pengawasan ketat karena eskperimennya seringkali mengagumkan.
 
Nah, anak-anak berikut ini, kira-kira tipe eksplorasinya apa, ya? Mungkin GanSis bisa mengkategorikannya?
 
1. Naik ke rak barang



2. Mewarnai anjing dalmatian
 


3. Masuk ke dalam ember cat
 


4. Menjadikan es krim sebagai topi
 


5. Mandi busa melimpah
 


6. Gunting rambut
 


7. Mencoret mobil dengan kalimat cinta untuk sang bunda
 


8. Mewarnai mobil dengan spidol
 


9. Menjemur tisu basah
 


10. Menebarkan makanan hewan di dalam rumah





Sumber 12
Diubah oleh Kokonata 07-11-2022 00:47
cahyoacr
badbironk
iskrim
iskrim dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kids & Parenting
Kids & Parenting
icon
4.1KThread4.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.