harrywjyyAvatar border
TS
harrywjyy
3 Aplikasi Menulis Novel Yang Menghasilkan Uang! Cocok Untuk Yang Hobi Nulis!

Sumber Gambar

Kita semua tahu bahwa menulis adalah kegiatan yang memberikan banyak manfaat. Entah itu dari segi pengetahuan, improvement bahkan ke finansial. Perlu usaha keras sampai hobi ini menjadi sesuatu yang menghasilkan uang. emoticon-Blue Guy Peace

Kini menulis sudah semakin mudah, kita bisa mendapatkan uang melalui berbagai platform digital yang menyediakan wadah untuk para penulis. Bayaran yang diterima pun lumayan bila karya kita memang bagus. TS sendiri sudah pernah menyicipi salah satu platform berbayar yaitu StarFM tapi sayang sudah bangkrut.

Tanpa berlama-lama, inilah 3 platform menulis online yang menghasilkan uang!emoticon-Ngacir



1. NovelMe


Sumber Gambar

Untuk bisa menulis di NovelMe dan menghasilkan uang, kita memerlukan cerita yang unik. Platform ini akan memberikan bayaran kepada para penulisnya melalui sistem bab berbayar. Nantinya kita akan diminta untuk membuat akun dan melakukan verifikasi identitas untuk menjadi penulis NovelMe.

Bayaran di platform ini berbeda-beda setiap penulisnya. Selain itu, NovelMe juga sering mengadakan event-event dan lomba yang berhadiah belasan hingga puluhan juta. Tak perlu nama tenar untuk menulis di NovelMe. Karena platform ini cukup terbuka untuk para novelis pemula. Asalkan ceritanya menarik dan unik.

2. Dreame


Sumber Gambar

Selanjutnya ada platform Dreame uang berasal dari Singapura. Dulu setahu TS kita diharuskan menulis beberapa puluh ribu sampai ratusan ribu kata untuk bisa mendapatkan uang dan itu tidak boleh absen. Entah sekarang sudah berubah atau belum.

Untuk bisa menjadi platform Dreame kita perlu mencari editor terlebih dahulu untuk kemudian dibantu untuk bisa mendapatkan kontrak dari Dreame. Platform ini juga cukup terbuka untuk genre-genre seperti fantasi, action dan sejenisnya.

Tulisan kita akan direview terlebih dahulu dan kita harus sabar untuk bisa mendapatkan kontrak dari Dreame.

3. Fizzo


Sumber Gambar

Sama seperti Dreame, Fizzo juga memerlukan editor terlebih dahulu sebagai perantara untuk bisa menulis di sini. Platform ini juga memakai sistem daily update di mana kita harus meng-update bab setiap harinya untuk mencapai target jumlah kata tertentu.

Minimal jumlah kata yang dicari Fizzo ialah 150.000 kata. Penulis akan diminta mengirimkan karyanya melalui email, editor bahkan TS dengar bisa melalui agency yang akan membimbing kita sampai naskah kita masuk ke Fizzo.
Genre yang diminati di Fizzo rata-rata percintaan dan rumah tangga. Tema-tema perselingkuhan ala FTV juga cukup diminati.

emoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempolemoticon-2 Jempol

Ya itulah beberapa platform menulis online yang menghasilkan uang. Tapi menurut TS, sebagai penulis kita jangan terlalu berekspektasi dengan uang. Fokus saja dulu untuk mengembangkan kemampuan kita.

Kita juga jangan tergiur dengan pendapatan penulis lain, karena itu akan membuat kita down ketika kita tidak mendapatkan sebesar mereka. TS juga sudah lama tidak update mengenai platform-platform berbayar ini, kalau ada yang keliru tolong koreksi ya gan.

Gimana gan? Tertarik menjadi penulis novel online? emoticon-Blue Guy Cendol (S)

Ditulis oleh Harry Wijaya
Tulisan dan Narasi Pribadi

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
anonymous987
shinwjy
nketiahrobin763
nketiahrobin763 dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.3K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hobby & Community
Hobby & Community
icon
10.4KThread6.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.