Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
202
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6369a9d77a9e264e795c7b7a/arab-saudi-semakin-liberal-agama-dinomor-duakan
Selama lebih dari 1400 tahun, Arab Saudi telah menjadi ujung kompas dari peradaban muslim di seluruh dunia. Negara asal Islam tersebut adalah sebuah panutan sekaligus tempat yang amat diidam-idamkan bagi umat Muslim karena dianggap sebagai pusat peradabam Islam dunia. Dengan status seperti itu, sudah sewajarnya jika Arab Saudi menjadi negara yang kental dengan budaya Islam. Well, dulu memang begit
Lapor Hansip
08-11-2022 07:59

Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?

icon-verified-thread
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?

Selama lebih dari 1400 tahun, Arab Saudi telah menjadi ujung kompas dari peradaban muslim di seluruh dunia. Negara asal Islam tersebut adalah sebuah panutan sekaligus tempat yang amat diidam-idamkan bagi umat Muslim karena dianggap sebagai pusat peradabam Islam dunia.

Dengan status seperti itu, sudah sewajarnya jika Arab Saudi menjadi negara yang kental dengan budaya Islam. Well, dulu memang begitu, tapi sekarang tampaknya hal itu tak akan bertahan lama.

Dalam beberapa bulan terakhir ini kita mendapat berbagai kabar yang cukup kontroversial dari Arab Saudi seperti penghapusan kewajiban berjilbab, pantai bikini, pelegalan diskotik, Halloween, dan lain-lain. Sadar atau tidak, Arab Saudi mulai bergeser ke paham Liberal yang lebih mengutamakan keuntungan dibanding hal lain.

Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?

Kebijakan-kebijakan baru ini mulai diterapkan atas perintah pangeran Muhammad bin Salman. Meski kontroversial, tetapi apa yang beliau lakukan amatlah masuk akal dan visioner. Selama ini Arab Saudi amat bergantung pada kekayaan minyak bumi yang mereka miliki. Minyak yang seolah tak ada habisnya itu membuat rakyat begitu makmur sampai-sampai sanggup membayar begitu banyak TKI/TKW dari Indonesia.

Namun, berapa lama kekayaan itu bisa berlangsung?

Dewasa ini penggunaan minyak sebagai bahan bakar semakin ditinggalkan dan dunia mulai beralih menggunakan tenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Cepat atau lambat penggunaan minyak bumi akan benar-benar berakhir dan jika itu terjadi kira-kira apa yang akan terjadi pada Arab Saudi?

Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?

Ada banyak negara yang berakhir bangkrut akibat kekayaan alam mereka yang habis, contohnya Venezuela dan Nauru. Jika tidak diantisipasi sejak sekarang maka Arab Saudi pun bisa saja berakhir seperti mereka. Karena inilah Arab Saudi mulai melonggarkan kebijakan pariwisata mereka dan mulai beradaptasi dengan hal-hal “haram” agar ekonomi mereka tetap terjaga.

Jadi apakah ini berarti Arab Saudi menomor duakan agama dalam pemerintahannya? Ya… nggak juga, tergantung sudut pandang agama bagimu itu seperti apa. Saya sih yakin kalau menjaga kestabilan negara jauh lebih baik dibanding membiarkan rakyat menderita.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.

sumur
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 26 lainnya memberi reputasi
25
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
66.3K Anggota • 915.3K Threads
Halaman 2 dari 4
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 10:42
lama-lama bisa lebih arab depok nih daripada arab emoticon-Mewek emoticon-Bingung
profile-picture
profile-picture
profile-picture
darkwilliam00gg dan 3 lainnya memberi reputasi
4 0
4
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 10:58
Disana juga gak semuanya muslim sih gans, jadinya mungkin itu bagian yang nn muslimnya, kita kan tidak tahu karena tidak disana langsung
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 11:13

jadi Inget Prince Shuri Wakanada

Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan dxbike memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 11:29
Agama itu memang harusnya jd no kesekian utk negara. Yg nomor satu ya nilai2 universal yg bisa berlaku utk semua manusia apapun agama kepercayaannya.

Agama menjadi no 1, utk pribadi2 yg menganutnya....
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 11:46
saat ini arab sedang mencontoh Qatar dan UEA di Dubai.

pertanyaan gw selama ini, apakah agama memang harus konservatif apakah gak bisa mengikuti jaman ? kalo bisa kenapa nggak dicoba

bukannya udah banyak contoh negara yang konservatif sekarang kek gmn kondisi nya? cb tengok afgahnistan , syria, iraq, iran.. justru negara islam yang lebih liberal kalau kata orang malah mampu bertahan dan mampu berdamai masyarakat nya dari segi ekonomi dan kemanan nya, walaupun masih ada sih keributan2nya tp kita masih toleransi kok.
Diubah oleh hutchikara
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 11:52
ketika arab lebih tau negara negara yg galak urusin moral doank negaranya makin lama makin miskin mulu kwwkw, mencoba moderat sambil melihat suasana lbih baik daripada tutup diri belaga ga liat sama perkembangan zaman
Diubah oleh anthraxxx
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 11:57
Keknya kg bakal miskin deh, selama ka'bah masih di sana
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:08
Kalau mau maju ya begitu..
Kalau gak adaptasi dgn luar (terutama barat), ya gak akan berubah..
Misalnya kerja orang arab sama orang luar..ketika hari jumat orang luar tlp masalah bisnis, eh di arab lagi libur...
Giliran orang arab tlp orang luar untuk urusan bisnis di hari minggu, gantian orang luar nya lagi libur..

Hal sepele kaya gini bisa mengganggu bisnis walau sedikit

-Bata-
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:14
Yang di sono adem ayem nggak kayak di sini koar koar tapi ikut menikmati emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:34
Ts nanya Saudi kalau kehabisan minyak bisa apa? Jawabanya gak bisa apa apa kalau gak berubah....

Ada yang nanya terus dan haji yang besar dan bersumber dari seluruh dunia kan ada?

Benar tapi?seberapa besar? Hanya 3% pendapatan no minyak...

115,3T dari haji +57,4 T dari umrah...

Gak bakal cukup kelasungan hidup kerjaan

https://m.merdeka.com/dunia/berapa-b...hot-issue.html

Btw gak ada yang mau demo majikan kok makin liberal ?

Venezuela sama nauru contohnya kalau negara cuma bergantung 1 komiditi tampa mikirin diversity ekonominya,ketika harga minyak jatuh,jadi lah seperti Venezuela(walau banyak faktor lainya) nauru begitu sdanya habis langsung dari yg terkaya jadi miskin..
Diubah oleh zaaxion.7k
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:34
Waduh apa ane ke Arab aja ya?
Mata nya indah berbinar
Haduh bahasa nya lbh susah
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:39
Ga usah ribet, yang penting lo solat ga diganggu, masjid adzan ga dilarang, mw zakat mw haji difasilitasi, intinya lo beragama apapun monggo2 aja yg bikin ribut itu kan krn ga mw pake absolut aturan situ hehehehe makanya jd resek jd baper kayak pengusung khilafuh dimari.

sebnya ga ada yg dirugikan dengan "berubahnya" Arab Saudi rakyatnya toh enjoy2 aja, yg masih taat ya tetap taat, yg emang memilih gak ya gak apa2 juga hehehe ngapain diribetin oh iya diribetin and diributin krn ga pake hukumnya lapak ntu kali hahaha
profile-picture
profile-picture
profile-picture
angopmaksimal dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 12:49
ngga cuma arab sih, qatar dan uea juga sudah duluan begitu
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 13:25
KSA sudah mulai 'beradaptasi' dengan dunia global.
Sekarang nampaknya makin 'friendly' buat semua orang ya gan
emoticon-Wow
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 13:30
Agama No.2?

bukankah memang pada praktek nya, agama selalu nomor kesekian?

teori di mulutnya doank AGAMA No.1
tapi prakteknya?
emoticon-Ngakak (S)

Secara Prakteknya, tanpa melakukan dosa, manusia tidak akan bisa hidup
yang membedakan dosa tersebut bersifat merugikan orang lainatau tidak

be realistic aja

dikit2 ngomong akhir jaman
tapi suka nyinyirin orang lain
tapi suka berbohong
dsbnya
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 13:59
pasti ada yg kelonjotan histeris panutannya selama ini ternyata sama aja aslinya emoticon-Malu (S)
profile-picture
profile-picture
pakisal212 dan ih.sul memberi reputasi
2 0
2
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 14:17
semua akan liberal pada waktunya.



emoticon-Ngakak
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 14:20
fleksibel aja lah jangan kuno2 amat
profile-picture
pakisal212 memberi reputasi
1 0
1
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 15:14
Fix bentar lagi mau kiamat ini mah.
emoticon-Frown
Diubah oleh desakupelosok
0 0
0
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
08-11-2022 15:43
Arab Saudi Semakin Liberal, Agama Dinomor Duakan?
0 0
0
Halaman 2 dari 4
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia