Hirarahmi39Avatar border
TS
Hirarahmi39
[Mythology] 5 Binatang Ajaib dalam Mitologi Yunani


Learn By Google
w/Hirarahmi
____________________________

emoticon-Cool

Quote:


Sebagai penggemar kisah-kisah mitologi, mitologi Yunani dan India adalah yang paling menarik menurut saya. Kisah mitologi dua wilayah tersebut sangat unik dan memberi efek 'bahagia' tersendiri setelah saya membacanya. Maka pada thread kali ini, saya ingin berbagi 'pengetahuan' mengenai mitologi Yunani kepada Gansis semua. Ada pun topik yang saya angkat kali ini adalah tentang "5 Binatang Ajaib dalam Mitologi Yunani".


Selamat membaca
____________________________






Poseidon yang begitu terpesona akan kemolekan Medusa akhirnya melecehkan gadis itu di Kuil Athena. Athena yang mengetahui kejadian itu menjadi sangat marah. Ia pun mengutuk Medusa menjadi gadis berambut ular yang tatapannya dapat mengutuk orang lain menjadi batu. Lalu anak hasil perbuatan Poseidon yang dikandung Medusa dikutuk menjadi kuda jantan putih bersayap yang dikenal sebagai Pegasus. Di lain sumber dikatakan bahwa Pegasus berasal dari darah Medusa ketika kepalanya dipenggal oleh Perseus.

Pegasus dapat memunculkan mata air ketika ia menghentakkan kaki. Suatu ketika, di saat Pegasus sedang minum dengan tenang di sebuah telaga, seorang pahlawan Yunani, Bellerofon menangkapnya. Pahlawan itu membawa Pegasus dan berhasil menjinakkannya bahkan dijadikan tunggangan ketika Bellerofen bertarung melawan Chimera dan Bangsa Amazon.

Sayangnya Bellerofen berakhir dijauhkan dari Pegasus karena kesalahannya sendiri. Ia mencoba menerbangkan Pegasus ke Olympus, istana para Dewa di Langit. Alhasil para Dewa menghukumnya dengan mengirimkan tentara serangga ke arah Pegasus. Pegasus yang sedang terbang pun mengamuk dan membuat Bellerofen terjatuh. Sejak saat itu Pegasus hidup di kandang kuda Olympus dan kadang bertugas membawakan petir untuk Zeus.

***





Griffin atau kadang disebut Gryphon adalah binatang tunggangan Dewa Apollo, Dewa Cahaya. Griffin kadang disebut sebagai "Raja Binatang Buas dan Penguasa Udara" karena tubuhnya yang merupakan perpaduan antara Raja Burung, Elang, dengan Raja Hewan Buas, Singa. Lebih spesifiknya, Griffin memiliki kepala, kaki depan, dan sayap elang dengan tubuh dan kaki belakang singa.

Apollo menunggangi Griffin untuk menjaga emas Hyperboreia, negeri tak kasat mata tempat matahari dan cahaya kebahagiaan berapa bertiup melalui angin utara. Apollo juga memerintahkan sekelompok Griffin untuk menjaga emas di Pegunungan Rhipaia dari para Arismapos, kelompok makhluk bermata satu yang ingin sekali mencuri emas-emas tersebut.

***





Lagi Poseidon membuat ulah. Ia sangat terpesona dengan kecantikan Demeter, saudarinya dan berusaha untuk melecehkannya. Demeter yang takut berusaha kabur dari Poseidon dengan mengambil wujud sebagai kuda betina. Poseidon tidak menyerah. Ia pun berubah menjadi kuda jantan dan ketika mengetahui keberadaan Demeter, ia kemudian memerkosanya. Demeter pun hamil lalu melahirkan sepasang anak, Dewi Kuda (nama aslinya masih misteri) dan Areion, si Kuda Abadi. Legenda menyatakan bahwa pelecehan itu terjadi di Arkadia, sehingga orang-orang Arkadia menamai Demeter sebagai Erynis atau Demeter Yang Marah.

Areion dipelihara oleh Onkios, pahlawan dari Arkadia. Areion tumbuh menjadi kuda yang amat lincah dan bahkan bisa berbahasa manusia. Ketika Herakles hendak berperang melawan Elis, ia datang kepada Onkios dan meminta Areion untuk dibawa bersamanya. Setelah diizinkan, Areion pun ditunggangi oleh Herakles sampai kemudian sang kuda diserahkan kepada Adrastos, raja Argos. Areion bahkan ikut bertempur membantu Adrastos dalam Perang Thebes.

***





Aetos Kaukasios atau Elang Kaukasia adalah hewan peliharaan Dewa Zeus. Elang ini sangat patuh pada sang Dewa. Legenda menyebutkan kalau Aetos adalah keturunan Thypon dan Ekhidna, pasangan siluman yang mengerikan. Namun, entah bagaimana caranya elang raksasa ini bisa sampai ke tangan Zeus dan tinggal dengannya di Olympus.

Kisah terkenal tentang Aetos adalah dirinya yang menjadi algojo Zeus untuk menghukum Prometheus. Prometheus adalah seorang Titan yang selalu membuat para Dewa kesal. Ia diam-diam datang ke Olympus untuk mencuri rahasia dan pengetahuan yang tidak boleh diketahui oleh selain Dewa.

Prometheus tetap mencuri bahkan setelah diberi peringatan oleh Dewa. Zeus yang murka pun menjatuhinya hukuman abadi. Prometheus diikat ke gunung Kaukasia menggunakan rantai abadi ciptaan Heophastus, Dewa Pengrajin. Lalu ia mengutus Aetos untuk mematuk hati Prometheus setiap pagi. Malam harinya hati itu akan pulih kembali, dan esok paginya Aetos datang kembali untuk mematuk. Begitu seterusnya. Dari sanalah Aetos mendapat nama belakang Kaukasios.

Aetos berakhir mati karena dipanah oleh Heracles, putra Zeus. Heracles telah mendapat izin dari ayahnya untuk membunuh Aetos dan meminta agar Prometheus dibebaskan dari hukuman yang sudah sangat lama. Tentu saja Zeus tak dapat menolak permintaan putra kesayangannya itu.

***





Typhon dan Ekhidna melahirkan banyak monster dan binatang-binatang para dewa. Salah satunya adalah Hydra, ular berkepala banyak dengan satu kepala abadi. Hydra tinggal di daerah rawa sekitar Lerna dan menakuti warna serta menyantap hewan ternak. Orang-orang jadi sangat ketakutan karena tak seorang pun bisa membunuh Hydra. Tiap satu kepalanya dipenggal, maka dua kepala akan muncul.

Herakles atau Hercules telah diberi 12 misi, yaitu membunuh para monster yang sebagian besar adalah keturunan Typhon dan Ekhidna. Maka, Hydra pun tak luput dari kejaran Herakles. Karena memiliki kepala yang terus tumbuh, Herakles meminta bantuan keponakannya, Iolaus dalam membunuh Hydra. Setiap Herakles selesai menebas kepala Hydra, Iolaus langsung membakar luka tebas tersebut sehingga kepala baru tidak tumbuh kembali. Ketika yang tersisa hanya satu kepala abadi, Herakles buru-buru menebasnya lalu ditutup dengan batu besar.

Setelah Hydra terbunuh, Herakles menancapkan anak panahnya ke tubuh siluman ular tersebut sehingga panahnya jadi beracun. Panah itu kemudian menjadi senjata ampuh Herakles dalam membunuh monster-monster lain demi menyelesaikan misinya.

***

Itulah 5 Binatang Ajaib dari Mitologi Yunani, Gansis. Kisah mana yang paling menarik menurut kalian? Oh iya, sebetulnya masih ada beberapa jenis binatang lain dalam mitologi Yunani. Sayangnya terlalu panjang jika dibahas sekaligus dalam satu thread. Bagaimana kalau kalian saja yang memberitahu saya di kolom komentar?

Sekian
____________________________

Penulis: Hirarahmi
Narasi: disusun pribadi
Sumber: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

Diubah oleh Hirarahmi39 05-11-2022 03:02
anakhelvetia
daprroy
fachri15
fachri15 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.7K
77
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.